Wisata Air Panas Unik Danau Linting Penuh Misteri di Deli Serdang - WisataHits
wisatahits

Wisata Air Panas Unik Danau Linting Penuh Misteri di Deli Serdang

Danau Linting merupakan salah satu danau unik di Deli Serdang yang memiliki air hangat yang layak dikunjungi untuk mandi santai. Air danau vulkanik ini juga terkadang berubah menjadi hijau dan biru.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. House of Rih, lingkungan. Sinema Tj. Muda Hulu, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara; Kasus: Cek lokasi

Danau yang juga menjadi objek wisata Deli Serdang ini memiliki bentuk melingkar yang terletak di kawasan perbukitan dan luasnya mencapai 1 ha. Wisatawan yang berkunjung ke sana bisa menghabiskan waktu menikmati airnya yang jernih. Danau Linting akan menawarkan keindahan dan keunikannya yang dapat membuat Anda nyaman saat mengunjunginya.

Nama Linting yang melekat pada danau ini terinspirasi dari bentuk kawasan yang berbentuk lingkaran sempurna. Danau ini juga bisa dikategorikan sebagai danau vulkanik karena dapat mengeluarkan kandungan belerang yang didukung oleh lokasinya yang berada di puncak gunung.

Wisatawan yang berkunjung ke Danau Linting bisa menghabiskan waktu dengan kegiatan seru yang tersedia di sana. Ada juga fasilitas penunjang yang bisa Anda temukan di sana, seperti mushola, tempat parkir yang cukup luas, serta warung makan dan minum.

Atraksi Danau Linting

Atraksi Danau LintingKredit gambar: Google Maps Alden Juntak

Danau ini terkenal dengan airnya yang berwarna biru kehijauan dan dalam. Lingkungan sekitar masih asri dikelilingi pepohonan rindang yang cocok sebagai spot foto untuk mengenang liburan anda disana. Banyak pengunjung juga datang untuk menikmati air panas yang berasal dari pengecoran belerang.

1. Suhu air panas

Danau yang tergolong vulkanik ini memiliki suhu air yang cukup hangat berkisar antara 30 derajat Celcius. Air panas di danau ini terjadi karena kandungan belerang aktif yang tercampur di dalam airnya memberikan suhu air yang hangat.

Meski terdapat kandungan belerang aktif di danau ini, namun aromanya tidak terlalu menyengat untuk Anda nikmati keindahan alamnya yang menyejukkan.

2. Spot foto keren

Dengan airnya yang jernih dan gradasi warna antara hijau dan biru, Danau Linting sering dijadikan spot foto oleh pengunjung. Selain danau yang memamerkan keindahannya, juga terdapat pepohonan rindang yang menambah kesan alamnya yang semakin asri.

Untuk berfoto di sana, pengunjung juga harus memperhatikan cuaca. Saat hujan, akan ada kabut di sekitar danau ini. Momen ini bisa membuat hasil foto Anda kurang maksimal, karena berada di ketinggian yang membuat cuaca berubah-ubah.

3. Pepohonan yang rindang

Terdapat juga deretan pepohonan rindang yang mengelilingi kawasan Danau Linting, yang menambah kesan bahwa tempat wisata ini sangat layak untuk dikunjungi. Pepohonan yang rindang juga memberikan efek kesejukan pada kawasan wisata danau ini sehingga wisatawan dapat dengan nyaman menghabiskan liburannya di sana.

Pepohonan di sekitar danau terdiri dari pohon beringin berukuran cukup besar dan ada beberapa pohon lain yang semakin menghijaukan kawasan tersebut.

4. Sejarah danau

Pada awalnya, kawasan yang kini menjadi danau vulkanik ini hanyalah kawasan pegunungan biasa. Danau ini juga terbilang baru untuk umum selama 3 tahun.

