Kurang Maksimal, DPKP Butuh Empat Pemadam | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media - WisataHits
Jawa Timur

Kurang Maksimal, DPKP Butuh Empat Pemadam | Berita Malang hari ini | Malang Posco Media

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Batu membutuhkan tambahan armada pemadam kebakaran (damkar). Pihaknya mencatat bahwa memadamkan api membutuhkan armada empat armada.

“Saat ini DPKP Kota Batu masih memiliki delapan armada pemadam kebakaran. Nomor ini masih hilang. Pasalnya, jumlah armada yang ideal minimal 12 unit untuk bisa menjangkau seluruh wilayah di Kota Wisata Batu,” kata Kepala DPKP Kota Batu Supriyanto kepada Malang Posco Media.

Supri mengungkapkan, kendaraan pemadam kebakaran dengan kualifikasi sangat dibutuhkan untuk memadamkan kebakaran gedung tujuh lantai ke atas. Contohnya Smile Hotel dengan bangunan lebih dari 7 lantai. Sementara itu, mobil pemadam kebakaran dari DPKP tidak mampu mengatasinya.

“Selain itu dalam penambahan armada juga perlu memperhatikan kondisi Kota Batu. Ini termasuk kontur tanah, medan jalan, dan akses dari dan ke pemukiman,” jelasnya.

Kemudian sebuah mobil pemadam kebakaran operasional harus memiliki kapasitas 3-4 ribu liter air. Dan harus ada mobil kecil yang bisa menjangkau jalur-jalur di Kota Batu, mengingat armada yang ada saat ini tidak memungkinkan untuk penanganan.

“Untuk mengatasi kekurangan armada, kami telah mengaktifkan relawan pemadam kebakaran (redkar) yang anggotanya warga RW. Dengan begitu, mereka lebih paham bagaimana cara memadamkan api lebih awal,” katanya.

Selain itu, DPKP melakukan pelatihan berkelanjutan untuk Redkar dan memberikan pinjaman untuk pompa kebakaran portabel. Memperhatikan bahwa kredit hanya diberikan kepada Redkars yang dianggap layak.

“Oleh karena itu, kami berharap kebutuhan DPKP dapat diambil dan diusulkan oleh legislatif. Dengan begitu, penanganan kebakaran bisa maksimal,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batu Asmadi akan mencoba mengawal usulan penambahan kendaraan operasional pemadam kebakaran. Diharapkan DPKP mampu memaksimalkan kemampuan penanggulangan bencana kebakaran.

“Mengenai usulan penambahan kendaraan darurat untuk menangani petugas pemadam kebakaran, DPKP dapat mengusulkannya di edisi daerah. Selama usulan itu menarik bagi masyarakat, tentu kami akan mendukung penuh. Apalagi ini kebutuhan prioritas,” jelasnya.(eri/nug)

Source: malangposcomedia.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button