Program English Teaching Village telah memecahkan dua rekor MURI - WisataHits
Jawa Timur

Program English Teaching Village telah memecahkan dua rekor MURI

Atraksi ini dapat menarik lebih banyak siswa dari luar untuk belajar di desa ini

Kediri (ANTARA) – Program Kampung Berbahasa Inggris (KIM) yang digagas oleh Forum Kampung Bahasa (FKB) Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur memecahkan dua rekor di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Humas KIM Agus Tri Winarso menjelaskan bahwa program English Teaching Village merupakan program pelatihan bahasa Inggris bagi pedagang kaki lima, tukang ojek, pemilik kost dan masyarakat lokal lainnya di Kampung Inggris, Pare.

“Dengan cara ini, diharapkan semua lapisan masyarakat di Kampung Inggris dapat menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari dan mengenalkan kembali Kampung Inggris di luar daerah, sehingga atraksi ini dapat membawa lebih banyak pelajar dari luar ke kampung ini untuk belajar, juga memutar roda perekonomian. “Memajukan masyarakat Pare khususnya dan Kabupaten Kediri umumnya,” ujarnya di Kediri, Sabtu (26/11).

Program English Teaching Village tahun 2022 akan diikuti oleh ribuan warga desa Tulungrejo dan Pelem di kabupaten Pare yang terbagi dalam 60 rombongan belajar. Kelompok tersebut tersebar di setiap RT dan lembaga pendidikan di sekitarnya. Program ini dimulai pada Oktober 2022 dan berakhir pada 26 November 2022.

Sebagai penutup kegiatan KIM, Forum Desa Bahasa Kecamatan Pare bekerjasama dengan MURI mencatatkan rekor yang sangat bersejarah dan ikonik dari sejarah kampung Inggris di Indonesia.

Baca Juga: Bargaining Power Pendidikan Pariwisata “Kampung Inggris” di Pare-Kediri Akan Meningkat

Baca Juga: Pedagang Kaki Lima di Kampung Inggris-Kediri Dapat Pelatihan Bahasa Inggris Gratis

Dua rekor MURI tersebut mencatatkan M. Kalend Osen sebagai perintis kampung Inggris pertama di Indonesia sekaligus mencatatkan Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri sebagai desa dengan jumlah lembaga kursus dan pelatihan bahasa asing terbanyak di MURI.

Sementara itu, Sri Widayati, perwakilan MURI, mengatakan Kabupaten Kediri sebelumnya telah mendapatkan beberapa penghargaan rekor MURI, seperti Inggris memecahkan dua rekor sekaligus, MURI.

“Hari ini Kampung Inggris Pare memecahkan dua rekor sekaligus, yaitu rekor kampung terbanyak tempat kursus dan pelatihan bahasa asing dan rekor Muhammad Kalend Osen sebagai perintis Kampung Inggris di Indonesia,” kata Sri Widayati.

Kegiatan ini juga dilengkapi dengan acara English Bazaar dimana para pedagang di Kampung Inggris Pare dan mahasiswa dari berbagai lembaga kursus berbisnis dalam bahasa Inggris.

Tujuan dari acara Hal ini untuk melatih penjual dan pembeli menggunakan bahasa Inggris dalam setiap transaksi dan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Pedagang Kaki Lima di Kampung Inggris-Kediri Dapat Pelatihan Bahasa Inggris Gratis

Baca juga: Kampung Inggris Cikoko dorong kreativitas anak lewat seni dan kerajinan

Pendakwah : Asmaul Chusna
Penerbit : Budi Santoso
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button