Pantai Ujung Genteng Sukabumi - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Ujung Genteng Sukabumi – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket – Pantai Ujung Genteng di Sukabumi terkenal dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan. Pantai yang bagus dengan air jernih dan cakupan Pasir putih siapa sangat cocok sebagai tujuan liburan SEBUAHnda.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Kelapa Condong, Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Wisata di Jawa Barat ini memang cukup lengkap dan membuat setiap orang yang berlibur semakin puas. Termasuk saat menghabiskan waktu di Sukabumi yang terkenal dengan pantainya yang menawan yang wajib dikunjungi para pecinta laut. Salah satunya yang berhasil menarik perhatian adalah Pantai Ujung Genteng. Untuk melihat pesonanya, berikut ulasannya berikut ini.

Pantai Ujung Genteng, pantai tersembunyi yang indah

Pantai Ujung Genteng, pantai tersembunyi yang indahKredit gambar: Google Maps ATP Channel08

Pantai masih menjadi tempat yang sangat populer sebagai tujuan wisata. Berkunjung ke pantai bersama teman atau keluarga bahkan sendirian bukanlah hal yang aneh. Anda dapat menikmati udara pantai yang menenangkan. Di Sukabumi, Jawa Barat, Anda bisa mengunjungi salah satu pantai terkenal, Ujung Genteng.

Pantai yang terletak di pesisir Sukabumi ini berbatasan langsung dengan laut Indonesia. Memang pantai ini masih tergolong tersembunyi dan sedikit diketahui. Namun perlahan tapi pasti daya tarik tersebut mampu menjadi magnet bagi wisatawan. Apalagi bagi Anda yang bosan dengan pantai-pantai mainstream, maka pantai ini mungkin bisa menjadi pilihan.

Pantai Ujung Genteng memiliki air yang jernih dengan suasana yang sangat asri. Tidak hanya menawarkan pemandangan yang menakjubkan, pantai ini juga memiliki sejarah yang menarik. Nama Ujung Genteng sendiri diambil dari Ujung Gunting. Memang, ujung genteng yang ada di sudut pulau Jawa Barat itu terlihat seperti gunting.

Dimana pada bagian ujung bawah dikenal sebagai Ujung Genteng dan ujung atasnya berada di Ujung Kulon. Padahal, Ujung Genteng sendiri awalnya bukanlah nama sebuah desa. Namun karena terjadi perpecahan, desa ini terbelah dua. Dan Ujung Genteng adalah nama sebuah desa yang memiliki kawasan wisata pantai dan juga wisata air terjun.

Atraksi Pantai Ujung Genteng

Aktivitas di Pantai Ujung GentengKredit gambar: Google Maps Khalisa Azam

Berkunjung ke pantai ini sendirian tidak akan membuat Anda menyesal. Karena bertentangan dengan apa yang dibayangkan banyak orang, pantai ini bukan hanya untuk bermain air atau bersantai. Karena di pantai ini kamu bisa melakukan banyak hal menarik. Lokasinya masih sepi bagi wisatawan sehingga Anda bisa bersantai atau sekedar menjauh dari hiruk pikuk kota.

Terletak di pantai pantai selatan yang biasanya memiliki ombak besar. Namun di pantai ini Anda tidak akan menemukan ombak yang terlalu tinggi. Masih cukup aman dan bisa digunakan untuk bermain air atau berenang. Pantai yang indah ini juga diganjar dengan pasir putih yang lembut yang akan membuat Anda ingin sekali menginjakkan kaki di sana.

Dari kejauhan, pasir pantai ini tampak berkilauan diterpa sinar matahari. Tak hanya itu, pantai ini juga terkenal bersih dan nyaman. Tidak jauh dari pantai ini, Anda akan menemukan Suaka Penyu. Tempat ini akan berkembang biak dan melindungi penyu. Anda dapat berinteraksi langsung dengan mereka, baik itu untuk para peternak penyu atau anak ayam.

