Porda DIY dan Peparda 2022 Klaim Sukses di Sleman, SMS dari Dinas Pariwisata Olahraga - WisataHits
Yogyakarta

Porda DIY dan Peparda 2022 Klaim Sukses di Sleman, SMS dari Dinas Pariwisata Olahraga

Cabang olahraga futsal putri menyumbang medali emas bagi kontingen Sleman pada ajang Porda XVI DIY tahun 2022. ANTARA/HO Bagian Prokopim Setda Sleman

Berdasarkan data Dispar Sleman, Ishadi mengatakan terjadi peningkatan kunjungan ke masing-masing destinasi wisata sebesar 5-10% selama pelaksanaan Porda/Peparda 2022.

SuaraJogja.id – Pemerintah Kabupaten Sleman rupanya akan mengembangkan potensi wisata baru di daerahnya, yaitu wisata olahraga (sport tourism).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Ishadi Zayid, kepada sejumlah tim media, Rabu (9/7/2022).

Rencana tersebut muncul setelah meninjau pelaksanaan Porda/Peparda 2022 yang diselenggarakan di Kabupaten Sleman yang dinilai berhasil. Setidaknya sejak dibuka hingga minggu ini.

Berdasarkan data Dispar Sleman, Ishadi mengatakan terjadi peningkatan kunjungan ke masing-masing destinasi wisata sebesar 5-10% selama pelaksanaan Porda/Peparda 2022.

Baca Juga: Belum Seminggu Harga BBM Naik, Pedagang Pasar Sleman Keluhkan Kurangnya Pembeli

“Nah, opening ceremonynya juga banyak yang dari Jawa Tengah. Kami berharap acara wisuda tidak kalah seru,” harapnya.

Sehingga kegiatan ini nantinya bisa menjadi promosi yang baik bagi Sleman.

Memang, gaung pelaksanaan Porda/Peparda menjadi daya tarik bagi masyarakat dari luar daerah untuk berkunjung ke Kabupaten Sleman, khususnya destinasi wisata. Selain mendukung tim kesayangan tentunya.

“Nah, ke depan juga akan kita kembangkan. Ternyata olahraga bisa menjadi destinasi wisata, jadi nanti kita coba kembangkan sport tourism,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Biro Perindustrian dan Perdagangan Sleman Mae Rusmi mengatakan, tekanan ekonomi selama Porda/Peparda 2022 cukup luar biasa.

Baca Juga: Pasoepati Ikut Duka Kematian Suporter PSS, Putuskan Tidak Ke Sleman

Dari target omzet Rp 100 juta dari kegiatan perdagangan barang dan jasa selama Porda/Peparda 2022, angka tersebut sudah terealisasi menjadi Rp 267 juta.

Peningkatan ekonomi tidak hanya selama pameran, tetapi di semua akomodasi. Khususnya di Kabupaten Sleman.

“Mulai dari catering, resto, souvenir. Hotel dan resto juga enjoy [efeknya]’ tambah Mae.

Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa mengatakan, Porda/Peparda 2022 menarik perhatian banyak pihak, tidak hanya DIY dan sekitarnya. Tapi nasional.

Warga kabupaten/kota di sekitar Kabupaten Sleman diketahui telah mengunjungi Bumi Sembada untuk mendukung tim daerahnya. Selain itu, keluarga atlet juga turut mendampingi langsung Pemkab Sleman untuk mendukungnya.

“Efek ganda terjadi, meski yang datang adalah atlet amatir dan segmen tertentu. Itu bagian dari bukti bahwa acara ini juga membangkitkan kegairahan di masyarakat,” katanya.

Kontributor: Uli Febriarni

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button