Gua Pindul; Tantangan adrenalin dan liburan yang patut dicoba! - WisataHits
Yogyakarta

Gua Pindul; Tantangan adrenalin dan liburan yang patut dicoba!

Gua Pindul;  Tantangan adrenalin dan liburan yang patut dicoba!

Writerpro.com – Bagi Anda yang suka berlibur sambil menantang adrenalin, Anda bisa mencoba spelunking atau spelunking di Gua Pindul. Gua sepanjang 350 meter ini sempat booming dalam beberapa tahun terakhir karena pemandangan indah di dalam bumi.

Selalu ramai dikunjungi wisatawan, objek wisata goa ini terletak di Wonosari, lebih tepatnya di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Wonosari, Gunung Kidul. Untuk mencapainya, setidaknya wisatawan membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari kota Jogja. Meski jaraknya cukup jauh, wisatawan akan terpuaskan dengan segala keindahan goa ini.

Gua Pindul memiliki lebar sekitar 5 meter dan memiliki jarak sekitar 4 meter dari permukaan air ke atap. Sebuah sungai mengalir di dalam gua dengan kedalaman antara 5 hingga 12 meter. Gua ini terbagi menjadi tiga zona yaitu zona terang, zona gelap dan zona gelap.

Untuk menyelesaikan petualangan Gua Pindul, wisatawan harus didampingi pemandu untuk memastikan tidak tersesat dan tetap aman selama kurang lebih 45 menit perjalanan. Maklum, gua bukanlah tempat yang mudah dikenali bagi orang yang baru pertama kali mengunjunginya.

Baca Juga: Tempat Wisata di Banyuwangi yang Menawan dan Eksotis

Karena goa ini cukup unik karena selalu berisi air, maka para caver cukup duduk dan menyusuri goa dengan bantuan ban. Aktivitas gua ini sangat populer dengan istilah “cavetubing”.

Aktivitas goa tracking ini hanya dibuka saat musim kemarau. Hal ini untuk menghindari banjir yang terjadi secara tiba-tiba saat musim hujan. Arus sungainya tenang, jadi yakinlah bahwa tidak hanya aman untuk orang dewasa. Tapi juga untuk anak-anak dan ibu hamil.

Eksotisme goa ini semakin terlihat saat pengunjung berada di tengah-tengah goa. Di mana ada rongga besar. Jika beruntung, Anda akan dihias sinar matahari yang sangat indah dan tidak bisa dilihat di luar gua.

Di gua ini terdapat stalaktit terbesar keempat di dunia. Ukurannya kira-kira seukuran rentang lima tangan orang dewasa. Masyarakat setempat menyebutnya Soko Guru. Terdapat juga stalagtit dan stalagmit aktif yang bisa dijadikan sebagai bahan penelitian bagi para pecinta geoscientific di antara kamu.

Keindahan tempat ini juga terletak pada banyaknya ornamen di sepanjang jalan. Jadi setiap pengunjung pasti menemukan ciptaan Tuhan yang tidak semua orang bisa melihatnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button