Danau Laut Tawar, Wisata Alam Menakjubkan Penuh Misteri di Aceh Tengah - WisataHits
wisatahits

Danau Laut Tawar, Wisata Alam Menakjubkan Penuh Misteri di Aceh Tengah

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Daerah. Aceh Tengah, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Danau Laut Tawar adalah sebuah destinasi yang terletak di ujung utara pulau Sumatera, tepatnya di provinsi Aceh. Tempat wisata alam ini menawarkan panorama yang sangat indah untuk menarik pengunjung yang datang dari dalam maupun luar Aceh.

Masyarakat setempat lebih mengenal objek wisata ini dengan sebutan Lut Tawar yang merupakan kependekan dari Laut Tawar di Aceh Tengah. Danau yang indah ini terbentuk karena peristiwa tektonik vulkanik alami yang terbentuk bersamaan dengan Sesar Semanko.

Selain sebagai tempat wisata, danau ini juga menjadi simbol kebanggaan bagi masyarakat setempat karena juga menjadi sumber pendapatan warga. Oleh karena itu, objek wisata ini sangat dijaga oleh warga sekitar yang menjaga dan menambah fasilitas kawasan danau bagi pengunjung yang datang.

Atraksi Danau Laut Tawar

Hal yang Dapat Dilakukan di Danau Laut TawarKredit Gambar: Sarjana Politik Google Maps

1. Suasana sejuk dan nyaman

Danau Laut Tawar menawarkan udara sejuk dan nyaman dimana tempat ini cocok sebagai pilihan saat anda dan keluarga berkumpul. Danau ini berada di lokasi yang strategis karena dikelilingi oleh pegunungan. Setidaknya danau ini terletak di dataran tinggi di ketinggian 1500 m.

Lokasinya yang berada di ketinggian ini membuat sebagian pengunjung merasa nyaman karena suasananya yang sejuk. tetapi juga banyak pengunjung yang kedinginan, terutama yang tidak tahan dingin. Karena itu, disarankan untuk membawa jaket atau gaun yang cukup tebal agar tidak masuk angin.

2. Ruang hijau

Lut Tawar terletak di daerah pegunungan yang sudah tidak aktif lagi sehingga di sekitarnya ditumbuhi pepohonan hijau. Panorama hijau dan segar ini sangat kontras dengan danau jernih di kawasan pemukiman. Meski diabadikan, tempat ini terlihat seperti lukisan tangan seniman profesional.

3. Danau dengan gua yang unik

Selain menawarkan keindahan alam danau dan pegunungan yang hijau, danau ini juga memiliki gua yang layak untuk dikunjungi. Keberadaan goa ini menjadi daya tarik dan keunikan dari Lut Tawar.

4. Banyak spesies yang hidup di bawah danau

Objek wisata milik Danau Laut TawarKredit gambar: Facebook Wego

Daya tarik yang dimiliki Danau Laut Tawar adalah memiliki keanekaragaman spesies baik di darat maupun di air. Setidaknya ada 37 jenis ikan dan plankton yang hidup di danau tersebut. Sementara itu, satwa liar yang hidup di sana pun tak kalah beragam, beberapa di antaranya adalah 49 jenis serangga dan satwa yang dilindungi seperti orangutan, trenggiling, dll.

5. Danaunya luas dan bersih

Disebut laut sejuk karena danau ini memiliki luas seperti lautan dan air yang tawar atau sejuk. Kawasan danau ini memiliki luas sekitar 5.472 hektar dan panjang sekitar 17 km. Danau ini begitu luas sehingga memiliki pemandangan seperti pantai. Selama ini, beberapa titik memiliki kedalaman yang berbeda tetapi airnya tetap jernih.

6. Memiliki banyak misteri

Tak jauh berbeda dengan destinasi alam lainnya, Danau Laut Tawar juga diselimuti mitos yang beredar di masyarakat. Konon di danau tersebut terdapat putri duyung dan makhluk yang mirip dengan Dracula. Kehadiran makhluk ini dipercaya sebagai penjaga telaga yang mencari darah segar.

Meskipun hanya mitos, banyak orang percaya bahwa mereka menetapkan aturan tertentu. Namun di balik mitos tersebut, danau yang indah ini tidak kehilangan pesonanya karena memiliki banyak kejutan bagi pengunjung.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Danau Laut Tawar

Alamat Danau Laut TawarKredit gambar: Google Maps Azzam Fadhil

Danau Laut Tawar adalah sebuah kawasan wisata alam yang terletak di Aceh, tepatnya di Jalan Raya Takengon, Bintang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Aceh Tengah di Dataran Tinggi Gayo. Danau ini terletak di kawasan pemukiman suku Gayo yang sebagian besar berprofesi sebagai petani dan nelayan.

Padahal, tempat wisata ini berada di kawasan yang strategis karena di sebelah barat danau merupakan ibu kota kabupaten Aceh Tengah yaitu kota Takengon. Rute menuju tempat wisata dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor dari pusat kota Takengon dalam waktu sekitar 10 menit. Sedangkan dari kota Lhokseumawe menuju kota Takengon dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam dengan jarak tempuh sekitar 119 km.

