Demo BBM Jogja yang dipusatkan di titik nol, Jalan Malioboro, tutup sore ini - WisataHits
Yogyakarta

Demo BBM Jogja yang dipusatkan di titik nol, Jalan Malioboro, tutup sore ini

Jogja

Demo massa mahasiswa yang tergabung dalam gerakan Aliansi Rakyat (Arak) di Yogyakarta menentang kenaikan harga BBM sore ini terfokus pada kilometer nol. Jalan Malioboro ditutup selama demonstrasi.

“Ya warga dan wisatawan Jogja, kami imbau jangan ke Malioboro dulu sore ini. Karena ada aksi massa di sana,” kata Kapolres Yogyakarta Kombes Idham Mahdi saat berbicara, Kamis (15/9/2022).

Menurut dia, petugas kepolisian sudah mengurai kemacetan di Jalan Malioboro. Apalagi bagi pengendara yang sudah lebih dulu memasuki kawasan wisata ikonik Jogja.

“Secara bertahap kami rerouting melalui Jalan Bhayangkara,” jelasnya.

Idham mengatakan dari notifikasi yang diterimanya bahwa demo BBM ini akan dilaksanakan di Kilometer Nol. Namun aksi massa ini sempat terhenti di beberapa titik saat long march dari bundaran UGM siang tadi.

“Rencana aksinya di kilometer nol,” katanya.

Idham menambahkan, untuk mengamankan aksi unjuk rasa ini, pihaknya mengirimkan 450 kolaborator gabungan. Mereka berasal dari beberapa unit Polres Yogyakarta dan Polda DIY.

“Kami mengerahkan 450 karyawan untuk mengamankan aksi tersebut,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, arus lalu lintas di sepanjang Jalan Malioboro tersendat sejak sekitar pukul 14.30 WIB akibat banyaknya aksi unjuk rasa massal BBM. Pengguna jalan yang sudah masuk Jalan Malioboro hanya bisa keluar dari Finnenstrasse. Pasalnya, Jalan Margomulyo ditutup oleh aksi massa.

Sebelum sampai di Malioboro, aksi massa ini menggelar long march dari Bundaran UGM. Kemudian mereka berhenti di Monumen Pal Putih dan kantor Pertamina DIY di Jalan Margoutomo.

Tonton video mahasiswa UGM bakar jaket almamater saat demo kenaikan BBM
[Gambas:Video 20detik]
(saya/saya)

Source: www.detik.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button