Curug Cijalu, Pesona Air Terjun Alami Indah Penuh Mitos di Subang - WisataHits
wisatahits

Curug Cijalu, Pesona Air Terjun Alami Indah Penuh Mitos di Subang

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 07.30-17.00 WIB, Alamat: Cipancar, Serangpanjang, Pusakamulya, Kec. Kiarapedes, Kab. Subang, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug Cijalu merupakan air terjun alami yang harus anda kunjungi jika anda berada di Subang. Wisata ini memiliki pemandangan yang indah dan suara air terjun yang bisa membuat anda lelah, bosan, bosan. Dan juga bisa menenangkan pikiran sejenak karena lelah beraktivitas.

Air terjun ini lebih tinggi hingga 70 meter. Pada hari yang cerah, pengunjung dapat mengamati Waduk Jati Besar dan kota Purwakarta dan Subang. Pasalnya, lokasi air terjun ini mencapai ketinggian sekitar 1300 meter di atas permukaan laut. Menariknya, tempat wisata ini juga masuk dalam kawasan cagar alam Gunung Burangrang.

Curug Cijalu sudah cukup lama dibuka atau diresmikan, terhitung sejak 1 September 1984. Air terjun ini memiliki kolam yang sangat besar untuk Anda mandi atau bermain air. Aliran airnya juga tidak terlalu besar, jadi nyaman untuk bermain air di bawahnya. Air terjun ini berjarak 300 meter dari tempat parkir dan pengunjung harus berjalan kaki untuk mencapai lokasi.

Daya Tarik Wisata Curug Cijalu

Objek Wisata Air Terjun CijaluKredit gambar: Twitter informasi perjalanan online

1. Mitos

Dulunya bernama Curug Cikondang, namun setelah seorang juara sakti datang ke tempat ini, namanya berubah menjadi Curug Cijalu. Curug yang berarti air terjun dan ci yang berarti air dan jalan yang berarti laki-laki.

Di dekat air terjun ini, ada air terjun lain tetapi aliran airnya lebih lembut, yang disebut air terjun Putri. Orang-orang menggambarkan bahwa keduanya adalah sepasang kekasih yang darinya berbagai mitos muncul.

Sejak wisata air terjun ini pertama kali dibuka. Banyak pengunjung yang datang ke tempat wisata ini, terutama masyarakat Indramayu sendiri. Mitosnya Air Terjun Curug Cijalu bisa menyembuhkan beberapa penyakit seperti serangan kelumpuhan dan lain-lain. Caranya adalah dengan mandi atau bermeditasi di air terjun ini.

Seiring berjalannya waktu, karena sering dikunjungi oleh masyarakat Indramayu, tempat wisata ini menjadi sangat populer dan menarik pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, ada mitos lain yang sangat populer, yaitu cepat mencari pendamping saat mandi di air terjun.

Meski kebenaran mitos tersebut belum terbukti, namun banyak orang yang mempercayai mitos tersebut. Dengan mitos tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong mengunjungi sirkuit ini. Entah sekedar menikmati pemandangan atau berendam di air terjun.

2. Pemandangan yang bagus

Di dalam air terjun ini banyak pepohonan yang membuat udara menjadi bersih. Selain itu juga menambah keindahan di sekitar Curug Curug Cijalu ini. Pada pagi hari air terjun ini sangat berkabut yang memberikan kesan dingin dan juga segar bagi pengunjung. Sedangkan pada siang hari, Anda bisa melihat keindahan Kota Subang dari ketinggian air terjun. Agak menarik bukan?

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug CijaluImage Credit: Instagram Wisata Alam Air Terjun Cijalu

Tempat wisata populer di Jawa Barat ini terletak di Kecamatan Subang, Kecamatan Serangpanjang, tepatnya di kawasan Sipancar. Jaraknya 37 km dari pusat kota dan memakan waktu 1 jam dengan mobil. Untuk mempermudah perjalanan Anda, gunakan Google Maps atau rambu-rambu di jalan.