Berdasarkan cerita masyarakat di sana, pertama kali ada suara benturan keras yang terjadi di kawasan sekitar bukit yang juga dirasakan oleh masyarakat sekitar. Namun, beberapa saat setelah suara itu menghilang, ternyata kawasan yang tadinya perbukitan itu berubah menjadi danau vulkanik yang memiliki perpaduan warna air yang sangat menawan.

5. Kedalamannya tidak diketahui

Hal yang menarik dari kawasan Danau Linting adalah kedalamannya yang tidak diketahui. Ada cerita bahwa peneliti mencoba mengukur kedalaman danau vulkanik ini menggunakan alat yang bisa mengukur hingga 100 meter. Namun, alat yang diselipkan di tengah danau tidak pernah menyentuh dasarnya.

Hal ini membuat danau indah ini tidak direkomendasikan sebagai area berenang karena takut menimbulkan korban jiwa. Meski air panas bercampur belerang masih memikat pengunjung untuk mandi di dalamnya, mereka hanya diperbolehkan mandi di sana di tepi danau yang masih terdapat bebatuan yang sangat dangkal.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi Danau Linting

Alamat Danau LintingKredit Gambar: Google Maps Itcan Nasution

Wisata alam ini terletak di Sumatera Utara, Kecamatan Sinembah Tanjung Mudan, Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk mengunjungi lokasi wisata ini, disarankan untuk melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi sehingga Anda bisa sampai di sana tanpa harus berjalan cukup jauh dari jalan utama menuju danau.

Dalam perjalanan menuju lokasi, Anda juga akan melewati Jembatan Gantung Lau Luhung yang sudah ada sejak tahun 1979. Jembatan ini memiliki ketinggian sekitar 150-200 meter dan panjang hingga 160 meter. Jembatan ini sangat indah dengan arsitekturnya yang kokoh didukung dengan pemandangan hutan di bawahnya membuat perjalanan Anda semakin nyaman.

Sekitar 30 menit dari Danau Linting, ada juga air terjun yang dinamai Pelangi. Wisata ini juga memiliki keindahan alamnya yang masih cukup asri dan akses masuknya bisa dibilang mudah.

Wisata air terjun ini bisa anda jadikan pilihan setelah mengunjungi danau ini agar anda memiliki pengalaman jalan-jalan di Sumatera Utara yang tidak kalah seru. Lokasinya berada di Desa Tanjung Timur, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda. Disini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang seperti mushola, camping ground, toilet dan tempat parkir yang memadai.

Berjarak 200 meter dari lokasi danau, juga terdapat tiga menara Goa yang tak kalah indahnya. Gua-gua ini terkenal dengan kisah-kisah legendarisnya yang telah ada dari waktu ke waktu, sehingga sangat layak untuk dikunjungi saat Anda berada di sana. Untuk biaya pendaftaran, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rp 7,00 per orang.

Meskipun ada juga angkutan umum yang berangkat dari terminal umum Amplas Medan dan bisa mengantar Anda ke wisata Danau Linting ini. Namun jika menggunakan angkutan umum harus berjalan kaki terlebih dahulu karena titik pemberhentian angkutan umum cukup jauh.

Untuk waktu yang ditempuh jika berangkat dari Kota Medan akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan melalui beberapa daerah pedesaan.

Harga Tiket Masuk Danau Linting Deli Serdang

Tiket Danau LintingKredit gambar: Google Maps Nuwailah Noah

Tempat wisata ini masih belum dikelola secara optimal sehingga untuk masuk ke dalamnya cukup membayar Rp 5.000 per orang. Dengan membayar harga tersebut, Anda bisa menikmati wisata yang menampilkan keindahan berpadu dengan hangatnya air danau.

Bagi Anda yang pergi ke sana dengan kendaraan pribadi, Anda harus membayar biaya parkir sebesar Rp 10.000 bagi Anda yang membawa kendaraan roda 4 dan Rp 5.000 bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda 2.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Danau Linting

Aktivitas Danau LintingKredit Gambar: Google Maps Zainuddin siregar

Selama kunjungan Anda, Anda akan disuguhi kegiatan menarik yang dapat membuat liburan Anda berkesan. Keindahan pesona alam di sana bukan hanya hal yang paling menarik, namun Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik saat berkunjung ke Danau Linting sebagai berikut.

