Di pinggir sawah Sidrap, pesona restoran unik bernuansa alam tempo dulu - WisataHits
wisatahits

Di pinggir sawah Sidrap, pesona restoran unik bernuansa alam tempo dulu

Di pinggir sawah Sidrap, pesona restoran unik bernuansa alam tempo dulu

Tepi Sawah Sidrap mampu memberikan nuansa berbeda dari catering tradisional sawah view food dengan harga terjangkau.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 10.00-22.00 WITA, Alamat: Jl. Poros Amparita, Tanete, Kec. Maritengnggae, Kab. Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Sulawesi Selatan tidak pernah kekurangan tempat wisata yang bagus. Salah satunya Tepi Sawah Sidrap, restoran unik di Sidrap. Tidak heran tempat ini penuh dengan orang.

Warga Tana Luwu sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Bagi yang ingin ke Makassar pasti pernah melihat restoran yang ramai. Lingkungan itu sendiri berbatasan dengan sawah dengan interior dan eksterior eksotis seperti pedesaan.

Inilah yang membedakannya dengan warung makan lainnya. Nah, jika pengunjung datang ke kawasan Sidenreng Rappang dan melihat tempat ini, ada baiknya mampir ke sana. Nah, disini kami akan memberikan gambaran tempat makan.

Daya tarik yang dimiliki oleh Sawah Sidrap

Daya tarik persawahan SidrapKredit gambar: Google Maps Satya Putra Husain

Restoran Tepi Sawah Sidrap memiliki berbagai daya tarik yang selalu membuat ramai pengunjung. Hal inilah yang membuatnya menjadi tempat wisata dan gastronomi terkenal di Sidrap. Lantas apa saja daya tarik utama dari tempat ini?

1. Pemandangan sawah yang indah

Karena letaknya di pinggir pematang sawah, pemandangan alam di sekitar area persawahan tentu saja indah. Pengunjung bisa melihat pemandangan alam yang masih alami dengan suasana yang sejuk.

Bagi pengunjung yang merindukan suasana pedesaan, tak ada salahnya datang ke tempat ini. Kapan lagi kamu bisa menikmati santapan sambil bersantai dan mengagumi pemandangan sawah yang menghijau menenangkan, bukan?

2. Tertutup dari masa lalu

Karena menggunakan konsep pedesaan, alat makan yang digunakan di stand Tepi Sawah Sidrap adalah alat makan jaman dulu. Padahal, gelas yang dipakai Pak Jokowi setiap hari untuk minum jamu adalah gelas dari tempat ini.

Tentu saja, konsep ini jarang ditemukan wisatawan di tempat makan lain. Oleh karena itu, sangat cocok bagi pengunjung yang ingin merasakan suasana makan ala pedesaan pada zaman dahulu.

3. Taman yang indah

Tak hanya sawah, tempat makan ini juga memiliki beberapa taman yang indah. Taman-taman kecil ini membuat lanskap lebih sempurna. Pengunjung dapat makan sambil melihat tanaman yang berbeda di taman.

Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat istirahat sambil makan siang. Di malam hari, suasananya juga asri karena terdapat lampu-lampu kecil di taman.

4. Pernak-pernik Pertanian

Di tempat ini pengunjung bisa menemukan banyak pernak-pernik menarik. Terutama pernak-pernik pertanian tua. Dari lesung beras hingga anyaman topi petani, semuanya ada.

Jadi jika Anda belum pernah melihat peralatan pertanian antik, rasa penasaran Anda mungkin terpuaskan dengan melihatnya di sana. Untuk itu, tempat ini juga bisa menjadi media edukasi bagi anak-anak.

5. Bangunan Unik

Tidak hanya dekorasi ruangan dan peralatan makannya yang unik, tempat makan ini juga memiliki konsep konstruksi yang menarik. Masih menggunakan arsitektur tempo dulu, Tepi Sawah Sidrap dibangun dengan tata letak batu bata.

Sedangkan tiangnya terbuat dari bambu dan daun sagu digunakan sebagai atap. Di bagian atas dibangun atap luar yang dapat digunakan pengunjung untuk mengagumi pemandangan sawah di sekitarnya.