Daya tarik pantai ini memang begitu melimpah, salah satunya dengan melihat keunikan pemandangan yang ditawarkannya. Di pantai ini, Anda bisa menikmati sisa-sisa dermaga yang merupakan sisa peninggalan zaman Belanda kuno. Pantai yang dikelilingi hutan lindung ini juga memiliki mercusuar dan kawasan ini dikenal dengan nama Tenda Biru.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Ujung Genteng

Alamat Pantai Ujung GentengKredit gambar: Google Maps Rama Ramdani

Pantai yang mempesona ini terletak di desa Ujung Genteng, Kec. Ciracap, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Memang untuk menuju pantai ini jarak dari pusat kota cukup jauh. Anda harus menempuh jarak kurang lebih 110,9 km. Dimana jika memperkirakan waktu, jaraknya bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Meski jarak ke pantai memakan waktu lama, perjalanan Anda tidak akan terasa. Mengingat sepanjang perjalanan, pemandangan menakjubkan akan disuguhkan kepada Anda. Anda bisa melihat perkebunan teh yang megah, dari perbukitan hingga kebun kelapa. Jika Anda beruntung, Anda mungkin bertemu dengan sekelompok sapi di pinggir jalan.

Untuk menuju pantai ini, Anda memiliki pilihan di antara beberapa rute. Untuk rute pertama bisa anda gunakan bagi anda yang memulai dari Jakarta. Dimana rute ini akan melewati Ciawi dan terus menuju Cicrug, Cibadak hingga akhirnya tiba di Pelabuhan Ratu. Jika sudah sampai di Pelabuhan Ratu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju kawasan Surade melalui jalan Cikembar dan Jambang.

Baru setelah itu Anda bisa menemukan jalan menuju Pantai Ujung Genteng. Tidak hanya dari Jakarta, Anda yang bepergian dari Bandung bisa mengambil jalur kedua. Dimana rute ini mulai menuju ke arah Sukabumi dari Cianjur. Sesampainya di Sukabumi, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Jampang Tengah, Jambang Kulon hingga Surade.

Perjalanan dari Bandung akan memakan waktu lebih lama, sekitar 4 jam jika tidak macet. Perlu kamu ketahui jika untuk menuju pantai ini, jalan yang harus kamu taklukkan membutuhkan perjuangan ekstra. Tanjakan dan belokan serta medan yang sulit adalah beberapa sensasi yang tidak akan terlupakan.

Harga tiket masuk kawasan Pantai Ujung Genteng

Tiket Masuk Pantai Ujung GentengKredit gambar: Google Maps Femi Meilani

Melihat keindahan mutiara tersembunyi ini, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Karena biaya masuk ke pantai Ujung Genteng hanya sekitar Rp 10 ribu per orang. Tentunya harga tersebut bukanlah harga yang mahal jika melihat keindahan yang ditawarkan pantai ini. Harga tiket tersebut belum termasuk tiket parkir.

Harga parkirnya juga tidak mahal, tergantung kendaraan yang digunakan. Anda dapat mengunjungi pantai yang indah ini kapan saja, karena buka 24/7. Karena sejauh ini masih belum ada peraturan resmi mengenai jam buka atau tutup. Untuk itu, masih banyak wisatawan yang berkemah di pantai ini hingga pagi hari sebelumnya.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Ujung Genteng

Aktivitas Menarik di Pantai Ujung GentengKredit gambar: Google Maps RegitaSevenfold

Tidak hanya menyimpan keindahan yang memukau, mengunjungi pantai yang indah ini juga akan membuat liburan Anda semakin seru. Karena Anda bisa melakukan banyak hal menarik di pantai ini. Mulailah dengan bermain air, bermain pasir atau membeli seafood yang terjamin kualitasnya. Berikut aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Ujung Genteng.

1. Nikmati pemandangannya

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat berada di pantai ini adalah menikmati keindahan yang ada di sana. Anda bisa bersantai di pantai sambil menikmati semilir angin yang bertiup. Pada siang hari, udara di sekitar pantai terasa sejuk. Dijamin semua penat anda akan terhempas menikmati keindahan pantai ini.

