Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Masuk Babak Final 6 Besar Jawa Barat - WisataHits
Jawa Barat

Desa Wisata Hanjeli Sukabumi Masuk Babak Final 6 Besar Jawa Barat

SUKABUMI — Desa Wisata Hanjeli yang berada di kawasan Desa Waluran Mandiri Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi berhasil masuk dalam 6 besar finalis kompetisi One Village One Story (OVOS) tingkat provinsi Jawa Barat. Baru-baru ini, wisata alam edukatif ini dikunjungi Juri Satu Desa Satu Cerita Jawa Barat untuk revitalisasi.

Pendiri Desa Wisata Hanjeli Asep Hidayat Mustopa mengatakan kepada Radar Sukabumi bahwa pihaknya bangga. Pasalnya, objek wisata Hanjeli yang berada di kawasan Desa Waluran Mandiri ini kini masuk dalam 6 besar finalis se-Jawa Barat. Menurutnya, One Village One Story diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dan Yayasan Duta Pariwisata dan Budaya Indonesia (YDPDKI).

Sedangkan kegiatan OVOS meliputi sepuluh objek promosi budaya yaitu tradisi lisan, naskah, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, kesenian, bahasa, permainan rakyat dan olahraga tradisional.

“Ya semoga bisa menjadi yang terbaik dan yang selama ini kita perjuangkan,” kata Asep kepada Radar Sukabumi, Selasa (13/9).

Desa wisata yang termasuk dalam kawasan Geopark Ciletuh ini mengusung konsep edutourism. Yakni, wisatawan belajar membudidayakan tanaman pangan Hanjeli yang hampir punah, bisa dijadikan sarana edukasi sekaligus penyembuhan dan menikmati keindahan alam. Ketika juri One Village One Story Jawa Barat melakukan revitalisasi, mereka juga mengunjungi lokasi Saung Lisung.

“Kemarin mereka juga mengalami bagaimana Hanjeli bisa dipanen dengan Ani-Ani (penanam padi, catatan redaksi). Kemudian palu hanjeli pada lisung dan pisahkan hanjeli pada penampi,” katanya.

Selain itu, rombongan dan juri reviewer OVOS diajak melihat proses pembuatan hanjeli olahan. Beberapa di antaranya digunakan sebagai makanan untuk Rengginang hanjeli dan Dodol hanjeli. Setelah itu, mereka langsung mengunjungi Rumah Baca Sauyunan dan Rumah Kreatif Hanjeli.

Source: radarsukabumi.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button