Dewisnu Banyumas berharap Festival Jawara Satria menjadi acara rutin tahunan - WisataHits
Jawa Tengah

Dewisnu Banyumas berharap Festival Jawara Satria menjadi acara rutin tahunan

Purwokerto (ANTARA) – Pengelola Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah berharap Jawara Satria Festival yang diselenggarakan oleh Wisata Bukit Pertapan, Desa Gerduren, Banyumas bisa menjadi program rutin wisata budaya setiap tahunnya.

“Alhamdulillah, acara puncak Festival Satria Champion 2022 yang digelar kemarin (11/10) di Wisata Bukit Pertapan, Desa Gerduren, Kabupaten Purwojati berhasil dilaksanakan,” kata Eko Kamtamto, Bupati Dewisnu Banyumas di Purwokerto, Banyumas, Jumat.

Dalam hal ini, kata dia, Festival Jawara Satria merupakan kolaborasi kegiatan wisata budaya antara Desa Wisata Pertapan Desa Gerduren dengan Wisata Bukit Dewi Manggung, Kecamatan Tanjungsiang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Menurutnya, kerjasama tersebut muncul karena adanya kesamaan kesenian Lengger yang tumbuh dan berkembang di Banyumas, khususnya di Desa Gerduren, dengan kesenian Doger atau Ronggeng di Subang.

“Ternyata kedua budaya ini memiliki sejarah yang hampir sama, termasuk aspek tarian dan alat musik yang memiliki kesamaan, maka Lengger dan Ronggeng kami angkat pada Festival Jawara Satria,” jelasnya.

Terkait hal itu, Eko mengatakan melalui festival tersebut, pihaknya memperkuat kesenian Lengger di Banyumas dan Ronggeng di Subang.

Dalam jangka panjang, pihaknya mendesak Jawara Satria Festival dimasukkan dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) yang diusung Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif karena akan ada penguatan atas kehadiran Lengger Banyumas dan Ronggeng Subang.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga berharap kesenian Lengger dapat dimasukkan ke dalam kurikulum Kabupaten Banyumas.

“Kami juga ingin membuat paket wisata dari kegiatan Festival Satria Jawara agar rombongan turis barat yang ingin ke Borobudur atau Yogyakarta nanti bisa berkunjung ke Gerduren,” kata Eko.

Rangkaian Festival Jawara Satria 2022 telah dimulai dengan pembukaan “Road to Jawara Satria Festival 2022” pada 21 September di Wisata Bukit Pertapan, Desa Gerduren, Kecamatan Purwojati, Banyumas.

Kegiatan Road to Jawara Satria Festival 2022 selanjutnya akan dilaksanakan pada 29 Oktober mendatang di Wisata Bukit Dewi Manggung, Desa Rancamanggung, Kecamatan Tanjung Siang, Kabupaten Subang.

Sedangkan puncak Festival Satria Jawara 2022 berlangsung pada Kamis (11/10) di Wisata Bukit Pertapan, Desa Gerduren, Banyumas, rangkaiannya dimulai pada Senin (11/7) dengan berbagai perlombaan yang diikuti oleh anak-anak sekolah.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button