Goa Jomblang Yogyakarta, cocok untuk wisatawan yang suka memacu adrenalin - WisataHits
Yogyakarta

Goa Jomblang Yogyakarta, cocok untuk wisatawan yang suka memacu adrenalin

JAKARTA, iNews.id – Goa Jomblang Yogyakarta merupakan salah satu tempat wisata menarik yang bisa dijadikan tujuan wisata untuk mengisi liburan agar lebih berkesan. Tempat wisata ini cocok untuk wisatawan yang suka memacu adrenalin.

Gua Jomblang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Selain cocok untuk memacu adrenalin, pemandangannya yang indah juga bisa memanjakan mata para wisatawan.

Gua Jomblang Yogyakarta
Gua Jomblang merupakan gua vertikal yang terbentuk akibat runtuhnya tanah dan tumbuh-tumbuhan akibat proses geologi. Reruntuhan tersebut menghasilkan sinkhole atau biasa disebut sumur dengan pintu masuk goa sekitar 50 meter. Kemudian Gua Jomblang dibentuk sebagai tempat pelestarian tumbuhan purba di dasar gua.

Diperlukan alat dan keahlian khusus untuk menjelajahi gua ini karena Gua Jomblang merupakan gua vertikal, kegiatan yang memacu adrenalin wisatawan.

Ada empat jalur yang dapat dilalui dengan kedalaman yang berbeda, yaitu: untuk pemula dapat melewati jalur 15 meter, untuk ahli dapat melewati tiga jalur lainnya hingga 40 meter, 60 meter hingga 80 meter.

Menjelajahi gua, wisatawan dapat melihat aula gua dengan stalagmit dan stalaktit. Saat perjalanan dilanjutkan hingga 300 meter, wisatawan bertemu dengan Luweng Grubug.

Di sini wisatawan disambut dengan pemandangan yang disebut “cahaya surga” karena sinar matahari yang menyilaukan berbeda dengan kedalaman gua yang sangat gelap, sehingga celah sinar matahari yang masuk ke dalam gua menciptakan pancaran sinar yang indah.

Penerbit : Ainun Najib

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button