CISDI akan bekerja sama dengan Kota Makassar untuk memperkuat layanan kesehatan primer - WisataHits
Jawa Barat

CISDI akan bekerja sama dengan Kota Makassar untuk memperkuat layanan kesehatan primer

CISDI akan bekerja sama dengan Kota Makassar untuk memperkuat layanan kesehatan primer

CISDI akan bekerja sama dengan Kota Makassar untuk memperkuat layanan kesehatan primer

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar M. Ansar saat menerima audiensi CISDI yang dipimpin oleh Ketua Pelaksana (Direktur) CISDI Diah Satyani Saminarsih di Balai Kota Makassar, Rabu (18/1/2023).

CISDI merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kesehatan, khususnya dalam kaitannya dengan pengembangan pelayanan kesehatan primer.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – NGO Center for Strategic Development Initiatives of Indonesia (CISDI) akan bekerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar (Pemkot) untuk memperkuat layanan kesehatan primer.

Kesiapan itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Makassar, M. Ansar, usai menerima audiensi CISDI yang dipimpin Direktur Utama (Direktur) CISDI Diah Satyani Saminarsih di Balai Kota Makassar, Rabu (18/01). 2023).

Ansar mengatakan, CISDI merupakan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak di bidang kesehatan, khususnya dalam kaitannya dengan pengembangan pelayanan kesehatan dasar.

Baca Juga: Kongres Arsitektur Se-ASEAN, Walikota Makassar: Menghadirkan Inovasi Lokal untuk Solusi Global

“Mereka datang untuk memberikan dukungan berupa dukungan terkait pelayanan kesehatan primer. Dalam hal ini Puskesmas dan Pemkot berterima kasih atas rencana bersama ini,” kata Ansar.

Berbicara kepada staf CISDI, Ansar mengatakan bahwa Kota Makassar yang dipimpin oleh Walikota Mohammad Ramdhan Pomanto sudah memiliki home health care sebagai sarana kesehatan utamanya dengan memberikan pelayanan langsung door to door kepada masyarakat.

Untuk itu, CISDI akan kembali menghadirkan program mana yang cocok untuk bekerja sama dengan pelayanan kesehatan primer di Makassar.

Baca Juga: Perwakilan Politik dan Ekonomi Amerika Serikat Kunjungi Gang Wisata di Makassar

“Mereka (CISDI) juga kagum dengan inovasi Walikota yaitu pelayanan home care. Setelah pertemuan ini mereka akan mempresentasikan di tingkat OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Kami membiarkan mereka pergi ke Puskesmas sehingga mereka dapat melihat apa yang dapat mereka kerjakan,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Makassar (Dinkes), Nursaidah Sirajuddin, bersedia bekerja sama dengan CISDI untuk memperkuat pelayanan kesehatan dasar, seperti di Puskesmas dan Posyandu.

“Pemerintah Kota Makassar menyambut baik dukungan CISDI yang memperkuat pelayanan kesehatan primer,” ujarnya.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Jabar Puji Program dan Kebijakan Danny Pomanto

Dikatakannya, dengan dukungan CISDI, pelayanan kesehatan dasar di Makassar tentunya akan lebih maju ke depannya. Ini mempertimbangkan enam pilar transformasi kesehatan, salah satunya berkaitan dengan transformasi perawatan primer.

“Kami akan menjajaki kerja sama dengan CISDI setelah tim teknis CISDI kembali ke Kota Makassar untuk presentasi dan bagaimana bentuk kerja sama kami nantinya,” tambah Nursaidah.

Sementara itu, Direktur CISDI Diah Satyani Saminarsih melihat inisiatif kesehatan di Makassar sudah sangat maju. Meski demikian, CISDI mengajak pemerintah kota bekerja sama untuk meningkatkan pelayanan dasar.

Baca Juga: DPRD Makassar Dukung Pemkot Hentikan Pasukan Pelangi Lemah

Sebagai tindak lanjut, pihaknya akan mendata program CISDI yang sudah berjalan di daerah lain untuk selanjutnya dipresentasikan ke Dinas Kesehatan Makassar.

“Nanti inovasi yang tepat akan kita gabungkan dan dukung apa yang sudah diterapkan di Kota Makassar agar lebih baik lagi,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button