Dua cabang olahraga elite di Kota Batu, Porwanas XIII membawa efek domino bagi perekonomian - WisataHits
Jawa Timur

Dua cabang olahraga elite di Kota Batu, Porwanas XIII membawa efek domino bagi perekonomian

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko berfoto bersama para atlet Porwanas. (MVoice/M.Noer Hadi)

SUARA WARNA – Ribuan orang dari seluruh Indonesia membanjiri wilayah Malang Raya selama penyelenggaraan XIII. Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas). Kompetisi multisport akan berlangsung dari 21 hingga 27 November.

Peserta yang hadir adalah wartawan dari kontingen lintas provinsi. Acara ini akan menyelenggarakan 10 cabang olahraga di Malang Raya. Dua cabang olahraga termasuk catur dan bridge dipertandingkan di Kota Batu dengan diikuti 250 atlet dari 16 provinsi.

“Dan sangat tepat pelaksanaannya dilakukan di Kota Batu. Hanya wartawan tertentu yang bisa bertanding di dua cabang olahraga elite ini,” kata Lutfi Hakim, Ketua PWI Jatim, saat jamuan makan malam yang digelar di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis (24/11).

Baca juga:

Renshi Optimis Jepang terus memberi kejutan di Piala Dunia 2022

MPM Honda Jatim gencarkan Search_Safe di jalur rawan blackspot

Polres Malang kota memusnahkan BB hasil operasi narkoba sejak Agustus hingga November

Dengan catatan merah, MCW mengingatkan Mendagri tentang penunjukan walikota incumbent Batu

Acara tersebut juga dihadiri Walikota Batu Dewanti Rumpoko, Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin, Ketua PWI Malang Raya Cahyono dan Ketua KONI Batu Mahfud.

Lutfi mengatakan, penyelenggaraan Porwanas bukan sekadar ajang kompetisi olahraga. Namun juga memberikan efek domino pada perputaran ekonomi khususnya sektor UMKM dan industri kreatif. Ia juga menyebarkan promosi pariwisata di Kota Batu melalui karya jurnalistik. Mengingat peserta lomba berasal dari perwakilan pers.

“Kalau dijumlahkan 6.000 sampai 7.000 Tumlek Blek di Malang Raya, saya yakin 70 persen akan datang ke Kota Batu. Karena semuanya jurnalis, mereka semua harus menulis tentang potensi Kota Batu, memulai wisata dan lain sebagainya. Mudah-mudahan berkahnya besar berkat kedatangan kontingen ini,” ujarnya.

Baca juga:

Persaingan tangkas di Porwanas Shooting Exhibition Jatim 2022

Selain pemilihan ketua baru, agenda Musorkot antara lain adalah persiapan Porprov 2023

SIWO Kota Batu menjadi motor penggerak sport menyasar anak usia dini

Dalam jamuan makan malam itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko ditunjuk untuk menyerahkan medali kepada para pemenang. Medali emas catur kategori perorangan diraih Jawa Barat, perak Kalimantan Tengah, perunggu Riau dan Yogyakarta. Sedangkan medali emas pada kategori beregu diraih Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah meraih perak serta Sumut dan Lampung meraih perunggu.

Kemudian untuk cabang olahraga bridge kategori beregu, Jawa Barat meraih medali emas, disusul Lampung dengan medali perak dan Kalimantan Timur meraih medali perunggu. Selain itu, pada kategori berpasangan, Jawa Barat meraih medali emas, Lampung meraih medali perak, dan Kalimantan Timur meraih medali perunggu.

“Kedua olahraga ini sangat cocok diadakan di Kota Batu karena suhunya yang dingin dan juga musim hujan. Saya berterima kasih kepada Ketua PWI Jatim yang telah memilih Kota Batu. Semoga membawa kenangan dan kesan yang baik bagi para pemain yang berpartisipasi,” kata Dewanti.

Wakil Kontingen Kalsel Zaeni mengucapkan terima kasih atas jamuan makan malam yang diselenggarakan Pemkot Batu atas nama seluruh kontingen. Bahkan, kegiatan ini menjadi cerita tersendiri saat medali tersebut dikenakan oleh walikota.

“Kami mengucapkan terima kasih atas nama seluruh kontingen catur dan bridge. Itu sejarah tersendiri karena medali yang dikenakan walikota. Mudah-mudahan ini menjadi cikal bakal dan panutan bagi pembawa acara Porwanas XIV selanjutnya,” imbuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button