6 Pesona Jalan Malioboro, jantung Kota Jogja yang selalu dirindukan banyak orang - WisataHits
Jawa Tengah

6 Pesona Jalan Malioboro, jantung Kota Jogja yang selalu dirindukan banyak orang

PeekLifestyle Celebrities – Berkunjung ke Jogja tanpa ke Jalan Malioboro belum lengkap dan belum lengkap. Tempat wisata di Jogja yang satu ini memang sangat fenomenal dan terkenal di telinga masyarakat luas, tidak hanya di kalangan wisatawan lokal dari luar pulau tetapi juga di kalangan wisatawan mancanegara.

Di kawasan ini, wisatawan tidak hanya bisa membeli berbagai oleh-oleh khas Jogja, tetapi juga melakukan aktivitas lainnya. Bahkan jika hanya duduk diam di halaman di bangku-bangku yang disediakan. Karena meski hanya duduk diam, Anda sudah bisa melihat seperti apa kehidupan di kawasan itu, karena tidak pernah sepi.

Ada orang yang lewat di kawasan ini dan selalu melakukan Jalan Malioboro “khas”. Itulah yang selalu dirindukan Jogja dan Jalan Malioboro. Lalu apa saja pesona yang bisa kamu temukan dengan mengunjungi jalan ini? Berikut informasinya!

1. Rambu Jalan Malioboro

Backpackerjakarta.com

Foto: backpackerjakarta.com

Spot paling didambakan di Jalan Malioboro adalah tanda di jalan. Dari mana pun turis datang, hal pertama yang harus diwaspadai adalah tanda ini. Meski hanya plang sederhana, tapi jika ingin berfoto di sini bisa jadi antrean sangat panjang, apalagi di siang hari. akhir pekan atau liburan.

Di mana saya dapat menemukannya? Rambu-rambu tersebut tersebar di sepanjang Jalan Malioboro. Jadi, tidak hanya satu ya! Jika Anda bertemu kerumunan di lokasi awal, Anda dapat melanjutkan di belakangnya. Sabar saja kalau sudah penuh karena kalau ke Jogja tidak lengkap rasanya kalau tidak bisa memotret tanda ini. Jadi jangan sampai ketinggalan!

2. Benteng Vredeburg

culture.jogjakota.go.id

Foto : Budaya.jogjakota.go.id

Selain berbelanja di pertokoan yang ada di sepanjang Malioboro, Anda juga bisa berwisata keliling kawasan ini. Tempat wisata adalah wisata sejarah Benteng Vredeburg.

Menurut sejarahnya, bangunan yang sarat dengan fitur masa lalu itu menjadi benteng peninggalan Belanda. Awalnya, Sri Sultan Hamengkubuwono I membangun gedung ini pada tahun 1760 untuk menjamin keamanan keraton. Namun, Belanda malah menggunakannya untuk memantau aktivitas di dalam kerato. Di sisi lain, bangunan bersejarah ini merupakan simbol benteng perdamaian sebagai bentuk perdamaian antara Belanda dan keraton.

3. Titik Nol Kilometer Jogja

anterejatour.com

Foto: anterejatour.com

Apa lagi yang ada di Malioboro? Jika Anda berjalan lurus dari arah Stasiun Tugu Jogja, Anda akan menemukan titik nol kilometer Jogja. Ini juga menjadi spot ikonik dan khas saat berkunjung ke Jogjakarta, khususnya di Jalan Malioboro.

Meski tidak banyak hiasan atau aktivitas di sini, tempat ini sering dijadikan spot foto oleh banyak wisatawan. Terutama pada malam hari. Kisaran ini adalah salah satu opsi terbaik untuk dicoba.

Namun, jangan salah! Jika sedang beruntung, biasanya juga ada hiburan budaya berupa atraksi yang bisa menambah kemeriahan suasana di salah satu wisata di Jalan Malioboro ini. Hiburan tentunya menjadi salah satu kesenangan yang banyak dicari pengunjung dari tempat wisata malam ini.

Keuntungan melintasi titik nol kilometer adalah berada di depan alun-alun utara yang sangat strategis.

