Bupati Gunungkidul memberikan dukungan rencana pembangunan di tahun politik - WisataHits
Yogyakarta

Bupati Gunungkidul memberikan dukungan rencana pembangunan di tahun politik

Bupati Gunungkidul memberikan dukungan rencana pembangunan di tahun politik

KORANBERNAS.ID, GUNUNGKIDUL — Bupati Gunungkidul Sunaryanta mendukung 18 Kapanewon terkait proses perencanaan pembangunan 2024 yang merupakan tahun politik.














Sebelumnya, bupati mengikuti kegiatan ini di empat Kapanewon, pada Selasa (31/1/2023) bupati kembali mengikuti musrenbang tingkat Kapanewon di Semanu, Ponjong, Karangmojo dan Kapenewon Semin.

Bupati juga didampingi Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih dan seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendengarkan pemaparan dari masing-masing Panewu.







Panewu Semanu, Emmanuel Krisno Juwoto mengatakan Kapanewon Semanu memiliki beberapa prioritas program kerja yang akan dilakukan ke depan.

“Peningkatan SDM, pengentasan kemiskinan, pemulihan ekonomi pascapandemi, dan yang terpenting perbaikan jalan,” ujarnya.







Krisno menambahkan, selain perbaikan jalan sebagai prioritas utama, dukungan terhadap UMKM juga akan diupayakan.







Mengenai Kapanewon Ponjong, Aris Pambudi selaku Panewu Ponjong menyatakan akan fokus untuk memberikan penekanan pada pernikahan dini dan meningkatkan akuntabilitas kinerja.

“Terkait kasus pernikahan dini dan mundurnya dua dusun di Ponjong, Kapanewon Ponjong menjadi perhatian khusus,” ujarnya.

Menyikapi pernikahan sendiri, menurut Aris, tidak lepas dari penekanan pada stunting.

Senada dengan Panewu Ponjong, Panewu Karangmojo Marwatahadi juga menyatakan akan fokus pada pencegahan dan pengurangan stunting.

“Selain pencegahan dan upaya menurunkan angka stunting, kami juga akan fokus mendukung UMKM terkait pemulihan ekonomi pasca pandemi,” ujarnya.

Marwatahadi juga menyatakan akan melakukan perbaikan jalan di ruas Karangmojo – Semanu.

Setelah Kapanewon Karangmojo, Musrenbang dilanjutkan ke Kapanewon Semin. Haryanto selaku Panewu Semin memaparkan rencana kedepan untuk memaksimalkan potensi wisata dan UMKM di daerah.

“Dengan rejeki zona tenang dengan luas 1,7 hektar diharapkan bisa menjadi pasar dan pusat penjualan UMKM di Kapanewon Semin, dengan pembinaan tentunya,” ujarnya.

Haryanto juga berharap peningkatan potensi pariwisata dan UMKM dapat menggerakkan dan meningkatkan perekonomian di Kapanewon Semin.

Menanggapi seluruh pemaparan Panewu, Bupati merekomendasikan agar skala prioritas pembangunan dipetakan ke masing-masing daerah atau Kapanewo.

“Menyadari bahwa setiap daerah memiliki karakteristik dan letak geografis yang berbeda, maka perlu dilakukan pemetaan terlebih dahulu untuk menentukan sejauh mana prioritas pembangunannya,” imbaunya.

Sasaran strategis pembangunan yaitu Indeks Pembangunan Manusia juga menjadi perhatian khusus bupati dalam RKPD 2024 (Rencana Kerja Pemerintah Daerah).

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button