Informasi lokasi, rute, dan aktivitas - WisataHits
Yogyakarta

Informasi lokasi, rute, dan aktivitas

Yogyakarta selalu memiliki tempat wisata kekinian yang wajib dikunjungi. Terakhir ada Puncak Saka yang terletak di Kabupaten Kulon Progo. Berada di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut, Puncak Saka menawarkan sensasi berwisata dan kuliner.

Lanskap yang disajikan di sini bukan main-main yaitu hijaunya Pegunungan Menoreh dengan pemandangan kota Yogyakarta yang mempesona. Anda pasti sangat menyukai pemandangan alam di sekitarnya.

Cocok dijadikan tempat obat Pada akhir pekan inilah Pusat Informasi Wisatawan Puncak Saka Yogyakarta untuk digunakan sebagai panduan. Simpan dan rekam, ya!

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Puncak Saka Yogyakarta: lokasi, rute dan informasi tempat wisataPuncak Saka (instagram.com/_marlinaaa20)

Lokasi: Klajuran, Tanjungharjo, Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Waktu aktif: setiap hari pukul 09.00-21.00 WIB

Harga: Gratis

2. Sejarah Pembangunan Puncak Saka

Puncak Saka Yogyakarta: lokasi, rute dan informasi tempat wisataPuncak Saka (instagram.com/puncaksaka)

Puncak Saka dibangun di atas Bukit Gelap Saka di ketinggian 700 meter di atas permukaan laut. Pemilihan nama Puncak Saka berasal dari Petilasan Saka Gelap yang letaknya tidak jauh dari tempat ini. Wisata ini sudah beroperasi sejak Desember 2021 dengan luas 4000 meter persegi.

Puncak Saka dibangun secara gotong royong oleh masyarakat sekitar. Puncak Saka melibatkan warga desa Klajuran dalam pengelolaannya, baik sebagai pramusaji, juru masak, dan penjaga taman.

3. Itinerary ke Puncak Saka

Puncak Saka Yogyakarta: lokasi, rute dan informasi tempat wisataPuncak Saka (instagram.com/ismi_punk)

Terletak di Kabupaten Kulon Progo, dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Puncak Saka dengan kendaraan pribadi. Ada dua rute atau rute yang bisa dilalui yaitu Jalan Godean dan Jalan Yogyakarta-Wates.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Untuk menuju ke sana melalui Yogyakarata-Wates, arahkan kendaraan ke Jalan Jogja-Wates. Kemudian belok kanan ke Jalan Sentolo-Nanggulan. Kemudian belok kiri menuju Jalan Gua Kiskendo lalu belok kanan menuju Jalan Perengan. Kemudian belok kiri menuju Jalan Dlengok dimana Puncak Saka berada.

Jika Anda mengambil rute melalui Jalan Godean, langsung menuju Jalan Rakyat Mataram melalui Jalan Mataram. Kemudian belok kiri ke Jalan Kyai Mojo dan lanjutkan ke Jalan Godean. Setelah sampai di Pasar Godean, belok kiri ke Jalan Sentolo Nanggulan lalu ke kanan ke Jalan Gua Kiskendo dan Jalan Perengan. Terakhir, belok kiri ke Jalan Dlengok.

Baca Juga: 10 Potret Wisata Puri Yogyakarta yang Hilang Seperti Negeri Dongeng

4. Fasilitas Pendukung di Puncak Saka

Puncak Saka Yogyakarta: lokasi, rute dan informasi tempat wisataPuncak Saka (instagram.com/galihstars)

Puncak Saka sudah ramai sejak dibuka dan tidak menarik tiket masuk. Namun, setiap pengunjung dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan fasilitas di Puncak Saka cukup lengkap, mulai dari kamar mandi, mushola, tempat parkir, kolam renang hingga restoran/cafe.

Uniknya, kafe atau restoran di Puncak Saka ini memiliki tiga kursi yang bisa dipilih lho. Ada rumah bambu, rumah joglo dan di luar area yang dilengkapi atap.

Buat kamu yang suka aktivitas ekstrim, Puncak Saka juga punya fasilitas tur jip dan ATV untuk digunakan pengunjung untuk berkeliling. Anda harus membayar sejumlah tertentu.

5. Kegiatan Seru di Puncak Saka

Puncak Saka Yogyakarta: lokasi, rute dan informasi tempat wisataPuncak Saka (instagram.com/phewheantho)

Di Puncak Saka, Anda bisa menikmati keindahan alam dan pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian. Saat cuaca cerah, pengunjung disuguhi pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi yang menakjubkan, yang terlihat jelas di sebelah timur.

Pada malam hari Anda akan disuguhi lampu-lampu kota Yogyakarta yang tampak seperti bintang-bintang di Puncak Saka. Sangat cocok untuk pengunjung yang suka berfoto. Tak heran jika tempat ini menjadi primadona tujuan wisata.

Selain berfoto, Anda bisa bersantai sambil menikmati masakan tradisional Kulon Progo dengan harga yang terjangkau. Menu yang ditawarkan beragam, seperti B. Gebleg, Mie Jowo, Wedang Uwuh dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai fasilitas dan pemandangan alam yang indah, tak heran jika Puncak Saka menjadi destinasi wisata unggulan di Kulon Progo, Yogyakarta. Jangan lupa datang ke sini saat di Yogyakarta ya!

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Kota Yogyakarta, Pejalan Kaki Asyik

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button