Curug Cikondang, saksi pesona air terjun penuh mitos di Cianjur - WisataHits
wisatahits

Curug Cikondang, saksi pesona air terjun penuh mitos di Cianjur

Curug Cikondang, saksi pesona air terjun penuh mitos di Cianjur
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 09.00-17.00 WIB, Alamat: Sukadana, Kec. Campaka, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Obyek wisata Curug merupakan salah satu destinasi favorit di Jawa Barat, diantaranya Curug Cikondang di Cianjur. Kawasan ini dikenal dengan surganya air terjun, karena banyak terdapat wisata air terjun di Tanah Parahyangan ini.

Air terjun di kabupaten ini menjadi primadona karena keindahannya. Pesonanya yang luar biasa membuat air terjun ini disebut juga mini Niagara. Tak hanya menawarkan panorama yang indah, air terjun yang menjulang setinggi 70 meter ini memiliki banyak cerita di baliknya. Kisah-kisah inilah yang kemudian menjadi salah satu daya tarik Curug Cikondang.

Apalagi saat musim liburan tiba, tempat ini akan ramai dikunjungi pengunjung, baik dari warga lokal maupun dari luar kota. Meski banyak air terjun di Jawa Barat, air terjun eksotis ini memiliki satu keistimewaan yang menjadi daya tarik tersendiri.

Objek wisata air terjun Cikondang

Objek Wisata Air Terjun CikondangImage Credit: Google Maps Bakteri Pengurai Limbah Cair Risma

Setiap objek wisata memiliki keunikan tersendiri yang menarik pengunjung untuk datang. Nah, berikut beberapa tempat wisata di Curug Cikondang.

1. Niagara Mini di Indonesia

Daya tarik utama air terjun ini adalah keindahannya yang menyerupai Air Terjun Niagara. Sehingga, air terjun Kabupaten Cianjur ini dikenal dengan mini Niagara.

Meski tidak selebar dan setinggi aslinya, Curug Cikondang memiliki lebar 20 meter dan tinggi 70 meter. Sehingga aliran air yang dilancarkan dari air terjun ini sangat besar.

2. Pemandangan lokasi yang indah

Mata Anda akan dimanjakan dengan pesona alam sepanjang perjalanan menuju lokasi. Dimana pada setiap jalurnya wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan kebun teh yang indah, panorama khas pegunungan.

Ada puluhan hektar pemandangan hijau kebun teh ditemani kabut tipis. Apalagi jika perjalanan dilakukan pada sore atau dini hari, Anda bisa merasakan sejuknya udara menuju air terjun cantik ini.

3. Sejarah Air Terjun Cikondang

Banyak orang yang mengira bahwa nama Cikondang berasal dari bahasa Sunda yang artinya terkenal. Namun sebenarnya nama tersebut berasal dari nama pohon Loa atau Kondang.

Ini terdiri dari sejumlah anak tangga bertumpuk dengan dinding tebing hitam. Air Terjun Cikondang diapit oleh tumbuh-tumbuhan alami dan batu-batu besar yang menambah keindahan.

4. Mitos dan Misteri

Tak bisa dipungkiri mitos air terjun ini menjadi salah satu daya tarik wisata. Keindahan air terjun ini memiliki banyak cerita menarik di baliknya.

Kisah-kisah mistis ini masih dipercaya oleh masyarakat setempat. Curug Cikondang disebut memiliki penjaga sehingga wisatawan saat ini dilarang mendekati kawasan air terjun sekitar pukul 17.00 WIB.

5. Air curug dipercaya memiliki khasiat

Daya tarik berikutnya adalah air terjun yang berasal dari Sungai Cikondang yang konon memiliki khasiat tertentu. Banyak warga dan wisatawan percaya bahwa air dari air terjun bisa membuat orang terkenal.

Hal inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa kawasan air terjun selalu dipadati pengunjung. Banyak orang datang untuk mandi atau bertapa untuk mendapatkan berkah dari air terjun tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug CikandongKredit gambar: Google Maps Santi Prismitha

Wisata alam ini terletak di desa Sukadana, kecamatan Campaka, yang masih masuk dalam wilayah Kabupaten Cianjur. Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa menggunakan salah satu dari dua jalur yang tersedia. Jalur pertama melewati Lampegan dan Warungkondang dan jalur kedua melewati Cibeber dan Cilaku.

