Dandim 0613/Ciamis mengingatkan generasi muda untuk melestarikan budaya - WisataHits
Jawa Barat

Dandim 0613/Ciamis mengingatkan generasi muda untuk melestarikan budaya

STRATEGINEWS.co, Banjar – Pangdam 0613/Ciamis Letkol Wahyu Alfiyan Arisandi, SIP, MIPol., bersama Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana, S.Pd., MH menghadiri acara Gelar Budaya Cakrabumi di Pusat Wisata Situ Mustika, Purhawarja, Kota Banjar, Jawa Barat, Sabtu (8/6/2022).

Acara tersebut digelar dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah 2022. Selain itu, HUT ke-77 Republik Indonesia diperingati di Kota Banjar.

Beragam seni budaya ditampilkan dalam acara Cakrabumi Mustika Purwadaksi. Mulai dari seni tari, puisi, puisi dan puncaknya adalah pengenalan Iket Cakrabumi.

Dalam kesempatan tersebut, para dandim dan Wakil Walikota Banjar, serta Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banjar menerima kain Iket Cakrabumi dari para penari yang membuka acara. Tak hanya itu, kehadiran dandim beserta rombongan pun disambut dengan sapaan khas Sunda di pintu gerbang area food court oleh Wana Wisata Situ Mustika Banjar.

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Wahyu Alfiyan Arisandi, SIP, MIPol., mengatakan, “Budaya adalah kumpulan ide-ide kreatif, perasaan manusia, yang diharapkan dalam kehidupan. Hidup terasa hampa tanpa seni dan budaya.

“Kami (TNI AD-Kodim 0613/Ciamis) sangat mendukung kegiatan ini. Budaya harus dikembangkan, jangan sampai tergerus oleh budaya asing,” kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi.

Perwira Madya TNI lulusan AKABRI tahun 2003 ini juga mengajak generasi muda untuk tidak melupakan budaya bangsa Indonesia. Fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak anak muda yang lebih memahami budaya asing daripada budaya mereka sendiri.

“Saya mengajak generasi muda untuk terlibat dalam melestarikan dan melestarikan budaya bangsa. Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan?” perintah mantan Komandan Batalyon Infanteri Raider 301 Prabu Kian Santang.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjar H. Nana Suryana, S.Pd., MH mengatakan, pemerintah sangat mengapresiasi acara budaya yang beberapa waktu ini digelar secara maraton di Kota Banjar. Gelar Mustika Purwadaksi Budaya Cakrabumi ini salah satunya.

“Kegiatan ini sekaligus menampilkan kegiatan keagamaan dan nasionalis. Ini adalah cara di Banjar nasionalis dan agama telah datang bersama-sama. Ilmuwan budaya setuju,” katanya.

“Agama, budaya, pemerintahan, nasionalisme menunjukkan bahwa masyarakat Kota Banjar akan berkembang. Ekonomi, budaya, seni tradisional dan modern serta kondusif, satu persatu, satu persatu,” imbuhnya.

Wakil walikota berharap ke depan memiliki simbol atau branding tersendiri yang menggambarkan kota Banjar. Agar masyarakat umum mengetahui secara langsung bahwa kota Banjar adalah Jawa Barat, bukan banjar banjar lainnya.

“Tugas bersama, semoga Banjar punya branding, Banjar Patroman lurus,” pungkasnya.

[mbah memet]

Source: strateginews.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button