Plantation Holding Raih Penghargaan BUMN Terbaik 2022 - WisataHits
Jawa Tengah

Plantation Holding Raih Penghargaan BUMN Terbaik 2022

semarang, Jatengnews.id – Induk PT Perkebunan Nusantara IX, Holding Perkebunan Nusantara III Persero, meraih penghargaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Perkebunan Terbaik tahun 2022.

Pada malam penganugerahan Islamic Finance Summit and The Best BUMN 2022, Bali, akhir September 2022, penghargaan BUMN Terbaik juga diraih oleh anak perusahaan Holding Perkebunan Nusantara III Persero yang beroperasi di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau, PT Perkebunan Nusantara V

Holding Perkebunan Nusantara III, perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis, merupakan bagian dari BUMN terbaik dengan rating sangat baik. Sementara itu, anak usahanya PTPN V meraih predikat Sangat Baik bersama sejumlah non bank lainnya seperti Kimia Farma, Jasa Raharja, Bukit Asam, PGN dan lainnya.

Baca Juga: Desa Wisata Tempuran, Gus Yasin Dorong Tambah Wisata Berbasis Perkebunan

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi dan Ketua Infobank Joko Suyanto yang diwakili oleh Direktur PTPN V Jatmiko Santosa.

Fathan memperkirakan BUMN memiliki kinerja keuangan terbaik di Indonesia pada tahun 2021 dan berharap BUMN tersebut dapat membawa manfaat yang luas bagi masyarakat.

“Penghargaan ini merupakan ukuran yang jelas dari kinerja BUMN, seperti kinerja, akuntabilitas, GCG (good corporate governance) dan lain-lain. Untuk itu, selama ini BUMN menorehkan kinerja terbaik. Semoga bisa membawa manfaat yang luas bagi bangsa dan masyarakat,” katanya dalam siaran pers, Kamis (20/10/2022).

Joko Suyanto menambahkan, penghargaan tersebut didasarkan pada kinerja basis keuangan BUMN. Sebanyak 127 BUMN dievaluasi. Selain keuangan, GCG, manajemen risiko, efisiensi dan profitabilitas termasuk dalam penilaian juri.

“(Penilaian penghargaan ini) pada dasarnya adalah dasar dari kinerja keuangan. Tapi ada juga hal kualitatif dalam hal GCG dan manajemen risiko, kami melihat itu juga. Selamat kepada seluruh BUMN yang menunjukkan kinerja terbaik,” jelasnya.

Penghargaan itu sendiri merupakan hasil survei independen dan akuntabel yang dilakukan Biro Riset Infobank (BiRI) terhadap kinerja 127 BUMN pada tahun 2021.

Alhasil, holding company Perkebunan Nusantara III Persero yang mencatatkan kinerja keuangan dan aset sangat baik hingga mencapai Rp144,63 triliun pada tahun 2021, menduduki peringkat kelima sebagai BUMN dengan kinerja keuangan terbaik.

Sementara itu, PTPN V yang dipimpin oleh Jatmiko Santosa berhasil menempati posisi ke-3 terbaik di seluruh BUMN afiliasi dengan rekam jejak tahun 2021 yang gemilang dalam hal perolehan laba pada tahun 2021 sebesar Rp1,3 triliun atau meningkat 212,8% dibandingkan yang dicapai tahun sebelumnya. Kenaikan tersebut ditopang oleh kenaikan pendapatan operasional sebesar 39,46% atau menjadi Rp7,42 triliun. Anak usaha PTPN III ini diperkirakan memiliki aset Rp 10,98 triliun per 2021.

Tidak hanya dari sisi pertumbuhan yang solid, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa indikator keuangan lainnya dari sisi profitabilitas juga tampak signifikan, dengan return on equity atau ROE mencatatkan 47,73% dan menjadi yang tertinggi di BUMN. Juga, pengembalian aset sebesar 12,62%, yang juga merupakan salah satu yang terbaik di antara anak perusahaan milik negara.

Dari sisi efisiensi, PTPN V juga mencatatkan rekor yang sangat baik dengan rasio BO/PO sebesar 72,98%. Berdasarkan peringkat tersebut, PTPN V dinilai layak oleh BiRI sebagai anak perusahaan perkebunan negara terbaik di Indonesia, mengungguli banyak anak perusahaan lain dan klaster sejenis dengan peringkat Sangat Baik.

Berbagai pembenahan yang dilakukan Jatmiko Santosa yang mendapat dukungan penuh dari transformasi Menteri Negara BUMN Erick Thohir selama tiga tahun terakhir, juga menjadikan PTPN V sebagai anak perusahaan dengan kinerja terbaik ketiga di Indonesia.

Meski mengakui bahwa program perbaikan yang dilakukan PTPN V sempat membuat beberapa karyawan merasa tidak nyaman ketika manajemen senior pertama kali memulai, dia tetap berpegang pada prinsipnya.

“Perubahan ini adalah keniscayaan. Perbaikan dan perubahan harus dilakukan bersama dan didorong maju bersama. PTPN V perlu berubah menjadi perkebunan kelapa sawit terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Dia sering mengatakan bahwa pada awalnya dia harus tegar dan ulet bahkan berpikir keras untuk membawa perubahan ke arah perbaikan. Hadiah dan hukuman adalah salah satu kemungkinan. Bahkan, dia tak segan-segan secara rutin mengajak karyawan yang tidak semangat perbaikan untuk mengundurkan diri. Pada 2019-2020 saja, lebih dari 100 karyawan menghadapi hukuman berat karena melanggar aturan atau tata kelola yang berlaku.

Baca Juga: Gerakan Seribu Waduk Ganjar Tepat Sasaran

Hingga akhirnya, PTPN V kini menjelma menjadi salah satu putri BUMN yang diperhitungkan, termasuk tercatat sebagai BUMN 2022.

Selain itu, Jatmiko mengakui Holding Perkebunan Nusantara III Persero telah aktif terlibat dalam sejumlah pembenahan dengan berbagai terobosan baik on the farm maupun off the farm selama tiga tahun terakhir. Berbagai pembenahan tersebut sejalan dengan semangat transformasi yang diusung Sekretaris Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir selama tiga tahun terakhir.

Lebih lanjut, kerjasama dan sinergi dengan berbagai pihak, baik PTPN, BUMN lain maupun swasta, termasuk pemberdayaan petani dan UMKM, juga menjadi catatan gemilang bagi perusahaan agribisnis tersebut.

“Transformasi Pak Erick Thohir merupakan panutan bagi kami untuk lebih menyulut semangat perubahan di seluruh bisnis. Kami beruntung bahwa berbagai inisiatif dan niat baik untuk terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mencapai perbaikan selalu mendapat dukungan dari pemegang saham. Semoga efek positif yang dihasilkan semakin optimal sehingga harapan kita untuk menjadi bagian dari Indonesia yang bangkit lebih cepat dan pemulihan yang lebih kuat akan segera terwujud. Itu kewajiban kita sebagai PNS,” pungkasnya. (03)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button