Destinasi wisata air di Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Destinasi wisata air di Gunungkidul

Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten di Yogyakarta yang memiliki banyak objek wisata menarik. Mulai dari wisata kuliner, wisata budaya hingga wisata air, semuanya tersedia di Gunungkidul.

Buat kamu yang suka aktivitas air, berikut ini beberapa rekomendasi destinasi wisata air di Gunungkidul yang cocok untuk kamu obat. Simak daftarnya di bawah ini!

1. Air Terjun Sri Gethuk

5 Destinasi Wisata Air di Gunungkidul Ini Cocok Untuk PenyembuhanAir Terjun Sri Gethuk (instagram.com/jogja.istimewa)

Jika Anda berada di Gunung Kidul dan ingin mengunjungi air terjun, Air Terjun Sri Gethuk bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Pemandangan alam sekitarnya begitu indah, ditambah dengan suara air terjun yang menenangkan, Anda akan melupakan penat hidup sejenak.

Untuk menuju Air Terjun Sri Gethuk ada dua jalur yang bisa dipilih yaitu jalur penganiayaan yang diapit oleh hamparan sawah sekitar 450 meter atau dengan menaiki anak tangga sekitar 96 anak tangga. Biaya masuknya saja sekitar Rp 10.000.

2. Pantai Jogan

5 Destinasi Wisata Air di Gunungkidul Ini Cocok Untuk PenyembuhanPantai Jogan (instagram.com/explorejogja)

Selanjutnya ada Pantai Jogan. Pantai Jogan merupakan tempat wisata di Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Pantai Jogan sendiri identik dengan air terjun yang mengalir langsung ke laut lepas. Di sini Anda bisa berenang di laut lepas dan bermain air terjun di area yang sama.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Gunungkidul Olahan Sego Abang Jirak yang Nikmat

3. Pantai Timang

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

5 Destinasi Wisata Air di Gunungkidul Ini Cocok Untuk PenyembuhanPantai Timang (instagram.com/exploregunungkidul)

Jika Anda bosan dengan pantai yang hanya terdiri dari pasir dan air laut, Anda bisa mengunjungi Pantai Timang. Di sini Anda bisa mencoba sensasi naik kereta gantung di tengah laut lepas yang mempesona.

Lokasi Pantai Timang sendiri berjarak sekitar 50 km dari pusat kota Yogyakarta. Harga tiket masuknya sekitar Rp 10.000 per orang. Anda perlu menyiapkan Rp 100.000 per orang untuk naik kereta gantung.

4. Luweng Sampang

5 Destinasi Wisata Air di Gunungkidul Ini Cocok Untuk PenyembuhanLuweng Sampang (instagram.com/wisatajogjasik)

Luweng Sampang adalah air terjun yang berada di kawasan batu gamping Gunungkidul. Keistimewaan Luweng Sampang adalah bentuk Ebing yang telah terkikis oleh proses perubahan alam

Ketinggian air terjun Luweng Sampang sendiri hanya sekitar lima meter saat debit air sedang surut. Keindahan air terjun ini juga berubah tergantung musim.

5. Embung Batara Sriten

5 Destinasi Wisata Air di Gunungkidul Ini Cocok Untuk PenyembuhanEmbung Batara Sriten (instagram.com/gunungkidulbanget)

Rekomendasi destinasi wisata air di Gunungkidul selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Embung Batara Sriten. Seperti namanya, Embung Batara Sriten terletak di Sriten, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Danau buatan ini bisa dikatakan sebagai kolam buatan tertinggi di Gunungkidul karena memiliki ketinggian sekitar 859 meter di atas permukaan laut. Biaya masuk ke Batara Sriten Embung adalah Rp 3.000 per orang.

Bagi Anda yang menyukai destinasi wisata air dan kebetulan sedang berada di Jogja, lima destinasi wisata yang direkomendasikan di Gunung Kidul di atas bisa menjadi referensi liburan Anda.

Baca Juga: 5 Kafe Estetika yang Cocok Untuk Nugas di Yogyakarta, Favorit Mahasiswa

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button