Deretan destinasi wisata Jogja yang edukatif dan ramah anak - WisataHits
Yogyakarta

Deretan destinasi wisata Jogja yang edukatif dan ramah anak

Deretan destinasi wisata Jogja yang edukatif dan ramah anak

Krjogja.com – Yoga – Bukan tanpa alasan Jogja dijuluki sebagai kota pelajar dan tujuan Wista ke-2 setelah Bali, karena wisata yang ditawarkan di sini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mendidik.

Beberapa dari perjalanan pendidikan ini dikelola oleh pemerintah daerah, yang lain dijalankan oleh sektor swasta. Bagi yang berlibur ke Jogja, orang tua yang membawa anaknya cocok mengunjungi wisata edukasi ini. Dengan cara ini, anak-anak mereka tidak hanya bahagia, tetapi juga mendapat manfaat pendidikan.

Ada banyak tempat wisata edukasi yang bisa menambah kekayaan pengetahuan dan keseruan di Jogja yang tentunya ramah anak. Berikut rekomendasi tempat wisata edukasi:

1. Parkir pintar
Di pusat Kota Jogja terdapat tempat wisata edukasi yang sangat populer. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Malioboro. Tempat wisata edukasi ini tidak lain adalah Taman Pintar.

Namanya saja sudah menunjukkan bahwa tempat wisata edukasi ini sarat dengan arena bermain yang dapat memperluas pengetahuan dan tempat bermain anak-anak.

Smart Park menawarkan berbagai wahana edukasi yang menarik dan menghibur untuk anak-anak. Wahana tersebut antara lain Zona Pengelolaan Sampah, Wahana Kapal, Teater Sains, Zona Perpustakaan, Kampung Kerajinan, Gedung PAUD, Gedung, Planetarium, Gedung Kotak, dan Gedung Oval.

Bagi Anda yang tertarik mengajak si kecil mengunjungi Taman Pintar, tempat wisata edukatif ini terletak di Jalan Panembahan Senopati No. 1-3, Yogyakarta.

Beragam program rekreasi di Taman Pintar bisa Anda pilih dengan membeli tiket yang harganya tidak menguras kantong. Harga tiket berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 22.000 tergantung wahana dan program hiburan yang Anda pilih.

2. Selamat Kebun Binatang Loka
Kebun Binatang Gembira Loka adalah kebun raya dan kebun binatang di kota Jogja. Tempat wisata edukasi ini menawarkan berbagai wahana rekreasi seperti interaksi satwa, kolam sentuh, kolam ikan, terapi ikan, perahu dayung, perahu pribadi, ATV, bumper boat, speedboat, katamaran dan lain-lain.

Tempat wisata edukasi ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti akses internet wireless, food court, kursi roda, gelang anak, mushola, mayang tirta dan masih banyak spot foto menarik lainnya yang bisa anda temukan.

Ada beberapa zona di Kebun Binatang Gembira Loka antara lain Zona Petting, Zona Reptil & Amfibi, Zona Taman Burung, Zona Cakar, Zona Mamalia, Zona Primata, Zona Ikan, dll.

Di Kebun Binatang Gembira Loka, pengunjung bisa berfoto bersama satwa di zona satwa yang berbeda. Tak hanya itu, ada spot foto menarik yang instagramable di dalamnya.

3. Agrowisata Bhumi Merapi
Agrowisata Bhumi Merapi merupakan destinasi wisata baru yang terletak di Jalan Kaliurang, tepatnya 20 km di belakang Balai Kota Harjobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Seperti namanya, tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Merapi.

Konsep destinasi ini adalah wisata edukasi. Tak heran destinasi ini menjadi alternatif liburan keluarga yang bagus.

Saat memasuki tempat wisata edukasi ini, pengunjung akan menjumpai sebuah bangunan joglo tempat kita bisa duduk santai. Di depan joglo terdapat batang pohon yang tumbuh tepat di atas tanah Gunung Merapi. Batang pohon ini biasanya menjadi spot foto yang menarik.

Di tempat wisata edukasi ini, Anda bisa mengajak anak-anak untuk melihat dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan yang tergabung dalam Kumpulan Agrowisata Bhumi Merapi. Pengunjung bisa memberi makan kelinci, menyentuh ular, memerah susu kambing Etawa, atau memberi minum bayi kambing.

