Tiket dan Atraksi PANTAI NGOBARAN Gunungkidul - WisataHits
wisatahits

Tiket dan Atraksi PANTAI NGOBARAN Gunungkidul

Tiket dan Atraksi PANTAI NGOBARAN Gunungkidul

Harga tiket masuk Pantai Ngobaran : Rp 5.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Kanigoro, Sapto Sari, Gunung Kidul, DI Yogyakarta, Indonesia, 55871.

Di Yogyakarta, keindahan alam tersaji indah dengan kekayaan budaya lokal. Perpaduan tersebut menghasilkan destinasi wisata yang menarik dan tidak biasa. Seperti yang bisa dilihat di Pantai Ngoba terletak di lingkungan Gunungkidul.

Pantai Ngobaran merupakan pantai yang tidak hanya memiliki keindahan alam. Di sini, wisatawan bisa menyaksikan ritual keagamaan Hindu. Kehadiran sejumlah candi dan arca juga menambah keunikan tersendiri tempat wisata ini.

Baca: TEMPAT WISATA DI JOGJA: 49 Destinasi Anti Mainstream

Tiket masuk Pantai Ngobaran

Jika ingin berkunjung ke pantai ini, wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tiket masuknya relatif sangat murah dan tentunya terjangkau untuk semua kalangan. Ada biaya tambahan bagi yang ingin berfoto di spot foto yang tersedia.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp5.000

Baca: PANTAI INDRAYANTI Gunung Kidul: Tiket Masuk dan Aneka Pesonanya

Jam buka pantai

Pantai Ngobaran selalu dibuka untuk umum selama 24 jam. Menjelang festival Hindu, biasanya ada ritual khusus. Wisatawan tentunya bisa menyaksikan hal tersebut saat berkunjung ke sini.

Jam operasional
selasa-minggu 24 jam
Senin TUTUP

Eksotisme pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran sepiPantai Ngobaran merupakan destinasi wisata alam, budaya dan religi yang menarik – Foto: Google Maps/Evelyn Firda

Memiliki ukuran yang kecil, pantai ini lebih cocok jika disebut pantai mini. Bentuknya hanya berupa tanah berpasir di antara tebing-tebing yang menjulang tinggi.

Namun jangan salah, wisatawan yang berkunjung ke sini tidak sengaja mencari pantai. Yang menarik justru rangkaian bukit dan tebing yang mengelilingi pantai ini. Banyak yang datang hanya untuk menikmati panorama laut dari atas tebing. Selain itu, pantai ini juga menjadi tempat untuk melakukan berbagai ritual keagamaan dan budaya.

Baca: Tiket Masuk Glazed Deck Pantai Nguluran dan Wahana Unik

Gerbang dan Patung

Arca dan Arca di Gerbang Pantai NgobaranBeberapa arca dan pahatan menghiasi gerbang pantai Ngobaran – Foto: Google Maps/Henri Thomas

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Pantai ini berada di sebelah pantai Nguyahan. Keduanya terletak di sepanjang Jalan Ngobaran yang dihiasi dengan kios-kios.

Menemukan lokasi pantai Ngobaran tidak terlalu sulit. Di pinggir jalan, ada jalan setapak yang mengarah ke sebuah taman. Taman ini memiliki gaya arsitektur yang akan mengingatkan Anda pada suasana Bali. Gerbangnya menyerupai pintu masuk sebuah kuil, dengan patung-patung dewa berserakan.

Baca: Tiket Masuk Pantai Drini dan 10 Aneka Aktivitas

Pantai Toleransi

Yang disebut pantai Ngobaran adalah pantai yang terletak di bawah tebing. Panjang garis pantai tidak melebihi 1 kilometer, bahkan mungkin kurang. Pasirnya putih dan ditutupi dengan permukaan batu.

Tanah berpasir tidak begitu luas. Batuan yang dipenuhi alga hijau berjejer di laut lepas. Ombaknya yang kecil dan tenang memberikan suasana tenang dan damai.

