Pantai Sine Tulungagung - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Sine Tulungagung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Sinussalah satu pantai terbaik untuk dikunjungi di Tulungagung. Pantai yang berbentuk teluk ini memiliki pesona alam yang indah.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sinus, Kalibatur, Kec. Kalidawir, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau di Indonesia yang memiliki banyak keunggulan seperti seni, budaya, kekayaan alam, tempat wisata dan lain-lain. Salah satu kelebihan yang dibanggakan pulau jawa adalah tempat wisata alam yang sangat indah. Salah satu wisata alam yang dibanggakan pulau ini adalah Pantai Sine.

Pantai indah ini terletak di salah satu kota di Jawa Timur yaitu Tulungagung. Kota Tulungagung memiliki banyak wisata alam yang menakjubkan seperti Pantai Brumbun, Pantai Molang dan masih banyak wisata lainnya yang bisa Anda temukan. Namun, Pantai Sine memiliki kekhasan tersendiri, sehingga sangat populer di kalangan wisatawan.

Tempat wisata ini berisi informasi yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk menghabiskan liburan Anda di sana. Berikut adalah beberapa informasi tentang pantai.

Aktivitas di Pantai Sine

Aktivitas di Pantai SineKredit gambar: Google Maps Mitha Heny

1. Salah satu pantai terbaik di Tulungagung

Keindahan tempat wisata ini memang tak terbantahkan. Pesona wisata ini selalu berhasil menarik banyak orang untuk datang dan melihat salah satu mahakarya Tuhan yang paling menakjubkan. Sangat disarankan untuk datang ke tempat ini jika ingin merasakan ketenangan selama liburan. Suasana tenang mampu membuai Anda untuk tidur karena kenyamanan yang dihasilkannya.

Pantai Sine memiliki pemandangan seperti teluk. Anda dapat menemukan mata air yang sangat alami di tebing di sisi utara pantai. Anda bisa merasakan sejuk dan dinginnya air di tempat ini.

Banyak orang juga menyebut tempat ini sebagai Kota Tulungagung Bali. Keindahan dan keunikannya bisa dibilang sama atau lebih dari pantai-pantai di pulau Bali. Oleh karena itu tidak heran jika tempat wisata ini termasuk salah satu pantai terbaik di Tulungagung yang sayang untuk dilewatkan.

2. Pertunjukan yang sering terjadi

Tempat wisata ini sering mengadakan beberapa pertunjukan seperti wayang kulit. Tidak hanya wayang kulit, Anda juga bisa menemukan beberapa pertunjukan tradisional yang sangat menarik untuk ditonton. Hal ini dilakukan oleh pihak pengelola untuk melestarikan budaya tradisional yang semakin tergerus oleh waktu.

Jika ingin melihat pertunjukan tradisional di pantai ini maka datanglah pada hari besar penanggalan jawa seperti suro. Dengan menonton acara ini, Anda akan dapat memperoleh lebih banyak pengetahuan tentang budaya Indonesia yang diturunkan dari nenek moyang kita. Tidak hanya turis lokal saja yang menyaksikan, turis asing juga pernah melihat acara ini.

3. Simpan misterinya

Pantai Sine adalah salah satu pantai selatan. Oleh karena itu tidak heran jika tempat wisata ini diselimuti aura mistis. Aura mistis ini datang dari Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan.

Pada hari dan tanggal tertentu, masyarakat setempat melakukan beberapa tradisi seperti larung servi, wayang kulit dan lain-lain. Menurut kepercayaan setempat, jika tradisi ini tidak diikuti, bencana besar akan terjadi dan nelayan akan mendapatkan hasil laut yang lebih sedikit.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Sine

Alamat pantai SineKredit gambar: Google Maps Galih Fajar Antasari

Akses menuju pantai ini cukup mudah. Ada dua jalur yang bisa digunakan untuk menuju lokasi tempat wisata ini.

Anda bisa menggunakan jalur pertama jika ingin menggunakan jalur yang mudah. Anda bisa menuju perempatan Gragalan, lalu belok kiri dan lurus terus sepanjang jalur yang ada hingga tiba di kabupaten Kalidawir di Jawa Timur. Dari kecamatan ini Anda bisa langsung menuju Pantai Sine dengan mengikuti petunjuk arah yang sudah tersedia di jalan.

Jika Anda datang dari Tulungagung, Anda bisa mengambil jalur kedua yaitu Pasar Campur Darat. Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju traffic light Pasar Campur Darat. Belok kiri dan lanjutkan perjalanan menuju desa Ngenrong. Setelah itu, Anda melanjutkan ke kecamatan tanggung Gunung dan memilih jalur menuju Pantai Sine.

Harga untuk bisa menikmati keindahan pantai ini sangatlah murah. Anda hanya perlu membayar Rp 10.000 per orang. Harga ini juga dapat berubah sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan sesuai dengan kebijakan pengelola. Oleh karena itu, jauh sebelum Anda pergi, Anda harus meneliti informasi harga terbaru.

Anda juga perlu menyiapkan dana untuk membayar biaya parkir. Biaya parkir cukup murah, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan biaya dan keamanan kendaraan Anda. Perlu diingat juga bahwa pada akhir pekan atau hari libur panjang harga akan lebih tinggi dari harga tiket weekday.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sine

Aktivitas menarik di pantai SineKredit gambar: Google Maps Dhewi Khyntan

Liburan ke pantai selalu memberi Anda banyak kesempatan untuk melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan dan tidak membosankan. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini.

1. Nikmati makanan laut

Jangan khawatir tentang makanan yang dijual di pantai. Kios-kios lokal ini dapat menawarkan hidangan lezat yang belum pernah Anda cicipi sebelumnya. Dengan harga yang cukup murah, Anda bisa mencoba aneka seafood yang enak.