Rute yang bisa anda gunakan untuk menuju objek wisata air terjun Curug Cijalu adalah jika anda berasal dari Purwakarta maka pilihlah arah selatan dari jarak sekitar 40 kilometer dari tempat tujuan. Kalau dari Bandung lumayan jauh karena harus menempuh jarak 63 kilometer.

Setelah sampai di Subang, lewati Winayasa disana. Jika sampai di pertigaan, belok kiri ke Alun-Alun dan Pasar Winayasa lalu lurus ke Kecamatan Serangpanjang. Kemudian ambil jalur kiri untuk sampai di gerbang masuk Curug Cijalu.

Di pintu masuk ini terdapat petugas tiket yang digunakan untuk membayar tiket masuk. Setelah itu, Anda harus mengambil jalan pedesaan yang berjarak sekitar 3 kilometer dari tempat parkir. Setelah memarkir kendaraan Anda, Anda bisa berjalan menuju air terjun yang berjarak 300 meter.

Untuk menuju ke tempat wisata ini, Anda bisa menempuhnya dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik itu sepeda motor maupun mobil. Anda juga dapat menggunakan transportasi umum seperti bus, tetapi hanya mencapai pusat kota. Rute yang akan ditempuh terbilang cukup mudah, Anda bisa menggunakan alat transportasi pribadi ini.

Jika menggunakan bus, Anda bisa menyewa ojek untuk sampai ke tujuan. Namun pada saat hari libur, pelayanan publik seperti ojek kurang efisien karena jumlahnya yang sedikit. Perjalanan Anda akan lebih menyenangkan jika menggunakan kendaraan pribadi karena tidak perlu bepergian.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Air Terjun CijaluKredit gambar: Google Maps Assyaft Alfarel

Untuk membeli tiket masuk wisata ini juga tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Cukup membayar Rp 20.000 per orang. Selain memiliki biaya tambahan untuk membayar parkir kendaraan, harganya juga bervariasi. Untuk kendaraan bermotor, biaya parkir sekitar 2.000 rupiah.

Sedangkan bagi yang menggunakan mobil dikenakan tarif Rp 5.000, sedangkan untuk bus sendiri dikenakan tarif Rp 15.000.

Waktu operasional wisata Curug Cijalu ini adalah Senin hingga Minggu dari pukul 07:30 pagi hingga pukul 17:00 sore. Cukup lama, kan? Karena itu, Anda bisa berendam, berenang, atau sekadar menikmati pemandangan di sekitar objek wisata ini di waktu senggang.

Kegiatan menarik yang dilakukan di Curug Cijalu

Aktivitas di Air Terjun CijaluKredit Gambar: Google Maps Husnul Kh

Di tempat wisata ini, setiap long stay dan weekend selalu dipadati pengunjung. Aktivitas yang mereka lakukan hanyalah karena keunikan dan keindahan wisata ini yang selalu bisa digunakan untuk kegiatan outdoor dan lainnya.

1. Perkemahan

Karena suasana tempat wisata ini sangat cocok untuk kegiatan outdoor, masyarakat dan pelajar biasanya menjadikan tempat ini untuk camping bersama. Pasalnya, air terjun Curug Cijalu ini bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, ada area air terjun, area camping, area pendakian dan hutan.

Selama waktu ini, wisatawan biasanya bermalam di daerah tersebut. Jadi Anda bisa menikmati pemandangan air terjun dan mendengarkan deru air menghantam bebatuan. Ada juga suara burung dan serangga yang silih berganti. Untuk membuat kamp ini, Anda akan dikenakan biaya sebesar 20.500 rupee.

