Dampak Beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta Baru Terhadap Pengusaha Seafood Kitchen di Pantai Glagah - WisataHits
Yogyakarta

Dampak Beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta Baru Terhadap Pengusaha Seafood Kitchen di Pantai Glagah

Dampak Beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta Baru Terhadap Pengusaha Seafood Kitchen di Pantai Glagah

JATITIMESKehadiran mega proyek bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) menjadi pendorong utama pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di Kabupaten Kulon Progo. Sejak bandara NYIA mulai beroperasi, terjadi peningkatan kunjungan yang signifikan ke destinasi wisata, khususnya objek wisata Pantai Glagah. Hal inilah yang mendasari terbentuknya komunitas UMKM sehingga kini banyak dijumpai restoran kuliner di Pantai Glagah yang menyajikan aneka olahan hasil tangkapan laut.

“Dengan banyaknya wisatawan yang berbondong-bondong ke Pantai Glagah dan lokasinya yang strategis, saya memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka restoran sekaligus menggairahkan pasar kuliner di sini. Di sini juga tersedia berbagai macam olahan ikan dan sayuran,” kata Yu Gun, salah satu pemilik Restoran Seafood Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat, 13 September 2022.

Sebelum melihat keindahan pemecah gelombang dan indahnya sunset di Pantai Glagah. Wisatawan akan menemukan beberapa gerai di sepanjang jalan mulai dari pakaian, jajanan, aksesoris hingga kuliner seafood terbaru.

“Mengunjungi Pantai Glagah sangat ramai di sore hari. Apalagi setelah mengoperasikan bandara NYIA yang ditutup karena pandemi. Banyak sekali turis dari luar daerah yang mampir. Pengunjung juga mengunjungi boomen restoran kami pada akhir pekan atau hari libur panjang. Kami berharap jumlah pengunjung kami akan terus meningkat, yang selanjutnya akan meningkatkan penjualan bagi pedagang di sekitar Pantai Glagah,” tambahnya.

Tak hanya para pedagang, para nelayan di pantai Glagah pun merasakan peningkatan penjualan. Mereka mengantarkan hasil tangkapannya ke pedagang kuliner sehingga sama-sama bekerja sama dan saling menguntungkan. Sehingga keduanya dapat mendorong perekonomian dengan terjalinnya kerjasama ini.

Penulis Skenario: Salma Salsabila Iswandari dan Ignatius Soni Kurniawan

(Universitas Tamansiswa Sarjanawiyata)

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari JatimTIMES.com. Ayo gabung di grup Telegram, klik link Telegram JatimTIMES lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.malangtimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button