Daftar Destinasi Wisata Sungai yang Layak Dikunjungi Versi Kemenparekraf, 2 di Sumatera - WisataHits
Jawa Barat

Daftar Destinasi Wisata Sungai yang Layak Dikunjungi Versi Kemenparekraf, 2 di Sumatera

Padang, Padangkita.com – Kalau selama ini lebih sering liburan di pantai atau di pulau menyegarkan atau bermain air, mungkin sesekali Anda bisa menikmati suasana yang berbeda, seperti jalan-jalan menyusuri destinasi wisata tepi sungai.

Kini wisata sungai menjadi salah satu pilihan liburan anti mainstream yang tentunya sayang untuk dilewatkan. Tak hanya untuk menenangkan pikiran, saat ini banyak destinasi wisata sungai di Indonesia yang menawarkan wisata minat khusus yang menarik untuk dicoba, seperti arung jeram atau arung jeram. arung jeram.

Nah, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) telah merekomendasikan 6 destinasi wisata sungai yang menarik di Indonesia untuk dijelajahi. Berikut 6 sungai yang dimuat di situs resmi Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif:

Sungai Mahakam di Kalimantan Timur

Destinasi wisata sungai pertama di Indonesia dan tujuan wisatawan adalah Sungai Mahakam di Kalimantan Timur. Sebagai sungai terpanjang kedua di Indonesia, Sungai Mahakam menawarkan pengalaman liburan sungai yang menyenangkan.

Sungai Mahakam. [Foto: Indonesia Travel]

Sungai sepanjang 920 km ini merupakan rumah bagi hewan langka yaitu lumba-lumba air tawar atau dikenal dengan sebutan Mahakam Pesut. Anda juga dapat bertemu raja udang, rangkong, bangau, lutung dan berang-berang di sini.

Sungai Asahan di Sumatera Utara

Sungai Asahan menjadi salah satu primadona destinasi wisata Sumatera Utara (Sumatera Utara). Tidak hanya menjadi tujuan wisata utama bagi wisatawan lokal, Sungai Asahan juga menjadi tujuan para pecinta arung jeram karena merupakan tempat arung jeram terbaik ke-3 di dunia.

Sungai Asahan Hulu. [Foto: Dok. Inalum]

Bagi Anda yang masih pemula, jangan khawatir karena Sungai Asahan memiliki beberapa spot dan jeram yang bisa dipilih. Saat bermain arung jeram Anda akan disuguhi pemandangan tebing dan air terjun yang indah.

Sungai Maron di Jawa Timur

Sungai Maron, salah satu destinasi wisata sungai di Indonesia yang hampir tidak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, sungai yang terletak di Pacitan, Jawa Timur ini menawarkan pemandangan dan suasana seperti Amazon.

sungai Maron. [Foto: Dok: Kemenparekraf]

Meski harus melewati medan yang cukup menanjak dan terjal, bisa dipastikan tidak akan menyesal. Saat Anda disambut dengan pemandangan hijau kebiruan perairan Sungai Maron dan dikelilingi oleh pepohonan rindang yang indah.

Sungai Ayung di Bali

Selain pantai, Bali juga memiliki destinasi wisata sungai yang menarik, yaitu Sungai Ayung. Sungai terpanjang di Bali yang terletak di Kedewatan Ubud ini dikenal sebagai tempat arung jeram menurut “Skala Kesulitan Sungai Internasional” dengan enam tingkat kesulitan.

Sungai Alung. [Foto: Indonesia Travel]

Di Sungai Ayung, Anda juga akan dibuat takjub dengan airnya yang jernih, udara yang sejuk dan pemandangan yang indah. Saking indahnya hingga panjang arung jeram di Sungai Ayung yang mencapai 10km terasa sangat mudah dan nyaman.

Sungai Cukang Taneuh di Jawa Barat

Destinasi wisata sungai berikutnya di Indonesia yang tak kalah menarik untuk dijelajahi terletak di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (Jawa Barat), yakni Sungai Cukang Taneuh atau yang lebih dikenal dengan Green Canyon. Dalam bahasa setempat, Cukang Taneuh berarti “jembatan tanah”.

Pemilihan nama ini didasarkan pada jembatan alam yang keluar dari tanah dan melintasi Sungai Cijulang.

Sungai Cukang Taneuh. [Foto: Humas Pangandaran]

Salah satu aktivitas menarik yang bisa Anda coba di Sungai Cukang Taneuh adalah naik perahu sambil menelusuri Sungai Cijulang. Sepanjang jalan Anda akan dibuat takjub dengan keindahan alam yang masih asli dan berjalan melewati gua-gua yang penuh dengan stalaktit dan stalagmit.

Sungai Musi di Sumatera Selatan

Destinasi wisata sungai lain yang sangat populer di Indonesia yaitu Sungai Musi, Palembang. Dijuluki sungai terpanjang di Sumatera, Sungai Musi menawarkan aktivitas dan pengalaman liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Sungai Musi. [Foto: Indonesia Travel]

Saat berkunjung ke Sungai Musi, jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir ke Pulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi. Di Pulau Kemaro, Anda bisa mengunjungi berbagai objek wisata menarik, seperti Pagoda, Klenteng Hok Tjing Rio atau Pohon Cinta.

Baca Juga: Ratusan Ribu Wisatawan Lihat Puncak Hoyak Tabuik, Budaya Piaman

Inilah 6 sungai yang layak dikunjungi sesuai rekomendasi Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif. Silakan coba! [*/pkt]

*) BACA informasi terpilih lainnya dari Padangkita di Google News

Source: padangkita.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button