Menariknya, pantai kecil ini menjadi tempat pertemuan beberapa tempat ibadah. Musholla, kuil, dan tempat pemujaan dibangun berdekatan satu sama lain di kawasan ini. Mushola kecil untuk kebutuhan pengunjung Muslim. Sedangkan pura dan tempat suci merupakan tempat peribadatan umat Hindu dan Kejawen dari berbagai daerah.

Baca: Pesona Pantai KRAKAL dengan pasir putih dan berbagai aktivitasnya

Wisata religi

Candi MojodipoSalah satu tempat ibadah di kawasan pantai Ngobaran yaitu pura Mojodipo – Foto: Google Maps/Endru Lovandarta

Kadang-kadang, umat Hindu dan Kejawen dari berbagai daerah datang ke sini. Mereka mengadakan ritual di pantai atau pemujaan di pura dan pura. Pura Segara Wukir merupakan tempat pemujaan bagi umat Hindu. Selama ini, pengikut Kejawen biasanya bersemedi di Candi Moyodipo.

Dengan ketiga bangunan tersebut, Pantai Ngobaran menjadi semakin istimewa. Wisatawan dapat menyaksikan kegiatan ritual dan pemujaan masing-masing suku. Namun, mereka tidak dapat saling mengganggu atau bahkan menghalangi prosesi acara.

Baca: PANTAI INDRAYANTI Surga di Laut Selatan

Selfie di atas tebing

Paviliun tempat fotoTempat selfie berbentuk platform di atas batu – Foto: Google Maps/Masayu Bella

Saat berkunjung ke Ngobaran, jangan lupa untuk mengambil beberapa foto kenang-kenangan. Untuk melengkapi keseruan hunting foto, pihak pengelola juga menawarkan sejumlah spot foto yang menarik. Semuanya berada di tepi tebing dan menghadap ke laut lepas. Dengan begitu, wisatawan memiliki banyak pilihan tempat untuk berfoto dengan panorama laut yang indah.

Spot foto ini hadir dalam berbagai bentuk, seperti dek kapal di tepi tebing. Tempat ini juga sering menjadi tempat berfoto sebelum pernikahan. Bagi yang ingin menggunakan jasa foto profesional, berbagai biaya jasa juga tersedia di sini.

Baca: Tiket Masuk PANTAI TIMANG Wahana dan Aktivitas

Pantai Nguya

Berjemur di Pantai NguyahanSuasana Pantai Nguyahan tenang dan menyenangkan – Foto: Google Maps/Amelia Okta

Wisatawan memang tidak bisa terlalu bebas bermain di Pantai Ngobaran. Jika ingin bebas bermain ombak, pengunjung bisa upgrade ke Pantai Nguyahan. Pantai “tetangga” ini cukup luas untuk dijadikan tempat rekreasi mandi.

Seperti pantai lainnya di Yogyakarta, Pantai Nguyahan memiliki pasir putih. Lautnya tampak biru kehijauan dihiasi sejumlah batu karang di salah satu sudutnya. Di sekitar pantai berdiri warung-warung yang dilengkapi gazebo untuk beristirahat. Sambil menunggu matahari terbenam, pengunjung di sini bisa mengisi perut.

Baca: Tiket Masuk HEHA SKY VIEW Gunungkidul dan Aneka Aktivitas

Reda

Kawasan wisata Pantai Ngobaran dilengkapi dengan sejumlah fasilitas yang lengkap dan memadai. Ada tempat parkir yang luas, mushola, serta kios dan toilet umum yang tak terhitung jumlahnya.

Lokasi Pantai Ngobaran

Obyek wisata pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta dibutuhkan waktu sekitar dua jam dengan jarak tempuh sekitar 60 kilometer. Akses jalan menuju pantai ini sangat baik dan dapat digunakan oleh kendaraan kecil hingga besar.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button