2. Mendaki

Setelah meninggalkan tempat parkir kemudian memasuki jalan menuju air terjun ini, Anda akan disuguhkan dengan panorama kebun teh yang indah dan menarik. Selain udara yang semakin dingin, jalur mulai menanjak setelah melewati tangga bebatuan yang terbelah. Area trekkingnya cukup mudah karena memiliki jalur menanjak yang sangat jelas. Untuk jarak Sekitar 300 meter dari tempat parkir.

3. Selfie

Dalam perjalanan ke air terjun dari tempat parkir. Anda akan melihat banyak pemandangan alam yang indah seperti perkebunan teh dan pepohonan rindang di sekitarnya. Oleh karena itu, abadikan momen tersebut dengan berfoto selfie dengan latar belakang lanskap.

Tidak cukup hanya dengan mengabadikan momen saat berada di Air Terjun Cijalu atau Air Terjun Putri. Ini wajib banget buat kamu yang suka foto-foto dan bisa digunakan untuk diunggah ke media sosial.

4. Permainan air

Aktivitas di Curug CijaluKredit Gambar: Instagram Hafiz RP Pratama

Jika Anda mengunjungi air terjun ini tapi tidak bermain air, rasanya kurang lengkap karena objek wisata ini kebanyakan berupa air. Anda bisa bermain air di Curug Cijalu dan Curug Putri. Keduanya merupakan air terjun, yang membedakan hanya ukuran kolam dan jumlah aliran air serta ketinggiannya.

Biasanya pengunjung lebih suka bermain air di Curug Cantik karena kolamnya lebih besar sehingga bisa menampung banyak orang. Anda tidak perlu khawatir jika membawa anak-anak karena kedalaman air terjun ini juga bertahap dari dangkal hingga dalam. Namun kedalamannya tetap dalam batas wajar karena hanya mencapai dada orang dewasa.

Bagian terdalam berada di bawah air terjun. Jadi Anda perlu berhati-hati dan mengawasi si kecil agar tetap berada di pinggiran agar aman. Daerah air terjun ini memiliki udara yang sangat dingin yang membuat anda merasa merinding.

5. Menikmati Keindahan Curug Putri

Curug Putri terletak cukup dekat dengan air terjun Curug Cijalu yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari tempat parkir. Di sisi lain, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan debit airnya tidak begitu penting. Apalagi banyaknya bebatuan yang bertebaran di sekitar air terjun ini bisa menambah keindahan air terjun.

6. Menikmati keindahan air terjun

Air terjun ini selain untuk bermain air dan mandi juga menawarkan panorama alam yang indah dan menarik. Dengan udara sejuk sekitar 18 hingga 26 derajat Celcius.

Fasilitas yang tersedia di Curug Cijalu Subang

Fasilitas Curug Cijalu SubangKredit gambar: Google Maps Rangga Sofiansyah

Tempat wisata di Curug Cijalu ini memiliki fasilitas penunjang diantaranya parkir di kawasan wisata untuk sepeda motor dan mobil serta angkutan umum. Di pintu masuk terdapat pos jaga atau loket untuk membeli tiket. Selain itu juga disediakan mushola dan kamar mandi.

Ada juga jalan setapak dengan tempat berteduh. Selain itu, ada tempat duduk dan bersantai, serta warung makan. Jadi tidak perlu membawa bekal dari rumah.

Kawasan tersebut juga dilengkapi dengan tempat sampah agar pengunjung tidak sembarangan membuang sampah kemasan makanan yang mereka beli.

Di tempat wisata ini juga terdapat toko oleh-oleh untuk dijadikan oleh-oleh seperti daster dan kaos darah khas. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai pakaian ganti setelah bermain air di air terjun.

Itulah beberapa pembahasan mengenai tempat wisata air terjun cijalu yang sangat populer di subang. Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, ada juga mitos yang sangat menarik bahwa Anda bisa cepat mendapatkan pendamping dengan mandi di air terjun ini. Oleh karena itu bagi anda yang masih single wajib mencobanya dengan mengunjungi wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button