Di dekat pantai juga ada pelelangan ikan sehingga Anda bisa memilih ikan yang ingin Anda makan. Ada berbagai jenis makanan laut yang dijual, sehingga Anda mungkin akan bingung memilih menu yang sesuai dengan selera Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk meminta rekomendasi dari penjual lokal yang akan ramah untuk menjawabnya.

2. Ambil gambar

Ada banyak tempat menarik yang bisa kamu abadikan dalam foto. Bentuk pantai ini saja sudah menarik, jadi Anda bisa fokus saja ke pantainya. Namun, Anda juga bisa menjelajahi tempat lain jika penasaran dan ingin mencari sesuatu yang berbeda. Pemandangan di sekitar pantai pun tak kalah menarik, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Selain itu, Anda juga dapat mengambil foto berbagai pertunjukan yang diselenggarakan oleh Pantai Sine. Jika Anda ingin ikut melestarikan budaya ini, ambil foto dan unggah ke akun media sosial Anda agar banyak orang yang akhirnya tahu tentang berbagai budaya dan tradisi yang terjadi di pantai ini.

3. Bermain air atau berenang

Tentu saja, aktivitas yang bisa Anda lakukan di liburan pantai adalah berenang. Kawasan wisata ini tidak terlalu berbahaya sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun, Anda juga perlu membawa perlengkapan dan pakaian renang dari rumah karena akan sulit menemukan tempat yang menjual atau menyewakan barang-barang tersebut.

4. Menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam

Pantai Sine adalah tempat yang sangat cocok untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Oleh karena itu, banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong ke tempat wisata ini saat matahari terbit dan terbenam.

Suasana romantis yang tercipta saat matahari terbenam dan matahari terbit sangat digemari oleh pasangan, terutama anak muda dan wanita. Banyak orang juga yang melamar di tempat ini karena menurut mereka pantai yang populer ini sangat indah dan bisa membantu mereka menciptakan suasana romantis saat melamar pasangannya.

5. Perkemahan

Di kawasan wisata ini terdapat bumi perkemahan. Oleh karena itu, Anda bisa membawa perlengkapan camping dari rumah atau menyewanya jika tidak memilikinya agar bisa bermalam di pantai ini.

Tempat favorit wisatawan yang ingin berkemah adalah di dekat pasar ikan karena suasananya yang ramai dan penduduknya yang banyak. Ditambah lagi, areanya juga cukup luas, jadi cocok untuk kamu yang membawa banyak teman atau keluarga.

Penginapan murah dekat pantai Sine

Penginapan murah dekat pantai SineKredit Gambar: Google Maps Embe Wank

Ada beberapa hostel yang bisa Anda pertimbangkan sebagai tempat menginap Anda selama liburan di tempat wisata ini. Berikut adalah beberapa hostel di sekitar pantai ini.

1. Homestay di tepi sungai

Hostel ini terletak di Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Homestay ini memiliki konsep syar’i dan merupakan salah satu akomodasi terbaik di dekat Pantai Sine.

Anda akan mendapatkan keuntungan dari beberapa fasilitas seperti AC, ruang tamu, wifi, kulkas, dapur, tempat parkir yang luas dan lain-lain. Harga homestay ini mulai dari Rp 350.000,00 per malam.

2.Swaloh Resort & Spa

Hostel ini terletak di kawasan Bendungan Wonorejo Kabupaten Tulungagung. Selain sebagai tempat bermalam, tempat ini juga memiliki fasilitas resort dan spa yang bisa membuat liburan Anda semakin memuaskan.

Anda akan mendapatkan keuntungan dari beberapa fasilitas umum seperti layanan kamar 24 jam, parkir yang luas, wifi, restoran dan bahkan tur gratis. Harga per malam untuk menginap di tempat ini mulai dari Rp 280,000.00.

3. Penginapan Incast

Hostel ini terletak di Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang lebih nyaman tinggal di hostel.

Anda akan mendapatkan keuntungan dari beberapa fasilitas umum seperti AC, wifi, teras yang nyaman dan lain-lain. Tarif mulai dari Rp 260.000 per malam akan dikenakan.

4. Wisma Sultan

Wisma ini berada di Kecamatan Tulungagung, Kabupaten Tulungagung. Tempat ini adalah salah satu B & Bs terbaik di daerah.

Terdapat beberapa fasilitas seperti restoran, AC, resepsionis 24 jam, wifi, tempat parkir yang luas dan lain-lain. Apalagi harganya cukup murah mulai dari Rp 150.000,00 per malam.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Sine Tulungagung

Fasilitas Pantai Sine TulungagungKredit gambar: Google Maps dwi fauzan

Fasilitas yang disediakan pengelola tempat wisata ini cukup lengkap. Terdapat mushola yang bisa digunakan oleh wisatawan muslim. Tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk menyimpan kendaraan pengunjung. Ditambah lagi ada lapak dan pelelangan untuk kamu yang ingin berwisata kuliner.

Selain itu, terdapat kamar mandi yang cukup bersih sebagai tempat berkumur atau sekedar buang air kecil dan besar. Jangan lupa untuk menyiapkan uang terlebih dahulu sebelum menggunakan fasilitas sanitasi karena dikenakan biaya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena harganya cukup murah dan masuk akal.

Beberapa informasi di atas bisa Anda jadikan referensi sebelum berlibur ke Pantai Sine Tulungagung. Ingatlah untuk membawa peralatan yang Anda butuhkan karena harga di daerah wisata pasti akan tinggi dibandingkan dengan toko di daerah tempat tinggal kita. Jangan lupa untuk melindungi diri dari tindakan yang merugikan pantai.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button