Dengan Menerapkan Manajemen Energi, Aqua Klaten Raih Subroto Award 2022 - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Dengan Menerapkan Manajemen Energi, Aqua Klaten Raih Subroto Award 2022 – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian Doddy Rahadi menyerahkan penghargaan tersebut pada Rabu (10/5) kepada Plant Director AQUA Klaten, I Ketut Muwaranata 2022. (Khusus/Aqua Klaten)

Solopos.com, Klaten — Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) menganugerahkan Subroto Prize kepada PT Tirta Investama Pabrik Aqua Klaten. Penghargaan diserahkan Sekjen Kementerian ESDM Rida Mulyana kepada Direktur Pembangkit Aqua Klaten I Ketut Muwaranata pada Rabu di Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian ESDM di Jakarta (10 Mei 2022). .

Aqua Klaten menerima Penghargaan Subroto bidang efisiensi energi 2022 untuk kategori pengelolaan energi pada industri dan bangunan pada subkategori industri kecil dan menengah.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

Plant Manager Aqua Klaten, I Ketut Muwaranata, mengatakan bahwa Aqua Klaten selalu berkonsultasi dan berkoordinasi dengan otoritas yang bertanggung jawab untuk semua operasi.

“Kami telah berhasil menerapkan sistem manajemen energi yang kami namakan Pengelolaan energi menuju Pabrik Hijau Aqua Klaten. Sejak 2019, kami mampu menghemat energi sebesar 19.314.656 kWh,” ujarnya berdasarkan notifikasi yang diterima Solopos.com.

Aqua Klaten berkomitmen pada Operasi Biru di semua kegiatan, dengan tujuan menggunakan 100 persen energi terbarukan pada tahun 2030. Hal ini sejalan dengan tujuan pemerintah untuk meningkatkan pangsa energi baru terbarukan menjadi 23% pada tahun 2025.

Baca Juga: Aqua Klaten Konsisten Dukung Gerakan Indonesia Inklusif dan Raih Penghargaan

Selain itu, komitmen tersebut untuk mendukung komitmen Pemprov Jateng dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan.

Aqua Klaten telah mengoperasikan PLTS atap sejak tahun 2020. PLTS payung saat ini merupakan inisiatif industri terbesar di Indonesia.

Dengan keluaran sistem sebesar 2919 kilowatt peak (kWp), dapat menghasilkan listrik 4 gigawatt jam (GWh) per tahun dan menghemat 3.340 ton CO2 per tahun.

Danone-Aqua telah menjadi pionir dalam penggunaan pembangkit listrik tenaga surya atap di industri dalam negeri sejak tahun 2017. Saat ini, pemasangan PLTS rooftop di PLTU Danone-Aqua di Ciherang, Banyuwangi, Klaten, Mekarsari, dan Mamal.

Baca Juga: Hari Bumi 2022, PT TIV Aqua Klaten Kampanye Pertanian Regeneratif

Dalam rencana strategis perusahaan, pada tahun 2025, fotovoltaik atap di semua fasilitas Danone Aqua harus mencapai total kapasitas lebih dari 15 MWP. Total kapasitas ini bertujuan untuk menghasilkan 21 GWh listrik sekaligus mengurangi emisi CO2 sebesar 16.633 ton CO2 per tahun.

Saat ini, total utilisasi pembangkit listrik tenaga surya atap di lima pabrik Danone Aqua di Indonesia telah mencapai kapasitas 6,9 MW.

Direktur Konservasi Energi Kementerian ESDM Luh Nyoman Puspa Dewi mengatakan, Penghargaan Efisiensi Energi Subroto (PSBE) 2022 merupakan salah satu upaya Kementerian ESDM untuk mendorong pencapaian target efisiensi energi nasional sebesar 17 % pada tahun 2025 dan pengurangan emisi gas rumah kaca sebesar 29% pada tahun 2030.

“Kami berharap melalui acara PSBE ini dapat mendorong upaya penerapan penghematan energi, khususnya di bidang bangunan. Tidak hanya berkompetisi, tetapi juga menjadi aksi nyata untuk pengembangan dan pengelolaan energi berkelanjutan,” ujarnya saat membuka Kegiatan Sosialisasi PSBE 2022 Kategori Hemat Energi di Instansi Pemerintah.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button