Butuh Sinergi dan Kolaborasi Kerjakan Destinasi Wisata di Wilayah Joglosemar » BERITA JOGLOSEMAR - WisataHits
Yogyakarta

Butuh Sinergi dan Kolaborasi Kerjakan Destinasi Wisata di Wilayah Joglosemar » BERITA JOGLOSEMAR

Penandatanganan Nota Kesepahaman kerjasama promosi pariwisata di wilayah sekitar Jogja, Solo dan Semarang antara BPPD Solo dengan BPPD di wilayah DIY. foto: dok

JOGJA, JOGLOSEMARNEWS.COM —-Pariwisata di kawasan Joglosemar (Jogjakarta, Solo, Semarang) dan sekitarnya perlu disikapi dengan sinergi yang kuat antar pelaku pariwisata di kawasan ini. Saatnya bersama-sama memprogramkan pola produk dan destinasi wisata di kawasan ini agar saling melengkapi, mendukung dan tidak tumpang tindih. Hal ini akan berdampak positif bagi perkembangan pariwisata di daerah ini.

Demikian benang merah pertemuan Badan Promosi Pariwisata (BPPD) Kota Surakarta dengan Manajemen BPPD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan BPPD Kota Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Bantul di Hotel Grand Inna Yogyakarta, Kamis (8/ 4/2022).

Kedatangan Pengurus BPPD Kota Surakarta di Yogyakarta untuk menjalin kerjasama dengan BPPD Kabupaten/Kota di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dalam bentuk Nota Kesepahaman antara BPPD Surakarta dengan BP2KY Kota Yogyakarta, BPPD Sleman, BPPD Gunung Kidul, BPPD Kulonprogo dan BPPD Bantul disaksikan oleh BPPD Provinsi DIY.

Kepala BPPD Kota Surakarta Retno Wulandari mengatakan pengelolaan sektor pariwisata harus dilakukan melalui kerjasama antar wilayah administratif. Untuk itu perlu terjalin kerjasama antar daerah untuk memfasilitasi kegiatan promosi bersama untuk memajukan industri pariwisata di daerahnya masing-masing.

“Pengelolaan pariwisata tidak boleh terjebak dalam hambatan administrasi pemerintah daerah, sehingga pola pemasaran produk pariwisata harus digalakkan secara bersama antar daerah, terutama yang berdekatan satu sama lain. Dengan adanya nota kesepahaman antara BPPD Solo dengan BPPD di Provinsi DIY diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di masing-masing daerah,” ujarnya.

Retno menambahkan, kerjasama tersebut melibatkan beberapa hal. Diantaranya adalah program dan kegiatan promosi bersama, berbagai informasi terkait berbagai upaya promosi pariwisata bersama. Memfasilitasi komunikasi dan informasi yang memajukan industri pariwisata di kota Surakarta dan seluruh kabupaten/kota di provinsi DIY.

“Kerja sama ini juga mendorong berbagai upaya yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan efektivitas sumber daya manusia di bidang promosi pariwisata. Kemudian juga memungkinkan penelitian bersama di bidang promosi pariwisata serta keterlibatan pemangku kepentingan dalam berbagai program dan kegiatan promosi pariwisata,” kata Retno.

MOU tersebut ditandatangani oleh BPPD Kota Surakarta dan BPPD Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi DIY, didampingi oleh GKR Bendoro selaku Kepala BPPD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Source: joglosemarnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button