Desa Wisata Bendosari, Perkemahan Seru di Kendal - WisataHits
Jawa Tengah

Desa Wisata Bendosari, Perkemahan Seru di Kendal

LANGIT7.ID, Kendal – Desa Wisata Bendosari memiliki potensi keindahan alam yang mempesona. Terletak di dataran tinggi di lereng utara Gunung Prahu, desa ini memiliki udara yang sejuk. Desa wisata ini terletak di Desa Bendosari, Kecamatan Plantungan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Salah satu destinasi unggulan di desa wisata ini adalah Curug Jeglong. Air terjun ini sering menjadi kata kunci untuk pariwisata di dusun Jeplak di desa Bendosari. Air terjun Jeglong ini memiliki air yang sangat jernih.

Pengelola Desa Wisata Bendosari Jaka Setiawan mengatakan, pihaknya berupaya membuka pariwisata selain salah satu pintu ekonomi masyarakat desa, dengan berbagai potensi yang ada di desanya.

Baca Juga: Taman Argowisata Pattiroang, Pusat Perkebunan Sayur di Sinjai

“Kita coba buka pariwisata sebagai pintu gerbang ekonomi melalui Desa Wisata Bendosari, potensinya memang besar, tapi kalau untuk destinasi wisata hanya ada Curug Jeglong, wisata budaya, wisata kuliner dan wisata religi yaitu Sunan Puker, “, ujar Jaka kepada Langit7, Senin (5/5/2020). 09.2022).

Selain itu, menurut dia, ada beberapa tempat yang akan dikembangkan sebagai pilihan wisata bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Desa Wisata Bendosari, meski bukan perkara mudah.

“Kita perlu bekerja dengan warga untuk mengembangkan atau memanfaatkan potensi yang tidak tersedia untuk umum. Selain air terjun, kita juga akan membangun tebing yang biasa kita mainkan saat masih kecil atau di sekolah,” ujarnya.

Menurut Jaka, dari atas tebing atau bukit, siapapun bisa melihat pemandangan Pantai Utara (North Coast) terlihat jelas. Namun, hingga saat ini, objek wisata paling populer di desanya adalah Curug Jeglong.

“Kami juga menawarkan paket camping dengan menawarkan sajian kuliner tradisional desa seperti nasi jagung, uraban dan lain-lain, dan alhamdulillah sudah camping dengan menu lokal yang kami tawarkan dan untuk harga tiket masuk Rp 10 per orang. “jelas Jaka.

Selain itu, ada juga berbagai olahan kuliner lainnya seperti gula aren, pathak maling, keripik melinjo, kolang kaling serabi yang bisa dijadikan oleh-oleh. Kemudian Desa Wisata Bendosari menyediakan beberapa homestay bagi wisatawan.

Baca Juga: Situ Cipule di Karawang Dijadikan Destinasi Wisata

“Wisatawan bisa camping dengan membawa tenda sendiri, silahkan, tapi kalau ada yang mau datang tidak masalah, kami juga menawarkan sewa tenda dengan harga dan tipe standar tenda,” ujarnya.

Jaka mengatakan wisatawan bisa melakukan kegiatan berkemah di kawasan hutan pinus atau tepat di atas lokasi Air Terjun Jeglong, sehingga wisatawan bisa melihat lembah dan keindahan alam dari atas bukit dari sana.

Jadi wisatawan biasanya berkemah di kawasan hutan pinus tepat di atas Air Terjun Jeglong, di posisi ini wisatawan tidak bisa melihat air terjun. Tapi mereka dihadapkan dengan keindahan alam dan udara yang sejuk, dan jika beruntung bisa melihat mereka di pagi hari dengan pemandangan Gunung Prau,” kata Jaka.

Berikut daftar harga sewa peralatan camping:

1. Tenda kapasitas 6 orang Rp 60.000
2. Tenda kapasitas 4 orang Rp 50.000
3. Kasur Rp 8.000
4. Tempat tidur gantung Rp10.000
5. Kompor Rp 20.000
6. Bersarang Rp 15.000
7. Gas Rp20 ribu

(Lembut)

Source: langit7.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button