Sebelum kita mencoba arung jeram, kita akan belajar tentang 6 level sungai arung jeram - WisataHits
Jawa Tengah

Sebelum kita mencoba arung jeram, kita akan belajar tentang 6 level sungai arung jeram

Potensi arung jeram sebagai destinasi wisata wisatawan domestik maupun mancanegara terus menunjukkan tren positif. Bentang alam Indonesia yang beragam, termasuk sungai-sungainya, menjadikan Indonesia surga bagi para pecinta olahraga air.

Dewan Pembina Persatuan Arung Jeram Indonesia (PB FAJI) Amalia Yunita mengatakan wisata arung jeram semakin populer di Indonesia akhir-akhir ini. Selain peminat, pertumbuhan arung jeram juga terlihat dari bertambahnya jumlah pengelola wisata air.

Dulu, wisata ini paling populer di Bali dan Jawa Barat. Namun, kini sudah ada wisata arung jeram di daerah lain seperti Jawa Tengah, Jawa Timur, Lombok, Kalimantan, Sumatera Utara, dan Aceh. Saat ini setidaknya ada 170 operator wisata arung jeram di Indonesia.

Dari segi atraksi, wisata arung jeram juga mulai banyak variasinya. Tak hanya populer dengan perahu karet, jeram kini bisa dilalui dengan perahu arung jeram, tabung aliran, papan sungai, dll. “Pariwisata ini bisa berkembang karena kita sudah memiliki modal yang kuat. Kita punya banyak sungai dan alam yang indah,” kata Yuni Hypeabis.id.

Baca juga: Wajib Masuk Daftar Liburan, Ini 5 Sungai Terindah di Dunia

Yuni mengatakan tur ini adalah salah satu untuk dinikmati semua orang. Oleh penghobi, anak-anak, dewasa dan keluarga. Kepopuleran arung jeram juga karena olahraga ini bisa menghilangkan stres. Adrenalin yang meningkat dapat memunculkan emosi dalam jiwa. Jadi ini semacam gaya baru bagi anak muda untuk menghilangkan stres.

Selain itu, rafting juga sering dimanfaatkan oleh korporasi atau kelompok masyarakat untuk mempererat tali silaturahmi. Mencoba olahraga ini, sepertinya semua posisi memudar dan kemesraan semakin mudah terjalin.

6 tingkat kesulitan dalam arung jeram

sebelum mencoba aktivitas tersebut arung jeram, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tingkat kesulitan olahraga arung jeram ini. Mengetahui hal ini, Anda dapat memilih aliran mana yang lebih cocok untuk ini arung jeram. Yuni mengatakan, setidaknya ada 6 level sungai dalam arung jeram.

Level ini menggambarkan kesulitan yang dihadapi pengunjung. Secara umum, hanya gunakan sungai dengan tingkat kesulitan 1-3 untuk tur. Namun, sebagai informasi tambahan, berikut adalah definisi singkat untuk setiap level sungai arung jeram.

derajat 1 aliran 1st

Mengalir kelas 1 adalah orang yang pendiam. Ketenangan sungai ini bahkan seperti danau. Jenis ini sangat cocok untuk pemula dan keluarga karena pengunjung hanya membutuhkan pengetahuan dasar untuk melintasinya arung jeram.

derajat 2 aliran 2

Kategori kedua, air sungai agak tenang. Namun, pengunjung akan mendapat sedikit tantangan dengan jeram-jeram kecil. Ada juga bongkahan batu besar di beberapa titik, meski tidak terlalu banyak. Jadi tipe kedua ini masih cocok untuk anak-anak maupun pemula.

derajat 3 aliran 3rd

Di kategori ketiga ini, pengunjung akan menghadapi banyak tantangan. Sungai menjadi lebih beriak dan mengalir. Beberapa batu besar juga tersedia untuk memblokir perahu, mengharuskan peserta untuk bermanuver dengan terampil. Di beberapa titik terdapat jurang sedalam 4 meter. Pemula masih dapat mencoba kategori ini, tetapi harus didampingi oleh pemandu yang berpengalaman.

4. Derajat aliran 4

Pada kategori ini, peserta akan dihadapkan pada arus sungai dan ombak berukuran sedang. Hambatan batu besar juga akan lebih sering ditemui. Di beberapa tempat, jurang yang landai mencapai 6 meter. Jika ingin mencoba sungai ini, peserta harus didampingi oleh instruktur berpengalaman dengan medan yang ada di daerah tersebut.

5. Kelas Sungai 5

Arus sungai dan ombak sangat kuat dalam kategori ini. Para peserta melewati bebatuan yang lebih besar dan membutuhkan manuver yang andal. Peserta harus memiliki kemampuan manuver untuk mencoba kategori ini, sehingga tidak disarankan untuk pemula.

6. Derajat aliran 6

Dalam kategori ini, sungai dianggap sangat berbahaya. Oleh karena itu, sangat sedikit peserta yang mencoba kategori ini. Hanya atlet dan profesional yang lebih sering mencoba sungai kelas 6. Tapi itupun jarang dilakukan karena beresiko untuk dicoba arung jeram di fluks dengan tingkat ini sangat tinggi.

Baca Juga: Ini 5 Destinasi Wisata di Nusa Dua yang Wajib Dikunjungi Saat Berkunjung ke Bali

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Berita Google)

Penerbit : Syaiful Millah

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button