Ingin dikenal di setiap pemotretan, Bima Arya mengaku Bogor siap menjadi tuan rumah APFI 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Ingin dikenal di setiap pemotretan, Bima Arya mengaku Bogor siap menjadi tuan rumah APFI 2023

BOGOR – Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyatakan, daerahnya siap menjadi tuan rumah ajang bergengsi Indonesian Photojournalism Awards (APFI) pada April 2023. Bima ingin Bogor lebih dikenal dalam bentuk karya fotografi.

“Saya dukung kalau diterbitkan (dalam bentuk photobook). Sekarang sangat sulit dilihat karena sudah tidak ada lagi budaya foto karena disimpan dalam bentuk digital,” katanya saat dikonfirmasi di Kota Bogor, dikutip dari Antara, Jumat 16 September.

Bima mendukung penerbitan foto sebagai penghargaan kepada jurnalis foto, yang harus dipromosikan bersama. Jurnalis foto telah mengabadikan banyak momen penting dari waktu ke waktu, termasuk perjuangan kolektif melawan COVID-19.

Bima Arya berharap APFI membuat Bogor lebih dikenal dalam bentuk foto, karena kota Bogor juga memiliki banyak tempat menarik mulai dari tempat bersejarah hingga wisata hingga kuliner.

Kedepannya, pihaknya akan merencanakan serangkaian kerjasama dengan jajaran PFI Bogor untuk mengemas karya-karya yang dihasilkan, salah satunya dapat dijemput dan dipublikasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

“Saya mendorong teman-teman saya untuk tidak hanya pamer, tetapi untuk mengkurasi. Insya Allah akan kita rilis bersama-sama,” ujarnya.

Dewan Pertimbangan Jurnalis Foto Indonesia (PFI) Hermanus Prihatna, dalam sambutannya pada Pameran PFI Bogor ke-8 di Bogor City Square, Kamis 2022, mengakui jurnalis foto di Bogor yang rutin menggelar pameran.

Hermanus menjelaskan, di masa pandemi COVID-19, karya fotografinya mampu menggambarkan situasi di tengah keterbatasan mobilitas masyarakat untuk akses langsung ke ruang publik, termasuk rumah sakit.

“Untuk itu saya minta teman-teman di PFI Bogor untuk mempersiapkan diri, APFI rencananya akan diadakan di Kota Bogor tahun depan (2023),” kata Hermanus Prihatna.

Anugerah Pewarta Foto Indonesia merupakan acara penghargaan rutin tahunan bagi para jurnalis foto. Itu akan berlangsung di Medan pada 2022 dan di Jakarta pada 2021.

Ketua PFI Bogor Hendi Novian menambahkan, para jurnalis foto Bogor tentu akan sangat mengapresiasi jika PFI pusat menunjuk Kota Bogor menjadi tuan rumah acara APFI 2023.

“Tentu kami siap dan langkahnya tentu akan lebih mudah dengan dukungan Pemkot Bogor dalam menyelenggarakan APFI 2023,” ujarnya.

Source: voi.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button