Jika Anda akan ke Gunung Padang, jarak yang harus ditempuh adalah 10 km menuju Air Terjun Cikondang. Namun jika dari pusat kota membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk menempuh jarak sekitar 37 km.

Wisatawan juga bisa menggunakan jalan Cilaku menuju Cibeber, tanpa mengambil jalur kiri, akses jalan relatif sudah baik. Meski kondisi jalan di jalur ini sedikit menurun, jarak yang harus ditempuh tidak terlalu jauh.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Sebagai destinasi primadona, harga tiket masuk Curug Cikondang sangat terjangkau yakni Rp 5.000 per orang. Harga tiket sudah termasuk hari kerja dan hari libur. Namun, harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir.

Tempat parkir disediakan oleh warga setempat dengan harga mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk kendaraan roda dua dan empat. Air terjun cantik ini buka setiap hari mulai pukul 09:00 WIB hingga 17:00 WIB. Dengan demikian, seluruh wisatawan dilarang berada di kawasan air terjun di luar jam buka.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Cikondang

Aktivitas Seru di Air Terjun CikondangKredit gambar: Google Maps Maya MSD

Agar liburan Anda semakin seru, Anda bisa melakukan aktivitas menarik di Air Terjun Cikondang. Berikut aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata.

1. Rappeling

Jika Anda menyukai aktivitas yang memompa adrenalin, cobalah abseiling. Sekilas kegiatan ini mirip dengan panjat tebing, karena peralatan yang digunakan sama.

Namun aktivitas yang dilakukan adalah menuruni tebing di kawasan air terjun Cikondang. Sedangkan wisatawan harus mempersiapkan kondisi fisik yang prima serta nyali yang kuat.

Sebelum menuruni tebing, tentunya peserta harus terlebih dahulu menaiki bukit tersebut titik ingat. Maka gunakan safety set untuk keamanan aktivitas ekstrim ini. Untuk bisa mengikuti kegiatan menarik ini, Anda harus membayar biaya sekitar Rp 250.000.

2. Mainkan air

Wisatawan bisa merasakan derasnya air dan dinginnya air saat mendekati air terjun melalui bebatuan. Air yang jatuh membawa kesejukan di sekitar area dengan airnya yang mendidih.

Namun, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan air terjun ini saat bermain air demi keamanan. Anda bisa bermain di air terjun yang membentuk sungai karena jauh lebih aman.

3. Kamp

Selain bermain air di dekat air terjun, ada juga area khusus untuk mendirikan tenda. Wisata ini sering dijadikan tempat camping atau berkemah berkemah.

Pastikan untuk memilih musim kemarau saat Anda pergi berkemah di air terjun Cikondang. Dan nikmati pemandangan alam yang luar biasa sambil berkemah daerah.

4. Berburu Foto

Untuk kamu yang mencintai selfie Atau selfiejangan khawatir karena pengelola menyediakan tempat menarik untuk gambar. Tak jauh dari air terjun, terdapat sebuah batu besar dengan platform dan pagar pembatas.

Tempat ini memang sengaja dibuat untuk wisatawan yang ingin berfoto dengan background air terjun. Plus, Anda dapat membuat setiap sudut objek wisata alam ini tempat foto ini instagrammable. penyembuhan di air terjun tidak akan sempurna jika tidak diabadikan dengan berfoto kan?

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Kredit gambar: Google Maps indra dh

Curug Cikondang telah ditetapkan sebagai tujuan wisata sejak tahun 2008, banyak pembenahan yang dilakukan. Awalnya, air terjun ini hanyalah penunjang kunjungan ke destinasi wisata bersejarah Situs Megalitikum Gunung Padang.

Pesona air terjun mulai dikenal luas, sehingga pihak pengelola mulai melakukan berbagai perbaikan fasilitas. Jadi sekarang menjadi tujuan wisata utama, bukan lagi tujuan sekunder.

Meski berada di kawasan pegunungan yang relatif terpencil, namun fasilitas di kawasan air terjun ini cukup memadai. Dimana akses jalan bagus, ada toilet, tempat parkir dan tempat istirahat. Selain itu, ada juga mushola, warung makan, serta homestay atau akomodasi.

Rasakan momen liburan berkesan bersama orang tersayang di Curug Cikondang Cianjur. Segarkan pikiran yang lelah dengan menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button