Pengunjung kini dapat menikmati kafe terapung-UMKM di Wisata Kalimas - WisataHits
Jawa Timur

Pengunjung kini dapat menikmati kafe terapung-UMKM di Wisata Kalimas

Pengunjung kini dapat menikmati kafe terapung-UMKM di Wisata Kalimas

JawaPos.com- Pengunjung yang naik perahu wisata Kalimas mendapatkan keuntungan lebih. Tak hanya melihat pemandangan sepanjang Kalimas, Anda juga bisa menikmati kuliner di atas kapal. Kementerian Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (DKKORP) akan mendirikan kafe terapung dan pusat UMKM.

Lima perahu berbentuk khusus telah berlabuh di pinggiran Kalimas. Ada dua meja dan delapan kursi di setiap unit. Karena ada lima perahu, jadi ruang untuk 40 pengunjung.

“Kami akan mendatangkan 10 perahu untuk kafe dan sentra UMKM. Keduanya dibuat melayang,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata THP Kenjeran Rusdi Ismet kemarin (26/1).

Ia menjelaskan, sentra UMKM terapung juga ada di lima kapal. Namun, bentuk dan desainnya berbeda dengan kafe terapung. Setiap perahu bisa ditempati dua stan UMKM.

Total ada 10 pelaku UMKM. Penempatannya juga berbeda dengan kafe terapung. “Pusat UMKM terapung tidak berdekatan satu sama lain tetapi dekat dengan dermaga Taman Prestasi. Kafe terapung berada di belakang SWK Taman Prestasi,” jelasnya.

Dermaga tersebut nantinya akan dibangun oleh Dinas Sumber Daya Air dan Jalan Tol Surabaya (DSDABM). Ukurannya cukup panjang. Lebih panjang dari dermaga di Peneleh. Yakni sekitar 20 meter, menyesuaikan dengan rangkaian kafe terapung dan sentra UMKM. Karena setiap kapal memiliki jarak 2-3 meter.

Menurut Ismet, galangan kapal tersebut saat ini sedang dibangun. Termasuk tangga ke dermaga. Diperkirakan pengerjaan akan selesai pada Februari mendatang. Diharapkan penambahan fasilitas tersebut akan semakin memanjakan pengunjung. Juga, dermaga khusus telah disiapkan untuk pertunjukan musik. “Lampu dan ornamen juga ditambah, bisa spot foto,” kata Ismet kemarin saat meninjau karya tersebut.

Terkait teknis operasional sentra UMKM, DKKORP akan berkoordinasi dengan dinas koperasi, usaha kecil menengah, dan dinas perdagangan (dinkopdag). Ismet menambahkan, pihaknya sedang berkoordinasi dengan dinas terkait terkait keselamatan. Misalnya Badan Perlindungan Sipil Daerah (BPBD). Pelampung dan sebagainya akan ditambahkan nanti juga. (omi/c7/ai)

FASILITAS TAMBAHAN DI SUCCESS PARK

  • Tambahkan spot foto pengunjung.
  • Buat masing-masing lima kafe terapung dan lima sentra UMKM.
  • Disiapkan dermaga apung khusus untuk live music.
  • Pekerjaan dermaga harus selesai pada bulan Februari.

Sumber: DKKORP Surabaya

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button