Raja pariwisata Lembang ini berbagi tips sukses untuk para pelaku UMKM dan ciptakan pasar sendiri - WisataHits
Jawa Barat

Raja pariwisata Lembang ini berbagi tips sukses untuk para pelaku UMKM dan ciptakan pasar sendiri

Suara.com – “Buat pasar, ciptakan pasar, dan ciptakan pasar”. Perry Tristianto yang dikenal sebagai Rajanya Factory Outlet (FO) Bandung berulang kali mengucapkan kalimat tersebut dan kini nyaris “mendominasi” tempat-tempat wisata di Kota Lembang, Jawa Barat.

Pada acara bertajuk SUARA UMKM, Pasar Lokal #DariLokalJadiTerkenal yang dipromotori Suara.com pada Kamis (11/8/2022) di Cafe Soomi-Soomi, Jalan Dr. Rajiman No. 17, Pasir Kaliki, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat (Jawa Barat). ), Perry berbagi cerita panjang tentang bisnis UMKM.

“Produknya bagaimana nanti? Segmen pasarnya harus jelas (setelah) mencobanya,” kata Perry.

Menurutnya, jika segmen pasarnya jelas, produk yang akan dijual pasti laris manis.

Baca Juga: Jika Anda Ingin UMKM Anda Naik Kelas, Ikut Program UMKM SUARA

“Berapa pun harganya, orang akan membelinya,” katanya.

Perry yang juga pemilik De Ranch, Farm House dan Floating Market di Lembang menambahkan, memiliki target pasar yang jelas merupakan hal penting dalam berbisnis, yang menurutnya merupakan modal awal.

“Makanya saya bilang ciptakan pasar, jangan masuk pasar. Selama ini UMKM, mereka punya produk, mereka taruh di minimarket, mereka taruh di supermarket. Yang besar akan menjadi supermarket. Itu kelemahan UMKM,” ujarnya.

Selain itu, lebih efektif menjual produk UMKM melalui media sosial milik sendiri seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp daripada mempercayakan produknya melalui marketplace seperti e-commerce.

Perry mengakui bahwa pemasaran e-commerce memang menjadi tempat yang menjanjikan. Namun, menurut dia, sebagian besar produk yang dijual oleh berbagai platform penjualan online adalah barang impor.

Baca Juga : Roadshow UMKM SUARA di Bandung Seru, Peserta: Narsum yang Ada Memberikan Pengalaman Luar Biasa

“E-commerce itu gila, semua barang diimpor,” katanya.

Source: www.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button