Solopos Youth Forum, Pemuda Ideal Gibran: Bebas Berkreasi - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Solopos Youth Forum, Pemuda Ideal Gibran: Bebas Berkreasi – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Sidang Pertukaran Forum Pemuda Solopos di Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo dihadiri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan KGPAA Mangkunagoro X pada Selasa (25/10/2022). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SOLO – Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya tentang pemuda ideal saat menghadiri sesi pertukaran Forum Pemuda Solopos di Convention Hall Terminal Tirtonadi, Solo, Selasa (25/10/2022).

Menanggapi pertanyaan Presiden dan Direktur Solopos Media Group Arif Budisusilo, Gibran menjelaskan, idealnya anak muda dibiarkan berkreasi, tidak perlu disuruh ini dan itu. “Tenang saja, siapa pun yang ingin menjadi pengusaha harus pergi” [pelatihan] UMKM, kalau suka seni, salurkan ke seni, suka demo, demo saja,” kata Gibran.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Juga peran Gibran sebagai walikota untuk bekerja sama dengan jajaran pemerintah kota memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada generasi muda untuk mengembangkan potensinya. “Kami menawarkan sebanyak mungkin tempat bagi anak muda untuk berkreasi, tinggal bagaimana mereka mau memanfaatkannya,” jelasnya.

Pada Forum Pemuda Solopos, Gibran menjelaskan bahwa fasilitas yang disediakan bagi anak muda untuk menyalurkan kreativitasnya adalah Lokananta yang saat ini sedang dihidupkan kembali. Nantinya, Lokananta akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk mendukung generasi muda dalam bermusik.

“Pertama-tama, jika Anda membutuhkan panggung untuk membuat musik, Anda dapat menggunakannya di sini [Lokananta] Nanti dibangun amfiteater outdoor, nanti ada museum di sini, dan juga ada tempat gamelan, jadi nanti bisa di sini,” kata Gibran.

Baca Juga: Peserta Antusias Ingin Menggali Potensi Diri Ikuti Solopos Youth Forum di Solo

Ia juga memaparkan konsep pengembangan Kota Solo, termasuk revitalisasi Taman Balekambang. Nantinya, generasi muda pecinta seni bisa memanfaatkan taman untuk seni.

Forum Pemuda SoloposPeserta memenuhi Convention Hall Terminal Tirtonadi Solo pada pembukaan Solopos Youth Forum, Selasa (25/10/2022). (Solopos/Suharsih)

“Balekambang memiliki konsep yang sama seperti sekarang. Teman-teman yang suka tarian tradisional dan ingin main ketoprak nanti bisa datang ke sini,” imbuhnya.

Pemerintah Kota Solo terus memperluas ruang-ruang kreatif di pusat Kota Solo. Seperti Koridor Gatot Subroto dan Ngarsopuro yang terintegrasi dengan Candi Mangkunegaran sebagai tempat wisata dan sejarah.

Gibran enggan memaksa anak kecil

Sebagai pemimpin Kota Solo, Gibran enggan memaksa anak muda untuk berkreasi. Ia mengapresiasi kreativitas anak muda tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. “Kalau ajakan anak muda ini tidak mau dipaksakan ya. Terserah teman-teman untuk berinisiatif atau tidak menggunakan tempat seperti ini,” jelasnya.

Baca juga: Forum Pemuda Solopos: Selain bagi-bagi hadiah, Sharp juga memberikan tips mencari pekerjaan

Penambahan ruang kreatif juga dilakukan di Taman Satwa Taru Jurug. Gibran mengatakan akan ada dua tahapan yang bisa dimanfaatkan masyarakat, termasuk generasi muda. “Ada dua, kita pakai untuk pertunjukan binatang, kalau malam bisa kita pakai untuk musik dan main ketoprak,” ujarnya.

Lebih dari 1.000 peserta pemuda mengikuti acara Solopos Youth Forum yang digelar di Balai Sidang Terminal Solo. Selain sesi bersama, ada booth game atau kuis berhadiah.

Kuis berhadiah termasuk teka-teki silang atau teka-teki silang jumbo dan pusat interaktif. Selain kedua kompetisi tersebut, peserta juga dapat menjajal menjadi moderator atau pembaca berita.

Baca Juga: Pagi Ini Forum Pemuda Solopos Siap Goyang Terminal Convention Hall Tirtonadi

Itu saja, penerima SATU Indonesia Awards 2017 untuk Kesehatan Triana Rahmawati; Director of Public Policy and Government Relations Tokopedia Astri Wahyuni ​​serta para pembicara keren lainnya juga berbagi motivasi untuk terselenggaranya acara ini.

Acara juga dimeriahkan oleh penampilan penyanyi cilik, Damara De. Penyanyi cantik asal Sleman, Yogyakarta ini kerap mengunggah lagu-lagu Jawa easy listening ke kanal Youtube.

Acara ini didukung oleh Kominfo, Astra, Sharp, Tokopedia, Galeri24, Epson, Bank Jateng, Bank Mandiri, Astra Honda Motor, Telkomsel, Prodia, Cheers dan Telkom.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button