Di sawah, gubuk dibuat dengan meja dan kursi. Ada juga tempat pengamatan lesehan di pinggiran sawah. Semuanya dilakukan dengan konsep eksterior. Meja dan kursi yang digunakan juga sangat berbeda, karena khusus didatangkan dari Banyuwangi Jawa Timur.

Meja dan kursi klasik ini memberikan tampilan khas pedesaan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pengunjung juga dapat mendengarkan musik dan kesenian tradisional. Lagu-lagu yang dimainkan di sana adalah lagu-lagu Bugis yang cocok sebagai teman santai dan makan malam.

6. Aneka menu tradisional yang enak

Semua menu di restoran Tepi Sawah Sidrap merupakan menu tradisional Sidrap. Ada bebek palekko, sayur tuttu, mangga raca, bebek goreng, ikan asin dan bandeng goreng. Pengunjung juga bisa memilih jenis ikan segar untuk dimasak.

Harga menu-menunya juga cukup terjangkau oleh semua kalangan. Jadi, tidak hanya turis, penduduk setempat juga bisa membeli makanan dari tempat makan tersebut. Ini adalah alternatif restoran murah untuk orang-orang yang ingin pergi berlibur bersama keluarga.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat sawah SidrapKredit gambar: Galeri Google Maps DiR

Sidrap menjadi terkenal karena terdapat tempat makan yang asik dengan konsep duduk di pinggir sawah. Bahkan, tempat itu sempat viral di media sosial dan diincar para penikmat makanan. Tak hanya sebagai restoran, tempat tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata.

Pinggir Sawah Sidrap berada di Jalan Poros Amparita, Tanete, Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Provinsi Sulawesi Selatan. Bagi pengunjung yang datang dari Kota Pare-Pare harus menempuh jarak 30,4 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 55 menit.

Jika Anda masih tidak dapat menemukan lokasinya, gunakan saja Google Maps. Jam operasional adalah 10:00 pagi hingga 10:00 malam WITA setiap hari.

Harga tiket masuk objek wisata

Tidak semua orang perlu membayar tiket masuk. Tentu saja pengunjung tetap harus membayar semua makanan yang dipesan. Yakinlah, harga makanannya juga cukup terjangkau. Harga menu utama berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 25.000.

Sedangkan harga paket bebek dan ayam adalah Rp 100.000. Minuman yang dijual di sana juga murah, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000. Sedangkan untuk setiap snack hanya dibanderol Rp 15.000 saja.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pinggir sawah Sidrap

Aktivitas menarik di pinggir sawah SidrapKredit gambar: Google Maps Ardy Ardy

Dengan daya tarik tempat tertentu, beberapa kegiatan dapat dilakukan di sana. Berikut beberapa aktivitas menarik yang wajib Anda coba saat datang ke restoran terkenal ini.

1. Nikmati makanan dan minuman

Karena merupakan tempat makan, tentunya Anda bisa menikmati berbagai kuliner di tempat ini. Hal ini menjadikannya sebagai destinasi kuliner yang menyenangkan bagi keluarga. Jadi jika Anda sedang berkunjung ke Makassar dan ingin mencicipi beberapa makanan tradisional, datang saja ke tempat makan ini.

2. Nikmati pemandangannya

Wilayah ini dikelilingi oleh pemandangan yang indah. Inilah daya tarik utama tempat ini. Oleh karena itu, pengunjung dapat menikmati pemandangan eksotik ini sambil bersantai di gazebo-gazebo di pinggiran sawah sambil mencicipi aneka makanan dan minuman yang nikmat.

Pengunjung juga bisa berfoto di sini. Ada beberapa area foto yang telah disediakan. Latar belakang sawah yang hijau juga akan membuat foto yang diambil terlihat lebih bagus. Jangan lupa untuk membagikan foto di jejaring sosial.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi sawah SidrapKredit gambar: Google Maps Endah Suryandani

Fasilitas yang disediakan restoran ini juga cukup lengkap. Terdapat area parkir, toilet, mushola, area merokok, spot foto, gazebo, paviliun, outlet, dan fasilitas rekam medis.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan, khususnya Sidrap, tidak ada salahnya mencoba makan di pinggir sawah Sidrap. Rasakan sensasi berbeda saat bersantap di pinggir sawah.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button