1. Berenang di tepi danau

Diketahui kedalaman danau ini masih belum ditemukan angka pastinya. Diperkirakan kedalamannya lebih dari 100 meter, sehingga wisatawan dilarang berenang ke tengah danau.

Air di danau ini juga telah dicampur dengan belerang yang dapat membantu sebagai terapi untuk menutrisi kulit Anda. Dengan berendam di dalamnya, Anda juga bisa menghangatkan tubuh karena letaknya yang berada di pegunungan.

2. Naik ayunan

Dengan banyaknya pepohonan rindang di sekitar objek wisata alam yang indah ini, pengelola telah memasang beberapa ayunan yang menempel di batang pohon tersebut. Anda bisa berayun di dalamnya sambil mengagumi indahnya dasar perairan dengan warna hijau dan biru yang berpadu, menjadikannya kombinasi yang sempurna untuk liburan.

Ayunan yang tersedia di sana terletak di tepi danau sehingga saat Anda menginjak ayunan tersebut, kaki Anda secara tidak langsung menyentuh hangatnya air Danau Linting. Suasananya yang selalu asri seakan membuat Anda serasa berada di negeri dongeng yang indah.

3. Piknik

Di sini, pengunjung diperbolehkan untuk mengatur tempat duduk mereka dan menikmati pemandangan yang menakjubkan di depan mata mereka. Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu bersama bersantai atau makan bersama duduk di bawah pohon rindang yang terasa sejuk dan menghadap ke Danau Linting.

Ada juga area lounge yang disewakan yang berguna bagi Anda yang ingin menikmati suasana alam yang istimewa namun lupa membawa permadani dari rumah. Ada dua jenis kursi yang disewakan, yaitu ukuran sedang dan besar. Untuk ukuran sedang, Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 sedangkan untuk ukuran besar dikenakan biaya Rp 20.000.

Fasilitas yang tersedia di Danau Linting Deli Serdang

Fasilitas Danau LintingKredit gambar: Google Maps Heryanto Sun

Ada beberapa fasilitas yang disediakan pengelola sebagai tempat untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Menawarkan fasilitas berupa tempat makan yang menyajikan berbagai jenis makanan yang bisa dinikmati sambil bersantai dengan pemandangan indahnya air danau.

Selain tempat makan, ada juga beberapa gazebo yang bisa didirikan untuk berteduh dan bercengkrama dengan keluarga. Dilengkapi juga dengan water view yang seakan-akan membuat mata kita tidak bosan untuk memandangnya setiap saat.

Ada juga beberapa hostel yang bisa Anda kunjungi saat Anda membutuhkan tempat untuk bermalam. Namun akomodasi yang tersedia hanya akomodasi budget yang tidak semewah hotel bintang lima. Memang belum ada pengembangan profesional pariwisata Danau Linting baik oleh pemerintah maupun investor swasta.

Toilet umum juga tersedia bagi Anda yang menghabiskan waktu mandi di tepi danau ini. Instalasi ini sangat bermanfaat karena fungsinya sangat vital sebagai penunjang tempat wisata ini agar dapat terus menjaga kebersihannya.

Jika Anda mengunjungi danau eksotis ini dengan kendaraan pribadi, jangan khawatir karena tersedia juga tempat parkir yang sangat memadai. Tempat parkir mobil dapat menampung baik kendaraan roda dua maupun roda empat yang Anda bawa ke sana.

Bagi Anda yang berkunjung ke Sumatera Utara, ada banyak tempat wisata yang harus Anda masukkan dalam daftar liburan Anda. Termasuk Danau Linting yang memiliki sejarah dan keindahan yang unik berpadu dengan hangatnya air danau.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button