4. Pasar Beringharjo

home.com

Foto: rumah.com

Ikon lain yang menjadi simbol Malioboro adalah Pasar Beringharjo. Di sini wisatawan bisa membeli oleh-oleh untuk kerabat di kampung halaman. Pilihannya pun beragam, mulai dari pakaian, daster, pernak pernik souvenir, tas bekal dan lain sebagainya.

Tak heran jika pengunjung menjadi sangat ramai di pasar ini mengingat pengunjung Jalan Malioboro sudah begitu ramai. Yang terpenting, Anda tidak perlu khawatir dengan harga karena biasanya cukup terjangkau. Peningkatan kewaspadaan hanya diperlukan saat berbelanja di sini, karena biasanya rawan pencopet atau penculikan.

5. Taman Pintar

gudeg.net

Foto: gudeg.net

Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi di dekat Jalan Malioboro adalah Taman Pintar. Orang luar Jogja juga tahu nama tempat ini karena sangat populer.

Taman Pintar berada di sebelah timur Benteng Vredeburg dan menawarkan wisata edukasi berupa permainan anak. Mulai dari Gedung Oval, Gedung Alun-Alun, Gedung Planetarium, Gedung Pendidikan Anak Usia Dini, Teater 3D dan Kampung Kerajinan yang cocok untuk bermain dan belajar anak.

Wisatawan tidak hanya dapat mengunjungi bangunan-bangunan di tempat ini, tetapi juga melakukan berbagai kegiatan lain seperti pembuatan gerabah, lukisan kaos, roket air dan membatik. Harga untuk mengunjungi kawasan ini berkisar antara Rp 13.000 hingga Rp 50.000. Dengan beragam aktivitas yang ditawarkan, tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk tamasya keluarga. Biasanya jika akhir pekan dan hari libur sangat ramai.

sumber yang berbeda

Foto: berbagai sumber

Tidak hanya surganya berbagai barang pakaian dan aksesoris seperti tas, sandal dan lain sebagainya, Malioboro juga menjadi surga kuliner bagi para pedagang asongan. Ada beberapa jenis kuliner yang tidak boleh Anda lewatkan di kawasan Jalan Malioboro ini. Apalagi setelah Anda lelah berjalan di sekitar jalan ini sambil mencuci mata atau berbelanja.

Dilaporkan oleh Berkunjung ke Jogja Paling tidak, ada beberapa tempat kuliner di Jalan Malioboro yang bisa Anda coba jika berwisata ke sini, apalagi jika Anda keluar pada malam hari. apa pun?

1. Lumpia Samijaya

Lumpia ini bisa menjadi pilihan yang baik bagi Anda yang terbiasa menikmati gorengan yang enak dengan rasa yang gurih. Dipadukan dengan kulitnya yang renyah dan aroma yang sangat menggugah selera, pastikan untuk mencobanya langsung!

Kuah manis yang disajikan dijamin menambah kelezatan jajanan pinggir jalan ini. Cemilan ini bisa menemani harimu yang bisa dibilang cukup melelahkan di Jogja, dan menambah keseruan untuk melanjutkan liburanmu.

Makanan khas Semarang ini terletak di Jalan Malioboro, Nomor 18, Suryatmajan, Danurejan, Yogyakarta. Nah, setelah puas berfoto di persimpangan titik nol dan gedung tua, Anda bisa melanjutkan hari indah menikmati kuliner lezat di sana dengan mencoba lumpia khas semarang ini.

2. Mie ayam Grabya

Jika Anda ingin makan makanan yang lebih berat dari sekadar camilan, Anda mungkin bisa mencoba pilihan kuliner ini. Mie Ayam Geprek ini berlokasi di Jalan Malioboro No. 60, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta.

Selain dua tempat wisata kuliner yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak lagi suguhan lezat yang bisa dieksplor saat berkunjung ke Jalan Malioboro. Seperti yang terlihat dari sejumlah objek wisata di atas, ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan fenomenal ini.

Jogja selalu menawarkan atraksi magis di setiap sudut tempatnya. Tidak hanya di kawasan Jalan Malioboro yang notabene termasuk kota, banyak juga kawasan lain yang membuat Jogja selalu dikenang dan dirindukan. Banyak orang tidak pernah bosan datang ke sini dengan berbagai jenis cerita yang mereka miliki.

Saat sendirian, apa kenangan Anda tentang Jalan Malioboro? Yuk nikmati liburan di kawasan ini! (hai)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button