Pembukaan Semarang Expo, Ganjar Pranowo Nilai Momentum Kebangkitan UMKM - WisataHits
Jawa Tengah

Pembukaan Semarang Expo, Ganjar Pranowo Nilai Momentum Kebangkitan UMKM

Pembukaan Semarang Expo, Ganjar Pranowo Nilai Momentum Kebangkitan UMKM

Merdeka.com – Gubernur Jawa Tengah (Jawa Tengah) Ganjar Pranowo terus mendorong hadirnya multistakeholder event untuk menggairahkan UMKM. Menurutnya, kehadiran banyak pemangku kepentingan akan membantu permasalahan UMKM.

Puluhan stand UMKM dihadirkan di CAMEX 2022 mulai dari kuliner, industri kreatif, kerajinan tangan (ekraf), fashion, sneakers dan seni hingga flora dan fauna.

Artikel media taboola

“Harapannya pelaku UMKM ini nanti bisa menunjukkan kiprahnya selama ada bank, kita harapkan pihak bank lebih proaktif. Jika sesuai, akan ada pembicaraan atau diskusi tentang UMKM agar permasalahan UMKM yang ada bisa tersampaikan,” ujar Ganjar dalam keterangannya, Kamis (20/10).

Ganjar mengatakan, kehadiran perbankan dan perusahaan lain sebagai pemangku kepentingan UMKM bisa sangat membantu. Ganjar mengatakan banyak kendala yang dihadapi UMKM adalah akses permodalan atau kesulitan pemasaran.

“Kita perlu pelatihan untuk berjualan secara digital. Jadi kalau memungkinkan, kekuatan ekonomi yang ada di masyarakat, di masyarakat, terutama yang kecil dan terkecil, bisa diledakkan,” kata Ganjar.

2 dari 2 halaman

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah telah berkomitmen untuk mendukung gerakan UMKM ini. Ganjar berharap akan ada pembeli yang datang ke berbagai acara UMKM.

“Tugas pemerintah di Kabupaten Semarang saya rasa asik diringankan dan bekerja sama dengan banyak sponsor agar bisa bertemu nanti. Mudah-mudahan ada jual beli di sini, semakin banyak pembeli yang datang,” ujarnya.

Dalam kunjungannya ke KAMEX 2022, Ganjar juga meluncurkan aplikasi Apiks (Aplikasi Pariwisata Terpadu Kabupaten Semarang) yang merupakan bagian dari Strategi Jaringan Pengembangan Pariwisata Jawa Tengah (Si Japar). Ganjar berharap aplikasi Apiks juga dapat membantu pemberdayaan UMKM di sektor pariwisata dan mempromosikan pariwisata lokal.

“Kami berharap nantinya aplikasi Apiks ini juga memberikan ruang bagi stakeholders pariwisata untuk menjual, memamerkan, menjelaskan dan mengajak wisatawan,” pungkas Ganjar. [ray]

Baca juga:
Golkar tegaskan KIB bukan sekoci Ganjar Pranovo
Ganjar siap mencalonkan diri sebagai calon Presiden Relawan: Seperti yang diharapkan
Golkar tidak percaya coattail effect capres dan lebih mengandalkan kerja caleg
Pergerakan seribu waduk tercapai, reward terus menambah waduk baru
Ganjar Siap Jadi Capres, PSI: Kami Siap Dukung Garda Depan

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button