Cara mendapatkan diskon tiket kereta api fakultas dan alumni 5 universitas - WisataHits
Jawa Barat

Cara mendapatkan diskon tiket kereta api fakultas dan alumni 5 universitas

KOMPAS.com – Dosen, tenaga kependidikan dan alumni di lima perguruan tinggi di Indonesia yaitu Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Universitas Padjajaran, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung (ITB) bisa mendapatkan diskon tiket kereta api.

Sebagai bentuk kerjasama antara PT Kereta Api Indonesia (KAI) dengan kelima perguruan tinggi tersebut, diberikan diskon sebesar 10 persen yang hanya berlaku untuk KA jarak jauh dan menengah untuk semua kelas, baik Ekonomi, Bisnis maupun Eksekutif.

Pengurangan tarif tidak berlaku untuk kereta komuter, tarif khusus, atau kereta tarif promosi, termasuk kereta deluxe, imperial, priority, atau kereta wisata lainnya.

Baca Juga: Layanan Antigen dan PCR di Stasiun Tertutup, Apa Alasannya?

Cara mendaftar untuk komunitas perguruan tinggi dan diskon alumni

Menurut informasi resmi dari KAI, penurunan tarif hanya berlaku bagi dosen dan tenaga pengajar aktif serta himpunan alumni perguruan tinggi.

Untuk mendapatkan potongan tarif KA jarak jauh dan jarak menengah, baik dosen maupun tenaga kependidikan (sivitas) maupun alumni harus melakukan pra-registrasi untuk mendapatkan hak diskon dengan cara sebagai berikut:

1. Pendaftaran dilakukan di Pelayanan pelanggan (CS) station dengan membubuhkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan membuktikan jati diri sebagai anggota masyarakat atau alumni perguruan tinggi yang bermitra dengan KAI.

2. Untuk kotamadya diperlukan tanda pengenal dosen dengan Nomor Induk Pegawai (NIP) atau Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan bagi keluarga lulusan perguruan tinggi diperlukan kartu anggota alumni atau kartu anggota digital dengan nomor anggota terdaftar atau memiliki sebuah ijazah.

Baca juga: Dampak Kenaikan BBM, KAI Kaji Kenaikan Harga Tiket Kereta Api

3. Setelah mendaftar CS, calon pengguna harus mendownload dan mengaktifkan aplikasi KAI Access. Anda dapat mendaftar KAI Access dengan menggunakan NIK seperti yang terdaftar di CS.

4. Jika proses registrasi berhasil, opsi diskon tarif akan otomatis tersedia di aplikasi KAI Access.

5. Pilihan menu diskon hanya tersedia melalui aplikasi KAI Access dan tidak dapat diberikan melalui penjualan loket stasiun.

Baca juga: Aturan Mengemudi Kereta Jarak Jauh Terbaru yang Up to date

Sebagai informasi, saat naik dan saat pemeriksaan di kereta, wajib menunjukkan KTP asli untuk klaim diskon.

Perlu ditekankan bahwa penumpang di kereta yang sama hanya berhak mendapatkan satu tiket dengan potongan harga. Diskon bersifat pribadi dan tidak berlaku untuk keluarga dosen, tenaga kependidikan, atau alumni UNS.

Kategori diskon untuk civitas dan alumni diskon tiket kereta api

Rabat atau rabat 10 persen diberikan kepada civitas akademika, tenaga kependidikan, atau lulusan universitas dengan rincian sebagai berikut:

  • Universitas Sebelas Maret (AS): Berlaku untuk civitas dan alumni
  • Universitas Padjadjaran (Unpad): Berlaku untuk masyarakat dan bukan untuk alumni
  • Universitas Indonesia (UI): Hanya berlaku untuk civitas akademika dan tidak berlaku untuk alumni
  • Universitas Gadjah Mada (UGM): Berlaku untuk civitas akademika dan alumni
  • Institut Teknologi Bandung (ITB): Tidak berlaku untuk masyarakat dan hanya berlaku untuk alumni

Baca Juga: Promo LinkAja September 2022, Token Listrik PLN Diskon Pulsa Telkomsel

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: money.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button