Sepanjang perjalanan, pengunjung bisa mengikuti petunjuk arah menuju danau sehingga tidak perlu khawatir tersesat. Setelah sampai, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke tempat parkir dan akan disambut barisan speedboat di area danau.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama keindahan Danau Laut Tawar, tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena harganya yang sangat terjangkau, sekitar Rp 5.000 per orang. Selain membayar tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat harus membayar biaya parkir sekitar Rp 5.000 untuk roda dua dan Rp 10.000 untuk roda empat.

Selain harganya yang terjangkau, pengunjung juga bisa datang ke tempat ini kapan saja karena buka 24 jam untuk umum. Meski begitu, waktu terbaik untuk menikmati keindahan alam danau dan sekitarnya adalah di pagi hari saat matahari terbit dan cuaca cerah.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Danau Laut Tawar

Aktivitas di Danau Laut TawarKredit gambar: Google Maps Traveloci Story

1. Naik speedboat

Saat pertama kali menginjakkan kaki di kawasan wisata Lut Tawar, pengunjung akan disambut oleh speedboat untuk bergerak mengelilingi danau. Speedboat berkapasitas enam orang ini dimaksudkan untuk memanjakan pengunjung yang ingin menikmati telaga langsung dari kapal. Pengunjung yang tertarik mengendarai speedboat akan dikenakan tarif sekitar 20.000 per orang.

2. Coba kopi Aceh

Datang ke Aceh tentu tidak lengkap jika tidak mencicipi spesialisasi dunianya, Kopi Gayo. Kegiatan menarik ini tidak boleh dilewatkan karena menikmati secangkir kopi etnik legendaris langsung dari tempat asalnya merupakan pengalaman yang menarik. Tanpa lupa ditemani pemandangan alam di sekitar danau yang hijau dan asri.

Selain bisa langsung menikmati secangkir kopi, pengunjung juga bisa bergabung dengan para petani kopi yang memetik kopi dan mengolahnya menjadi ampas kopi. Namun, peluang ini baru bisa diwujudkan saat musim panen tiba, sehingga tidak semua pengunjung bisa melakukannya.

3. Perkemahan

Lokasi danau yang berada di dataran tinggi ini menjadi spot hiking favorit para pecinta alam. Oleh karena itu tidak heran jika di sekitar danau banyak pengunjung yang mendirikan tenda untuk bermalam. Dengan perkemahan ini, pengunjung berkesempatan menikmati keindahan alam di sekitar danau lebih lama, bahkan sampai puas.

4. Memancing

Di Danau Laut Tawar, pengunjung bisa memancing bersama keluarga untuk makan siang. Berbagai jenis ikan di danau ini memang cocok untuk dikonsumsi sehingga pengunjung menjadikannya sebagai pendamping makan bersama keluarga.

5. Berenang

Aktivitas Lain Danau Laut TawarKredit Gambar: Sarjana Politik Google Maps

Berenang adalah kegiatan yang sayang untuk dilewatkan. Air yang jernih dan sejuk merupakan godaan tersendiri, terutama jika datang dalam cuaca panas. Karena danau ini cukup dalam, Anda harus berenang di tepian atau tidak terlalu rata-rata. Dan yang terpenting, jangan lupa membawa baju ganti saat memutuskan untuk berenang di danau ini.

6. Kunjungi kawasan danau

Selain menggunakan perahu, pengunjung juga bisa berkeliling danau dengan jalan santai. Aktivitas ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang mencari ketenangan dan lebih menyukai aktivitas ringan.

7. Perburuan Foto

Panorama Lut Tawar yang menawan menjadikannya sebagai spot foto yang menarik. Pemandangan alam yang indah mulai dari perbukitan, danau hingga pedesaan seakan menjadi daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi wisata alam ini belum banyak diketahui masyarakat, sehingga setiap foto yang diambil merupakan hasil yang sangat berharga.

8. Bersantai di gazebo

Lelah mengejar foto, pengunjung bisa beristirahat di gazebo yang berada di area danau. Selain untuk beristirahat, gazebo juga bisa digunakan sebagai tempat meletakkan tas atau tempat berkumpul dan makan bersama keluarga. Suasana nyaman di sekitar danau disertai dengan pemandangan alam yang indah akan menjadi hari yang sempurna.

Fasilitas yang tersedia di Danau Laut Tawar, Aceh Tengah

Fasilitas Danau Laut TawarKredit gambar: Google Maps Deppie Ixs

Berada di dataran tinggi bukan berarti tidak dilengkapi dengan peralatan dan infrastruktur, justru sebaliknya. Danau Laut Tawar dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai namun belum sepenuhnya lengkap. Beberapa fasilitas tersebut antara lain toilet, mushola dan area parkir kendaraan yang luas.

Bagi pengunjung yang tidak membawa bekal dan ingin mengisi perut tidak perlu khawatir karena di tempat ini sudah banyak terdapat warung yang menjual aneka masakan khas Aceh buatan sendiri. Selain itu, pengunjung yang ingin bermalam di sekitar danau dapat menyewa hostel terdekat yang letaknya tidak jauh dari danau. Fasilitas yang cukup lengkap ini membuat pengunjung betah berlama-lama di objek wisata cantik ini.

Demikian informasi mengenai Danau Laut Tawar atau Lut Tawar yang terletak di Kabupaten Aceh Tengah. Danau yang menjadi kebanggaan suku Gayo ini tidak hanya menjadi objek wisata ciptaan Tuhan tetapi juga sebagai objek rezeki bagi warga sekitar.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button