4. Anak-anak menyenangkan
Kids Fun adalah salah satu tempat wisata edukasi yang bisa anda kunjungi di Jogja. Tempat wisata edukatif ini menawarkan berbagai permainan seru yang aman dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Permainan seperti go-kart, menunggang kuda, dan water boom adalah wahana terbaik untuk dicoba di sini. Standar yang digunakan juga standar internasional karena tempat ini merupakan franchise dari Kids Fun Parcs di Belanda sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi akan keamanannya.

Secara umum, wahana di Kids Fun terbagi menjadi wahana keluarga, wahana anak, dan wahana roller coaster. Wahana yang ada di Kids Fun Jogja antara lain bumper car, gokart, aqua splash, flying fox dan wall climbing. Harga tiket Kids Fun bervariasi mulai dari Rp19.000 hingga Rp1 juta tergantung paket yang dipilih.

5. Nara Butterfly Jogja
Mengusung konsep edu-tourism, Nara Kupu Jogja yang terletak di kaki Gunung Merapi menawarkan wisata menikmati alam sambil bercocok tanam. Pengunjung diinformasikan tentang budidaya sayuran organik dan pengolahan sampah organik. Pengunjung yang datang juga bisa memetik sendiri tanaman siap panen atau ada juga gerai penjualan yang menawarkan hasil panen sayuran organik.

Nara Kupu Jogja membuka rumah pendidikan gratis untuk anak sekolah yaitu kegiatan pertanian dengan pemandu dan menariknya anak-anak bisa membawa tanaman sayuran organik. Berlokasi di Pandanpuro, Hargobinangun, Sleman, Yogyakarta, dengan luas lahan 4,5 hektar, Nara Kupu Jogja dilengkapi dengan fasilitas pemancingan, cottage yang disewakan, dan driving range golf.

Tempat ini memiliki program berkelanjutan seperti penanaman dan perkebunan buah dan sayuran organik, memelihara Rusa Tutul (nama ilmiah Axis Axis) yang merupakan ikon Nara Butterfly Jogja, ayam petelur, angsa, bebek, pemeliharaan lebah, dan kolam budidaya dan kolam pemancingan ikan air tawar seperti ikan mas, cichlids, lele, dll.

6. Wisata Edukasi di Taman Gebang
Wisata Edukasi Gebang merupakan tempat wisata edukasi di kawasan Wedomartani, tepatnya di Dusun Gebang, Jetis Padukuhan, Desa Wedomartani, Kapanewon Ngemplak, DIY.

Wisata edukasi ini tumbuh dari kesadaran warga akan banyaknya peluang wisata yang sangat luas di kawasan Dusun Gebang. Selain pura, kawasan dusun ini juga memiliki waduk, sungai, panorama persawahan dan masih banyak potensi lainnya yang memiliki cerita sejarah namun tidak terekspos kepada masyarakat luas.

7. Desa Wisata Warungboto
Desa Wisata Warungboto memiliki banyak potensi, baik seni budaya maupun adat istiadat, masakan dan kerajinan tangan. Objek wisata edukasi ini juga memiliki daya tarik berupa kawasan resapan air Gajah Uwong, sehingga desa wisata ini juga mengembangkan objek wisata berbasis sungai yaitu Gethekan di sepanjang Sungai Gajah Uwong dan River Walk di sepanjang bantaran sungai.

Selain itu, desa wisata Warungboto ini juga memiliki bangunan cagar budaya Tuk Umbul, kediaman kerajaan Kesultanan Kraton Yogyakarta, yang kini menjadi ikon dalam kalender acara tahunan umbul Merti Tuk yang dikemas dalam bentuk sendratari.

Di Desa Wisata Warungboto pengunjung juga dapat menikmati pertunjukan seni budaya berupa seni musik, seni kethoprak, seni pertunjukan Guyon Maton, seni sastra Mocapat Jawa, seni tari klasik dan tari Garapan, seni rakyat Jathilan, seni Reog, dan seni musik modern. (band), Seni Tentara Rakyat (Bergodo) dan Seni Musik Keroncong.

Dengan berbagai jenis pertunjukan seni dan budaya yang ditawarkan Desa Seni Warungboto, jelas tempat wisata edukasi ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melihat sekilas seni dan budaya Jawa.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button