Tiga Gedung Megah di Solo Jadi Arena Muktamar Muhammadiyah | PWMU.CO - WisataHits
Jawa Tengah

Tiga Gedung Megah di Solo Jadi Arena Muktamar Muhammadiyah | PWMU.CO

Tiga gedung megah di Solo (Stadion Manahan, Edutorium dan De Tjolomadoe) akan menjadi arena Muktamar Muhammadiyah ke-48 (Dok. Panitia Jambore/PWMU.CO) Tiga gedung megah di Solo (Stadion Manahan, Edutorium dan De Tjolomadoe) akan menjadi arena Muktamar Muhammadiyah ke-48 (Dok. Panitia Jambore/PWMU.CO)

Tiga gedung megah di Solo akan menjadi Arena Muktamar Muhammadiyah. menutupi Nely IzzatulKaryawan PWMU.CO Yogyakarta

PWMU.CO – Minggu (24/7/2022) merupakan hari terakhir Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah. Pada hari ketiga, panitia membuat jadwal untuk mengundang peserta untuk pertunjukan keliling ke arena Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah.

Saat matahari mulai terik, peserta memadati Masjid KH Mas Mansur Universitas Muhammadiyah Solo (UMS) Kampus 4. Diparkir ada 3 bus dan 1 mobil elf yang disediakan pihak kampus untuk menemani para peserta menjelajah Solo.

Pameran dan bazar De Tjolomadoe Arena

Tujuan utama perjalanan adalah De Tjolomadoe. Tepat pukul 09.58 WIB rombongan berangkat dari Kampus 4 UMS menuju Pabrik Gula di Jalan Adi Sucipto No 1 Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

De Tjolomadoe adalah tempat yang disediakan oleh Panitia Muktamar Muhammadiyah ke-48 sebagai tempat pameran dan bazar. Nantinya, tempat ini akan menjadi tuan rumah panggung bahagia, pameran Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA) se-Indonesia, serta bazar bisnis untuk masyarakat.

Ini adalah kompleks pabrik gula yang didirikan pada tahun 1861 di Karanganyar oleh Mangkunegaran IV. Di antara mengunjungi expo dan bazaar, pengunjung dapat melihat mesin-mesin besar pabrik tebu. Karena saat ini tempat tersebut dijadikan sebagai kawasan wisata dan komersial.

Stadion Manahan Solo (Dok. Panitia Jambore/PWMU.CO)

Konvensi Peresmian Stadion Manahan Solo Arena

Perjalanan selanjutnya ke Stadion Manahan Solo. Stadion ini akan digunakan sebagai tempat pembukaan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 yang akan berlangsung pada Jumat-Minggu, 18-20 November 2022.

Stadion Manahan terletak di pusat kota Solo, tepatnya di Jalan Adi Sucipto No.1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Wakil Ketua Media Committee Prof Anam Sutopo mengatakan kapasitas indoor Stadion Manahan sudah mencapai 25.000 penonton.

“Kalau bisa 175.000 penonton di luar sana, masalahnya (nanti) kota Solo padat, tapi kita memang perlu padatkan,” katanya.

Stadion Manahan berjarak sekitar 20 menit dari Stasiun Kereta Solo Balapan, sekitar 10 menit dari Bandara Adi Soemarmo, sedangkan dari Terminal Tirtonadi Solo membutuhkan waktu kurang dari 30 menit.

“Strategis untuk dapat diakses dari semua fasilitas. Sementara itu, akan ada 2 sesi di Kongres, yaitu Sidang Tanwir dan Sidang Kongres. Ini berlangsung di Edutorium UMS,” jelasnya.

Edutorium UMS (Sugiran/PWMU.CO)

Arena Konferensi Konferensi Edutorium UMS

Selain Stadion Manahan dan De Tjolomadu, Edutorium UMS juga akan digunakan sebagai tempat kongres. Gedung megah berkapasitas 8.500 hingga 10.000 penonton ini digunakan untuk Sidang Tanwir dan Muktamar Muhammadiyah ke-48.

Saat memasuki gedung Edutorium, seluruh peserta Jambore Media Afiliasi Muhammadiyah diliputi haru dan takjub. Keindahan, kemegahan, modernitas dan keistimewaan sangat terlihat di gedung yang dibangun dengan dana lebih dari 300 miliar ini.

“Edutoriom ini merupakan capacity building universitas terbesar di Indonesia. Rencananya masuk rekor MURI, tapi belum kami setujui administrasinya,” kata Anam.

“Kami percaya bahwa bersama-sama kita dapat mendorong, mengangkat suara mereka dan mencerahkan dunia tentang kegiatan Kongres ini,” katanya.

editor

Muhammad Nurfatoni

Source: pwmu.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button