Salah satu pemandangan yang paling dinanti adalah keindahan matahari terbenam. Oranye biasa yang ada di langit menghasilkan siluet yang menawan. Anda penggemar fotografi harus mengabadikan pemandangan ini dengan lensa Anda. Menikmati bersama orang tersayang juga bukan ide yang buruk mengingat nuansa romantisnya begitu terasa.

2. Perburuan foto yang bagus

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai cantik ini memiliki banyak spot yang instagramable. Salah satunya berpose dengan latar belakang laut. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjelajah untuk mendapatkan spot foto yang tak kalah menarik. Yang jelas, pantai ini sangat cocok untuk diabadikan dengan kamera kesayangan.

3. Berselancar

Ombak di pantai ini tidak besar dan cukup aman. Namun, ini adalah pantai yang ombaknya cocok untuk berselancar. Namun, jika ingin berselancar di sini, Anda harus membawa peralatan selancar sendiri. Bagi Anda yang ingin menantang adrenalin, hal ini pasti akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Jika ingin lebih sulit, Anda bisa mengunjungi pantai Ombak Tujuh. Lokasinya tidak jauh dari pantai Ujung Genteng. Namun ombaknya bisa mencapai level 7 dan banyak digunakan sebagai spot surfing bagi wisatawan mancanegara. Jadi tidak ada salahnya mencoba kegiatan ini di kawasan Ujung Genteng.

4. Beli makanan laut

Bagi anda yang menginap di kawasan pantai ini jangan sampai ketinggalan untuk membeli hasil laut, karena pagi hari banyak nelayan yang menjajakan hasil lautnya, jangan khawatir ikannya masih segar sehingga bisa dijadikan oleh-oleh. Seafood yang bisa Anda bawa pulang antara lain sotong, pari, cumi-cumi dan lain-lain.

Jika ingin membeli dalam jumlah banyak juga tidak apa-apa. Pedagang akan menyiapkan kotak penyimpanan agar ikan tetap segar. Harga yang tertera pasti akan lebih murah jika anda membeli di kawasan pantai ini. Tentunya akan lebih hemat juga untuk keluarga atau orang tersayang di rumah.

5. Wisata Kuliner

Selain bisa membeli seafood segar, Anda juga bisa menikmati hidangan seafood di pantai ini. Ada banyak warung makan yang siap membakar ikan. Setelah puas beraktivitas, mengisi perut tentu menjadi aktivitas yang menarik. Apalagi jika dilakukan bersama keluarga atau teman pasti akan lebih berkesan.

Akomodasi dan fasilitas yang tersedia di Pantai Ujung Genteng

Akomodasi Pantai Ujung GentengKredit gambar: Google Maps Esa Resa

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai lebih lama, Anda bisa menginap di sekitar pantai ini. Ada banyak penginapan yang bisa Anda pilih untuk bermalam. Akomodasi di kawasan pantai ini juga cukup terjangkau, kamu bisa menginap dengan budget mulai dari Rp 60 ribu hingga Rp 150 ribu saja.

Demi menunjang kenyamanan wisatawan, fasilitas yang disediakan pengelola pantai juga sangat nyaman dan memadai. Dengan begitu, pengunjung akan merasa nyaman dan aman. Petugas akan menjamin keamanan pengunjung saat berlibur di pantai ini.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan toilet, tempat ibadah dan tempat parkir yang cukup luas. Anda yang tidak membawa bekal juga bisa mengunjungi warung makan yang menawarkan banyak menu menggugah selera. Menu seafood di pantai ini akan membuat liburan Anda semakin lengkap. Selain itu, ada kios yang menjual banyak barang sehari-hari.

Pantai Ujung Genteng merupakan salah satu pantai yang wajib Anda kunjungi di Sukabumi. Pantai ini akan menawarkan Anda panorama yang indah dengan fasilitas yang lengkap. Pastikan untuk merencanakan perjalanan Anda dengan matang ketika berhenti di pantai ini. Mengingat lokasinya yang masih tersembunyi dan membutuhkan perjuangan yang sulit.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button