Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Ujung Kulon - WisataHits
Jawa Barat

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon

JAKARTA – Indonesia memiliki beberapa taman nasional yang tersebar di beberapa tempat, salah satunya terletak di Banten dan langsung dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO yaitu Taman Nasional Ujung Kulon.

Hal ini menjadikan tempat ini sangat layak dijadikan tempat wisata untuk menghilangkan penat dan membangkitkan semangat. Kawasan ini dulunya merupakan kawasan pertanian yang hijau dan subur saat diperintah oleh kerajaan Hindu, setelah Gunung Krakatau meletus pada tahun 1883, seluas lebih dari 100.000 hektar terkena dampak menjadi hutan.

Taman Nasional Ujung Kulon memiliki hutan lindung yang luas yang merupakan tempat atau habitat bagi satwa liar seperti badak jawa yang hanya memiliki satu cula dan merupakan hewan langka yang perlu dilindungi.

Selain fungsinya sebagai habitat satwa liar dan juga sebagai tempat penelitian dan konservasi, taman nasional ini tentunya menjadi tujuan wisata yang sangat keren untuk semua orang. Tentunya bagi yang berencana datang ke tempat ini pasti mengetahui berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh semua wisatawan di Ujung Kulon.

Nikmati Pulau Peucang

Salah satu pulau yang terkenal di kawasan Ujung Kulon adalah Pulau Peucang yang terletak di seberang ujung barat Pulau Jawa dan memiliki ciri khas pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih dan tenang.

Di sini terdapat beberapa penginapan bagi wisatawan untuk menginap dan menginap di pulau ini. Selain itu wisatawan yang menginap sering melihat berbagai satwa liar di sekitar penginapan. Di Pulau Peucang, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti trekking ke Copong Reef untuk menikmati sunset, berenang dan juga berendam di alam bawah laut yang indah.

Lintas Pulau Panaitan

Jika Anda ingin menikmati naik perahu melalui hutan, Anda bisa naik kapal feri dari Pulau Peucang ke Pulau Panaitan. Lokasi pulau ini berada di Selat Sunda dengan luas sekitar 17.000 hektar dan memiliki potensi wisata yang tidak boleh dilewatkan.

Anda akan benar-benar merasakan suasana hutan di pulau ini karena tertanam dalam hutan alami yang dipadukan dengan hutan bakau, hutan hujan, dan hutan pantai.

Di pulau ini juga terdapat reruntuhan yang memiliki nilai sejarah yaitu Arca Ganesha dan benda bersejarah lainnya. Jangan lewatkan aktivitas seperti snorkeling dan diving agar Anda bisa melihat pemandangan indah di bawah laut.

Ini adalah 2 kegiatan yang bisa Anda lakukan jika ingin berwisata di Taman Nasional Ujung Kulon. Terdapat akomodasi di taman nasional ini, namun tidak tersedia glamour camping yang biasanya terdapat di kawasan Bandung. Jika Anda ingin mencoba sensasi menginap glamping murah di Bandung, Anda bisa datang bersama teman langsung ke ibu kota Jawa Barat ini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button