Cara mendapatkan diskon tiket kereta api alumni UNS, UGM dan ITB - WisataHits
Jawa Barat

Cara mendapatkan diskon tiket kereta api alumni UNS, UGM dan ITB

KOMPAS.com – Alumni dari tiga universitas di Indonesia, yakni Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB), bisa menikmati diskon tarif 10 persen.

Tarif diskon yang ditampilkan hanya berlaku untuk perjalanan kereta api jarak jauh dan menengah, baik di Kelas Ekonomi, Bisnis, dan Eksekutif.

Selain KA jarak jauh dan jarak menengah, seperti KA lokal, KA harga khusus, KA harga khusus, KA kemewahan, kekaisaran, prioritas, dan kereta wisata lainnya, potongan harga tiket tidak dapat digunakan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Diskon Tiket Kereta Api untuk Dosen dan Alumni 5 Perguruan Tinggi

Cara klaim diskon tiket kereta api alumni UNS, UGM dan ITB

Untuk mendapatkan potongan tarif KA jarak jauh dan jarak menengah, alumni UNS, UGM dan ITB harus melakukan registrasi terlebih dahulu untuk mendapatkan hak diskon.

Menurut informasi resmi dari KAI, diperlukan kartu anggota alumni atau kartu anggota digital dengan nomor kepesertaan/ijazah yang tercantum untuk mendaftarkan hak atas potongan harga bagi alumni dari UNS, UGM dan ITB.

Pendaftaran untuk masuknya hak diskon berlangsung di bawah Pelayanan pelanggan (CS) station, dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan bukti menjadi alumni.

Setelah mendaftar CS, calon pengguna harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi KAI Access. Karena diskon tiket hanya bisa digunakan melalui aplikasi KAI Access dan tidak dengan membeli tiket di loket stasiun.

Baca juga: Pengurangan Tiket Kereta Dosen dan Alumni dari 5 Perguruan Tinggi, Lihat Syarat dan Ketentuannya

Anda dapat mendaftarkan akun di aplikasi KAI Access menggunakan NIK seperti yang terdaftar di CS.

Jika proses registrasi hak diskon berhasil, opsi diskon tarif akan otomatis tersedia di aplikasi KAI Access dan dapat digunakan saat pembelian tiket kereta api antarkota.

Perlu diketahui bahwa diskon tiket kereta api ini bersifat pribadi dan tidak berlaku untuk keluarga dosen, tenaga kependidikan, atau alumni UNS.

Di kereta yang sama, seorang penumpang hanya berhak mendapatkan tiket dengan diskon 10 persen.

Baca Juga: Tidak Sah, Ini Rincian Pecahannya Rp 300.000 dan Rp 850.000

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Jom join grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: money.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button