Rekomendasi wisata paling bersejarah di Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Rekomendasi wisata paling bersejarah di Yogyakarta

Wisata di Candi Prambanan (Foto: canva)

CELEBESMEDIA: Makassar – Tidak dapat dipungkiri bahwa Yogyakarta masih kental dengan tradisi keraton. Budaya dan tradisi masyarakat setempat juga membuat provinsi ini semakin hidup dan menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Jejak peninggalan masa lalu sangat mudah ditemukan, seperti candi hingga pemandian keluarga kerajaan. Bahkan di museum yang bisa dikunjungi kapan saja, benda-benda bersejarah tersimpan rapi dan terawat.

sebuah. Candi Ijo


Foto: Candi Ijo (garasijogja)

Candi Ijo mungkin masih kalah terdengar dibanding Candi Prambanan dan Borobudur. Padahal wisata Yogyakarta ini tidak kalah indahnya.

Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk menikmati pemandangan alam yang indah dan matahari terbenam yang sejuk.

Kompleks candi ini dibangun di atas bukit. Candi Ijo adalah tempat yang sempurna untuk piknik bersama keluarga dan teman.

b. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau disebut juga Situs Ratu Baka merupakan sebuah situs purbakala yang berbentuk pemukiman. Jika ke Candi Ijo, pengunjung juga bisa mampir ke Candi Ratu Boko sekaligus.

Ratu Boko dipercaya telah digunakan oleh masyarakat pada abad ke-8 pada masa dinasti Sailendra. Kompleks Ratu Boko adalah kompleks profan dengan gerbang masuk, paviliun, rumah tinggal, kolam pemandian, dan pagar pelindung.

c. Candi Prambanan

Foto: Candi Prambanan (kanvas)

Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi Prambanan berada tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten.

Tempat wisata ini masuk dalam wilayah administrasi Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Sedangkan pintu masuk Kompleks Candi Prambanan berada di wilayah administrasi Desa Tlogo, Prambanan, Klaten.

c. Candi Sambisari

Candi Sambisari adalah candi Hindu di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun pada awal dekade abad ke-9.

e. Tamansari

Foto: Taman Sari Jogja (Wikipedia)

Liburan di Yogyakarta belum lengkap tanpa menikmati keindahan arsitektur Kesultanan Yogyakarta. Salah satu tempat yang paling cocok untuk menikmati seni arsitektur ini tentunya adalah Taman Sari.

Pemandian para putri keraton terlihat eksotis. Kondisi bangunan masih terjaga. Tidak heran jika sering digunakan untuk pemotretan profesional atau pre-wedding. Biaya masuknya cukup murah, hanya Rp 5.000 – Rp 15.000 saja.

f.Museum Benteng Vredeburg

Dulu, Benteng Vredeburg merupakan benteng Belanda yang dibangun untuk memudahkan penguasaan atas segala pembangunan di kraton Yogyakarta. Saat ini Benteng Vredeburg difungsikan sebagai museum.

Tempat wisata di Yogyakarta ini memiliki diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual dan benda bersejarah lainnya. Bangunan Benteng Vredeburg juga terjaga dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya.

G. Situs Warungboto

Sekilas Juga dikenal sebagai Rejowinangun Guesthouse, situs Warungboto mirip dengan Taman Sari. Tempat wisata di jogja ini awalnya terdapat guest house dan pemandian raja.

Lokasi Warungboto memiliki banyak area, mulai dari ruang utama hingga ruang pendukung. Kamar utama terletak di bagian utama wisma, termasuk kamar pendeta dan kolam renang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button