Cuaca Ekstrim di Akhir Tahun, BPBD: Wisatawan Tak Takut Berwisata ke Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Cuaca Ekstrim di Akhir Tahun, BPBD: Wisatawan Tak Takut Berwisata ke Jogja

Harianjogja.com, JOGJA– Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Danang Samsurizal mengatakan wisatawan tidak perlu takut untuk berkunjung ke Jogja meski kondisi cuaca ekstrem bisa saja terjadi di akhir tahun. Pasalnya, objek wisata di toko perangkat keras tersebut dilengkapi dengan sertifikat keselamatan perjalanan.

“Jangan takut ke Jogja, tapi kalau traveling harus lihat dulu cuacanya seperti apa, jangan dipaksakan kalau tidak mendukung,” kata Danang pada (29/12/2022). .

Ia juga mengingatkan wisatawan yang datang dari luar Jogja untuk memperhatikan akses menuju tempat wisata. Danang menyebut masih banyak tempat wisata yang sulit dilalui, terutama saat musim hujan.

Menurutnya, Jogja memiliki karakter bencana yang berbeda untuk setiap daerah. Sejauh ini, longsor dan angin kencang yang menyebabkan pohon tumbang masih mendominasi setiap tahun.

BACA JUGA: 162 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan Jalan di Bantul dalam Setahun

Di sisi lain, melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), pemerintah memberikan solusi pencegahan bencana kepada pengusaha pariwisata. Antara lain melalui sertifikat CHSE (Kebersihan, kesehatan, keselamatan, kelestarian lingkungan).

“Tempat wisata yang kami jalin dengan dinas pariwisata banyak yang menerapkan CHSE, salah satunya keamanan‘ kata Danan. Menurutnya, pelaku ekonomi harus bisa menjamin keamanan wisatawan dan menjadi prioritas utama.

Danang menyebutkan tempat-tempat menarik jangkar seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan dapat menjadi contoh pengembangan safe tourism standar CHSE.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button