Senang! 2 Destinasi Wisata di Klaten Raih API Award, Juara I Gir Pasang - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Senang! 2 Destinasi Wisata di Klaten Raih API Award, Juara I Gir Pasang – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Bupati Klaten Sri Mulyani menerima penghargaan dalam acara API Awards di Aceh, Jumat (25/11/2022). (Khusus/Disbudporapar Klaten)

Solopos.com, Klaten – Dua objek wisata di Klaten yang berada di lereng Gunung Merapi berhasil meraih penghargaan pada ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2022. Destinasi wisata Gir Pasang di desa Tegalmulyo kabupaten Kemalang meraih juara 1 kategori Dataran Tinggi.

Juara kedua pada kategori ini adalah Burtelege, Kabupaten Aceh Tengah dan juara ketiga adalah Bukit Reban Kucing, Kabupaten Empat Lawang. Sementara itu, Destinasi Wisata Bikepark Kali Talang di Desa Balerante, Kabupaten Kemalang meraih juara 3 untuk kategori Wisata Olahraga dan Petualangan. Juara 1 pada kategori ini adalah Camping Ground Riam Parangek, Kabupaten Bengkayang dan Juara 2 Trekking Gunung Kerinci, Kabupaten Solok Selatan.

Promosi Angkringan Omah Semar Solo: Tempat nongkrong unik punya menu Wedang Jokowi

Pengumuman dan penyerahan penghargaan berlangsung pada Jumat malam (25/11/2022) pada puncak acara API Awards 2022 di Gedung AAC Dayan Dawood kompleks Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. “Penghargaan diterima langsung dari Bupati Klaten [Sri Mulyani]kata Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Klaten, Sri Nugroho saat dihubungi. Solopos.comSabtu (26/11/2022).

Nugroho berharap penghargaan ini dapat memacu destinasi wisata di Klaten untuk terus berkembang dan semakin dikenal di tingkat nasional. Disinggung perkembangan kedua destinasi wisata tersebut setelah mendapat penghargaan, Nugroho mengatakan dukungan dari Pemkab akan terus berlanjut. “Akan terus dilakukan pembinaan terkait penataan PKL, SDM, pokdarwis, desa wisata dan tokoh masyarakat sesuai dengan kondisi alamnya,” ujar Nugroho.

Baca juga: Inilah Kopi Petruk Kemalang Kualitas Terbaik di Lereng Merapi Klaten

Bupati Klaten Sri Mulyani berharap, API Prize 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dapat memacu pariwisata di Klaten untuk lebih berkembang. “Harapan saya pariwisata di Klaten terus maju, terus berbenah dan meningkat baik pariwisata yang dikelola desa, kabupaten maupun swasta sehingga dapat memberikan kontribusi daya tarik wisatawan lokal, nasional bahkan mancanegara. Dampak ekonomi semakin membaik dan dapat mengangkat tenaga kerja lokal. Siapapun bisa diberdayakan untuk mendukung pariwisata di Klaten,” kata Mulyani.

Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang dilakukan untuk menciptakan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. Ada 18 kategori dalam acara penghargaan tersebut.

Gir Pasang adalah sebuah dusun di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang. Desa ini dihuni oleh puluhan keluarga. Gir Pasang dipisahkan dari desa lain di Tegalmulyo oleh jurang. Sebelumnya, satu-satunya akses ke desa tersebut adalah tangga di tepi jurang yang dikenal dengan 1.001 Langkah.

Baca Juga: Ternyata Orang Klaten Juga Lur! Sosok dibalik pembangunan Jembatan Gir Pasang

Nantinya ada beberapa akses yang bisa digunakan untuk mencapai desa tersebut. Di antara Dukuh Ngringin dan Dukuh Gir Pasang terdapat gondola penumpang yang membentang sepanjang 138 meter melintasi ngarai sedalam 150 meter. Gondola penumpang akan mulai beroperasi pada tahun 2021.

Lalu ada jembatan gantung yang dibangun oleh pemerintah pusat yang membentang sepanjang 120 meter melintasi ngarai sedalam 150 meter antara Dukuh Ngringin dan Gir Pasang. Jembatan gantung tersebut diresmikan pada 20 Januari 2022. Wisata Gir Pasang mulai berkembang seiring dengan penambahan fasilitas gondola penumpang hingga jembatan gantung yang membentang melintasi ngarai hingga Gir Pasang. Ada beberapa tempat selfie di kawasan Gir Pasang, salah satu yang terbaru yaitu Spot Selfie Bibi Boat dikelola oleh warga Gir Pasang.

Selain keindahan alam kawasan Gir Pasang dan sekitarnya yang masih asri, pengunjung juga dapat menikmati kuliner di kawasan Gir Pasang dan sekitarnya. Kafe bermunculan. Di dusun Gir Pasang terdapat menu nasi, jagung dan ingkung yang disiapkan warga di warung-warung yang didirikan warga di Gir Install.

Baca juga: Eksotis! Inilah keindahan jembatan gantung Gir Pasang Klaten di malam hari

Kali Talang, sebaliknya, merupakan kawasan di lereng Gunung Merapi, di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, dengan panorama yang indah. Kehebatan puncak Merapi dengan retakannya terlihat jelas dari Kali Talang yang berada di sisi tenggara gunung. Selain pemandangan alam dan kesejukan lereng Merapi, tempat wisata yang ada di Kali Talang berkemah dan penganiayaan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button