Destinasi wisata Situ Gede, magnet ekonomi warga Tasik - WisataHits
Jawa Barat

Destinasi wisata Situ Gede, magnet ekonomi warga Tasik

Destinasi wisata Situ Gede, magnet ekonomi warga Tasik

Bisnis.comBANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan objek wisata Situ Gede pasca revitalisasi dan pendirian di Kota Tasikmalaya.

Ridwan Kamil optimis wajah baru Situ Gede di Kabupaten Mangkubumi akan meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dan perekonomian nasional mengingat lokasinya yang berada di pusat kota.

“Situ Gede akan menjadi destinasi wisata yang memberikan devisa dan kemajuan ekonomi bagi Tasikmalaya dan masyarakatnya,” kata Gubernur Ridwan Kamil, Minggu (15/1/2023).

Pengelolaan dan revitalisasi Situ Gede bertujuan untuk melestarikan, melestarikan ekosistem alam dan ekologi serta meningkatkan citra kawasan.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, mengatakan, revitalisasi dan desain kawasan Situ Gede akan dilanjutkan pada tahap dua hingga selesai seluruhnya.

“Ini belum selesai, baru tahap satu. Kami akan menganggarkan lagi sampai semuanya siap,” katanya.

Obyek wisata Situ Gede sudah dikenal masyarakat, namun kondisinya dulu kurang baik. Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat menetapkannya sebagai program provinsi strategis yang penyelenggaraannya telah dikontrak oleh Dinas Sumber Daya Air Jawa Barat. Tahap pertama revitalisasi dan penataan Situ Gede meliputi area seluas 2.800 meter persegi.

“Sekarang ada tempat berdagang di lantai bawah, tidak ada yang dikecualikan. Semuanya ditampung, yang atas untuk Canariung, Balakecrakan, Botram dan kegiatan lainnya,” ujarnya.

Kang Emil pun mengusulkan kepada Pemkot Tasikmalaya untuk mengajak investor membangun shelter di kawasan Situ Gede.

Dikatakannya, banyak wisatawan yang ingin menginap di kawasan Situ Gede dan menikmati alam.

“Jika saya seorang turis, akan menyenangkan untuk tinggal di sini. Nah belum ada jadi kami sudah menginstruksikan Pj Wali Kota Tasikmalaya untuk mengajak investor melakukan akomodasi karena terlalu bagus, sayang kalau hanya dinikmati dengan perahu atau makan tanpa menginap”, sarannya.

Ia berharap revitalisasi Situ Gede akan memperkuat Tasikmalaya sebagai kota yang fokus pada ekonomi pariwisata. Untuk itu kota Tasikmalaya harus terus dibuat nyaman, aman dan banyak kegiatan perekonomian.

“Apalagi nanti Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya) keluarnya nanti ada yang ke kota Tasikmalaya, pasti orang mau cepat ke sini dan ujungnya belanja, maka orang di sini akan diuntungkan,” ujar Kang Emil.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button