Destinasi wisata menarik di kampung halaman pahlawan nasional - WisataHits
Yogyakarta

Destinasi wisata menarik di kampung halaman pahlawan nasional

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November, tidak ada salahnya mempelajari para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa. Beberapa daerah tempat mereka dilahirkan juga memiliki berbagai tempat wisata.

Tempat kelahiran sejumlah pahlawan nasional ini bisa menjadi destinasi wisata melawan arus yang layak untuk dikunjungi. Berikut lima tempat wisata yang direkomendasikan untuk dijelajahi untuk liburan dari penyedia jasa travel pegipegi.

Tempat Lahir Soekarno dan Bung Tomo

Soekarno dan Bung Tomo lahir di Surabaya, Jawa Timur. Kota Pahlawan adalah rumah bagi Tugu Pahlawan yang terkenal serta Museum 10 November, yang menyimpan foto-foto bersejarah, senjata curian, dan artefak dari Pertempuran Surabaya.

Kawasan Hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit) juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menjadi saksi bisu robeknya warna biru bendera Belanda menjadi bendera merah putih. Rekomendasi lainnya adalah Hutan Bambu Keputih, Pantai Kenjeran, Kampung Arab, Pura Sanggar Agung, Ekowisata Mangrove dan Jalan Kembang Jepun.

Tempat kelahiran Bung Hatta

Wakil Presiden Pertama Republik Indonesia lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat. Pelancong bisa mengikuti kehidupannya dengan pergi ke tempat kelahiran Bung Hatta yang tidak jauh dari Jam Gadang.

Di Bukittinggi, wisatawan juga dapat menjelajahi Hole Japan, Ngarai Sianok, Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau Fort de Kock yang telah disulap menjadi Taman Kota Bukittinggi dan Taman Burung Tropis sejak tahun 2002. Pasar Ateh juga bisa dikunjungi untuk berbelanja atau mencicipi makanan khas.

Tempat Lahir Ki Hajar Dewantara dan Ahmad Dahlan

Yogyakarta adalah tempat lahirnya banyak pahlawan nasional seperti Ki Hajar Dewantara, Pangeran Diponegoro, Sri Sultan Hamengkubuwono IX hingga Ahmad Dahlan. Kawasan ini memiliki peninggalan sejarah, budaya dan wisata alam yang mempesona.

Wisatawan dapat mengunjungi Museum Ullen Sentalu dengan arsitektur kuno bergaya Eropa, atau menyaksikan matahari terbit dan terbenam serta kerlap-kerlip bintang di malam hari di Tebing Breksi. Selain itu, ada Perbukitan Isis Kulon Progo, Pemandangan Laut HeHa, Lereng Kali Kuning Gunung Merapi, Hutan Pinus Pengger, Jalan Malioboro, Puncak Widosari, Pantai Samas, Benteng Vredeburg, Tugu Yogyakarta dan Kotagede.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button