Sungai Poitan menjadi taman pendidikan kebencanaan anak usia dini - WisataHits
Jawa Tengah

Sungai Poitan menjadi taman pendidikan kebencanaan anak usia dini

KLATEN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten telah menetapkan Sungai Poitan di Desa Jagalan, Karangnongko, Klaten sebagai taman pendidikan bencana anak usia dini. Diharapkan Sungai Poitan yang meraih juara III kategori Pengelolaan Sungai Terbaik tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2021 ini tidak hanya menjadi destinasi wisata, tetapi juga sebagai sarana edukasi dan semangat kepedulian terhadap kereta api sungai. usia.

Kepala BPBD Klaten Sri Winoto mengatakan, Sungai Poitan memiliki keunikan dan nilai tambah. Tidak hanya jumlah relawan yang banyak di sungai, kualitas airnya juga bagus.

“Air Sungai Poitan jernih karena berasal dari mata air langsung. Jadi air selalu mengalir. Yang lebih menakjubkan lagi, Komunitas Peduli Sungai atau KPS memiliki staf yang sangat banyak, hampir 100 relawan,” kata Sri Winoto, Rabu (10/5/2022) di ruang kerjanya.

Mantan Asisten Administrasi Umum Sekretariat Klaten itu menambahkan, sudah ada 20 fasilitator terlatih yang nantinya akan mengajar pendidikan kebencanaan.

“TK Aisyiyah dan TK Pertiwi di daerah itu diajak ke Sungai Poitan. Anak-anak TK dan PAUD diperkenalkan dengan kesiapsiagaan bencana, seperti menghadapi banjir, sampah, menjaga sungai, letusan, gempa bumi, tanah longsor dan angin topan. Termasuk proteksi kebakaran. Moderator BPBD langsung membantu,” imbuhnya.

Sri Winoto mengungkapkan keyakinannya bahwa Taman Edukasi Sungai Poitan merupakan titik awal untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan sungai. Menurutnya, banyak pihak yang akan dilibatkan dalam kerja kemanusiaan tersebut.

“Pemerintah tidak bisa melindungi sungai sendirian. Pengembangan kesadaran sungai harus melibatkan masyarakat itu sendiri. Misalnya, ada komunitas Mama Cantik Arisan Pinggir Kali atau Macan Arli. Menurut saya ini kegiatan yang bagus. Ke depan, aliran kurikulum dapat dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah. Program ini terus kami promosikan,” ujarnya.

Ditambahkannya, Taman Edukasi Bencana Sungai Poitan Karangnongko resmi dibuka pada Kamis (10/6/2022). Materi yang diberikan berupa modul pendidikan kebencanaan yang diterbitkan oleh BPBD Klaten. Dalam kesempatan ini, BPBD Klaten juga memberikan pelatihan bagi calon tenaga pendidik kebencanaan yang merupakan kader-kader pegiat lingkungan di Klaten.

“Fasilitator pendidikan kebencanaan terus ditambah, seiring dengan bertambahnya taman pendidikan kebencanaan yang tersebar di wilayah Klaten. Untuk itu, kami bekerja sama dengan banyak pihak, mulai dari penggiat lingkungan hingga pendidik,” pungkasnya.

Penulis: ang-Joko Priyono/Kominfo-klt
Penerbit: WH/DiskominfoJtg

Source: jatengprov.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button