Daftar 9 gunung berlabuh atas nama perkeretaapian di Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

Daftar 9 gunung berlabuh atas nama perkeretaapian di Indonesia

Gunung Ciremai merupakan gunung berapi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 mdpl, menjadikan gunung ini tertinggi di Jawa Barat. Kemasyhurannya juga membuat KAI mendapatkan namanya sebagai kereta api kelas ekonomi dan eksekutif campuran untuk rute Bandung – Semarang Tawang yang mulai beroperasi pada 28 September 2013.

7. Kereta Api Cikuray (Garut – Pasar Senen PP)

Gunung Cikuray merupakan gunung bertipe stratovolcano di Jawa Barat dengan ketinggian 2.821 mdpl. Sekitar abad ke-17, lereng Gunung Cikuray menjadi mandala, pusat pertapaan para pendeta dan aktivitas juru tulis kerajaan Pajajaran. Nama gunung ini digunakan dalam Kereta Api Subsidi (PSO) hubungan Garut – Pasar Senen dan menjadi tonggak dibukanya kembali jalur kereta api di Garut setelah menganggur selama 40 tahun.

8. KA Pangrango (Bogor – Sukabumi PP)

Gunung Pangrango terletak di Jawa Barat dengan ketinggian 3.019. Puncaknya disebut Puncak Mandalawangi dan juga merupakan titik pertemuan perbatasan tiga kabupaten Bogor, Vianjur dan Sukabumi. Namanya digunakan sebagai kereta api campuran jalur Bogor – Sukabumi yang mulai beroperasi pada 9 November 2013.

9. KA Rajabasa (Tanjungkarang – Kertapati PP)

Gunung Rajabasa adalah gunung berapi di Lampung. Ini memiliki puncak selebar 500 x 700 meter dengan bagian tanah berawa dan gunung berapi ditutupi dengan berbagai vegetasi. Nama gunung ini diadopsi sebagai nama kereta api kelas ekonomi Tanjungkawang – Kertapati dengan tarif subsidi (PSO).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button