Wisatawan diminta berhati-hati, tinggi gelombang di Laut Selatan Yogyakarta mencapai 6 meter - WisataHits
Yogyakarta

Wisatawan diminta berhati-hati, tinggi gelombang di Laut Selatan Yogyakarta mencapai 6 meter

Yogyakarta,kalselpos.com – Wisatawan yang berkunjung ke tempat-tempat wisata di pesisir Laut Selatan di Yogyakarta maupun para nelayan dihimbau untuk berhati-hati. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Federal (BMKG), ketinggian gelombang di kawasan itu bisa mencapai 4 hingga 6 meter atau dalam kategori sangat tinggi dalam beberapa hari ke depan.

Ketua Kelompok Analisis Data Peramalan BMKG Yogyakarta, Romadi di Yogyakarta, meminta masyarakat yang aktif di pesisir selatan Yogyakarta mewaspadai potensi gelombang tinggi, Jumat (9/2/2022).

“Meskipun potensi gelombang tinggi berada di lepas pantai, masyarakat atau wisatawan perlu berhati-hati karena ombak bisa mencapai pantai,” katanya, Jumat.

Romadi mengatakan, tingginya gelombang tersebut sebagian dipicu oleh angin timur yang bertiup di Indonesia dan Jawa Selatan hingga September 2022.

Selain itu, pola tekanan tinggi diamati di Australia bagian barat dan pola tekanan rendah di bagian barat daya Sumatera.

“Dengan dua pola tekanan, yaitu pola tekanan tinggi dan pola tekanan rendah, kecepatan angin meningkat sehingga menghasilkan gelombang tinggi,” katanya.

Akibat peringatan dini gelombang tinggi dari BMKG mulai 2 September 2022, gelombang tinggi diperkirakan terjadi pada 4 September 2022.

Menurut dia, gelombang tinggi di lepas pantai berbahaya bagi nelayan yang menggunakan perahu motor tempel.

“Peringatan bagi nelayan yang menggunakan motor tempel. Masyarakat dan wisatawan tetap berhati-hati dan mengindahkan informasi yang disampaikan oleh pejabat di sekitar lokasi,” kata Romadi.

www.sport.kalselpos.com

Berita lainnya Instal aplikasi Kalselpos.com

Source: kalselpos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button