Tiket dan Aktivitas CANDI GEDONG SONGO - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Aktivitas CANDI GEDONG SONGO

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo : Rp 10.000 – Rp 15.000 Jam Buka : 07.00-17.00

Kekuasaan kerajaan di masa lalu tersebar luas di seluruh Indonesia. Tak terkecuali Semarang, ibu kota Jawa Tengah. Ada kompleks candi Hindu yang disebut Candi Gedong Songo.

Terletak di kaki Gunung Ungaran, kompleks candi ini begitu unik. Selain keindahan alam dan kemegahan bangunan candi, wisatawan juga bisa menikmati berbagai aktivitas seru di sini.

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo

Untuk memasuki kawasan Candi Gedong Songo, pengunjung membayar biaya masuk yang kecil. Namun, tarif masuk yang berbeda berlaku antara wisatawan domestik dan asing. Karena menanjak, pengunjung juga bisa mendaki menggunakan kuda dengan tarif berbeda per candi.

Harga Tiket Masuk Candi Gedong Songo
Tiket masuk di hari kerja Rp 10.000
Tiket masuk akhir pekan Rp 15.000

Baca: Tiket Masuk Ayanaz GEDONGSONGO Semarang dan Tempat Selfie

Informasi penting sebelum mengunjungi Candi Gedong Songo:

  • Wisatawan wajib menunjukkan kartu vaksinasi setidaknya untuk dosis pertama, baik dengan kartu fisik maupun dengan aplikasi Peduli Protect.
  • Anak-anak berusia 12 tahun ke bawah dapat mengunjungi dengan pengawasan orang tua dan orang tua telah divaksinasi setidaknya dosis 1.
  • Harus menghormati protokol sanitasi di kawasan wisata.

Jam Buka Candi Gedong Songo

Wisatawan dapat mengunjungi objek wisata ini setiap hari. Kuil ini buka dari pagi hingga sore hari.

Jam operasional
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Aktivitas Tamasya di Candi Gedong Songo

Keindahan alam dan arsitektur candi menjadi daya tarik utama dari tempat wisata ini. Lokasinya yang berlatar belakang Gunung Ungaran membuat tempat ini sangat eksotis untuk dikunjungi. Selain itu, berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan, berikut beberapa di antaranya.

Keindahan area candi

Keindahan alam dan candiPerpaduan antara keindahan alam Pegunungan Ungaran dan keunikan arsitektur candi menjadi daya tarik dari objek wisata ini. Foto: Google Maps/Masrur Shofyan

Kompleks Candi Gedong Songo terletak di kaki Gunung Ungaran. Berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, tak heran jika suhu di sini sangat sejuk, berkisar antara 19 hingga 27 derajat Celcius.

Pengunjung dapat mendaki candi dari Candi I. Setiap candi menawarkan pemandangan yang berbeda. Semakin tinggi Anda pergi, semakin baik pemandangannya, semakin tipis kabut yang akan menyelimuti Anda.

Selain itu, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam sekitar yang hijau. Pohon-pohon tinggi berjajar rapi. Halamannya penuh dengan rumput segar dan bunga berwarna-warni yang menghiasi semak-semak.

Baca: Tiket Masuk Kampung Pelangi Semarang dan Beauty Ticket

Mitos Candi Gedong Songo

Tidak ada yang tahu pasti jumlah candi yang ada di Gedong Songo. Foto: Gmap/dewo.s ariyanto

Dari namanya, “Songo” berarti “sembilan” dalam bahasa Jawa. Namun, ternyata tidak ada tepat sembilan candi di objek wisata ini. Jumlah pastinya tidak diketahui.

Hal ini dikarenakan candi-candi Dinasti Syailendra letaknya tidak berurutan. Antara candi 1 sampai 9 tidak berurutan, melainkan berserakan. Ada pengunjung yang menghitung jumlah 7 candi, ada juga 8 candi.

Jika seseorang menghitung 9 candi, mitos akan beruntung. Terlepas dari semua itu, objek wisata ini kebetulan memiliki bioenergi. Padahal, bioenergi ini lebih baik daripada di Tibet, China.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Taman Bunga Celosia Bandungan Semarang

Menunggang kuda di sekitar kuil

naik kuda keliling area candiDi sekitar area candi dengan menunggang kuda. Foto: Google Maps/xuehang shi

Tantangan berwisata ke Gedong Songo adalah tanjakan masing-masing candi. Pengunjung dapat mengunjungi semua candi yang ada dengan berjalan kaki. Tentu akan sangat melelahkan, apalagi mendaki.

Alternatif lain bagi pengunjung yang ingin mendaki tanpa berjalan kaki adalah dengan menunggang kuda. Di pintu masuk area pura, pengunjung akan ditawari persewaan kuda. Pengunjung juga dapat memilih paket candi yang akan dikunjungi.

Di candi yang lebih tinggi, pengunjung juga akan menemukan barisan penjaja makanan. Jadi tidak perlu khawatir kelaparan saat berada di sini.

Pemandian air panas

Pemandian Air Panas Candi Gedong SongoNikmati juga kesejukan di kolam air panas di sekitar kawasan candi Gedong Songo. Foto: Google Maps/Masrour Shofian

Di sekitar area candi juga terdapat sumber air panas. Pergi ke candi IV dan V, pengunjung akan menemukan mata air. Sumber ini mengandung belerang yang asapnya mengental.

Ini adalah daya tarik utama wilayah ini. Banyak wisatawan yang berfoto di tempat kepulan asap ini. Bahkan, mereka tampak lebih tertarik berfoto daripada menikmati hangatnya musim semi ini.

Baca: Tiket Masuk dan Wahana SALOKA PARK Semarang

Spot foto modern di Ayanaz Gedong Songo

Ayanaz Gedong Songo. Foto: Gmap/yudhistira dua putra

Tidak jauh dari Candi I, terdapat spot foto khusus bernama Ayanaz Gedong Songo. Seolah bertolak belakang dengan kekhasan sejarah Gedong Songo, Ayanaz justru tampil sebaliknya. Tampil sebagai objek wisata yang menawarkan spot kekinian dan menarik.

Biasanya, tujuan utama pengunjung yang datang ke Ayanaz adalah untuk berfoto. Banyak spot yang ditawarkan. Dari tempat rumah igloo, balon udara panas, hingga tempat duduk di atas air.

Baca Selengkapnya: Tiket Masuk Ayanaz GEDONGSONGO dan Tempat Selfie

Meredakan

Tempat wisata ini menawarkan fasilitas yang lengkap. Misalnya, tempat parkir yang luas dan membedakan mobil dengan sepeda motor. Deretan kios, toilet, mushola dan toko suvenir di jalan keluar.

Lokasi Candi Gedong Songo

Tempat wisata ini terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Dari pusat kota Semarang, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button