Buntu Gallang, menikmati panorama alam yang kaya dan mempesona di Enrekang - WisataHits
wisatahits

Buntu Gallang, menikmati panorama alam yang kaya dan mempesona di Enrekang

Buntu Gallang, menikmati panorama alam yang kaya dan mempesona di Enrekang

Buntu Gallang merupakan objek wisata andalan berupa perbukitan yang dikelilingi oleh lembah, gunung dan sungai yang dimiliki oleh Kabupaten Enrekang di Sulawesi Selatan.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Eran Batu, Kec. Buntu Batu, Kab. Enrekang, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Sulawesi Selatan memang terkenal dengan berbagai objek wisata dan tempat liburan yang beragam dan menarik. Selain memiliki kawasan wisata Mendatte Park dengan pemandangan menawan khas film bergenre fantasi Hollywood, Kabupaten Enrekang di Sulawesi Selatan juga memiliki tempat wisata Buntu Gallang.

Di kawasan wisata ini saja mata pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah khas daerah pegunungan yang mengelilingi desa Eran Batu. Pegunungan hijau dengan pepohonan tinggi yang lebat menghiasi kawasan puncak objek wisata unik ini.

Banyak wisatawan yang datang berkunjung ke kawasan wisata desa Eran Batu, terutama wisatawan lokal yang ingin menikmati pemandangan alam terbuka. Bahkan, banyak wisatawan yang mengunjungi tempat wisata tersebut pada malam hari untuk menikmati indahnya pemandangan light trap di perkebunan warga.

Daya Tarik Buntu Gallang

Atraksi Jalan Buntu Gallang EnrekangKredit gambar: Google Maps Toyib Kusuma Jaya

Obyek wisata Buntu Gallang merupakan salah satu objek wisata unggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Topografi kawasan ini sangat mendukung untuk kegiatan wisata mulai dari lembah, perbukitan, gunung, sungai hingga hamparan persawahan yang mengelilingi lokasi wisata.

1. Pemandangan alam khas pegunungan

Daya tarik utama yang ditawarkan Buntu Gallang adalah bentang alamnya yang mempesona. Berada di ketinggian mulai dari 890 hingga 2500 meter di atas permukaan laut (dpl), tempat wisata ini memiliki udara pegunungan yang sangat sejuk namun sejuk.

Bukit ini dikelilingi barisan pegunungan, sungai hingga hamparan hijau pertanian di bawahnya. Dari puncak pegunungan, terlihat jelas perkampungan di bawahnya yang terhampar luas dengan suburnya budidaya bawang merah.

Siapapun yang menyaksikan keindahan alam yang tersaji di depan mata pasti akan merasa sangat tenang dan tentram.

2. Menikmati sunset dan sunrise dari atas bukit

Daya tarik yang ditawarkan tempat wisata Kabupaten Enrekang ini adalah sunset dan sunrise yang mempesona. Wisatawan yang ingin menyaksikan sunset di tempat ini bisa datang pada sore hari dan menunggu sunset untuk diabadikan dalam sebuah foto.

Wisatawan yang menginap di penginapan di sekitar bukit wisata biasanya langsung mengabadikan momen matahari terbit di pagi hari setelah sholat subuh di mushola.

3. Nikmati porsi kuliner khas Liangbai

Selain pemandangan alamnya yang indah, salah satu daya tarik Buntu Gallang tentu saja sajian kulinernya yang unik. Salah satu kuliner khas yang dimiliki tempat ini adalah Kopi Spesial Liangbai Enrekang yang cukup terkenal.

Siapapun yang hobi minum kopi tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi kopi khas Enrekang di tempat ini. Kopi Enrekang sendiri memiliki ciri khas berupa rasa coklat yang dominan. Kopi lebih didominasi rasa manis dibandingkan rasa asam.

4. Kolam Puncak

Daya tarik Buntu Gallang selanjutnya adalah kolam renang yang dibangun di atas puncak. Tak hanya berupa kolam renang, gedung di puncaknya juga menawarkan berbagai fasilitas lain yang cocok untuk mengadakan pertemuan.

Beberapa fasilitas yang tersedia di Puncak Pool adalah mushola, ruang pertemuan, kamar mandi atau toilet dan tempat makan.

Plus, ada juga kolam dewasa yang dikelilingi gazebo untuk bersantai. Tempat ini bisa menjadi pilihan untuk bersantai bersama keluarga. Cuaca yang sejuk akan membuat aktivitas pendinginan menjadi lebih nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Buntu Gallang EnrekangKredit gambar: Google Maps Toyib Kusuma Jaya

Buntu Gallang terletak di Dusun Liangbai, Desa Wisata Eran Batu, Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. Jalan menuju tempat wisata ini sangat mudah diakses mengingat lokasinya berada di sepanjang jalan utama.

Wisatawan dapat berkunjung menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Bahkan, kendaraan seperti minibus juga bisa melintas ke tempat ini karena ukuran jalan yang besar dan aspalnya yang mulus.

Dari Jalan Poros desa Eran Batu, hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit dengan kendaraan bermotor untuk mencapai lokasi wisata. Obyek wisata ini terletak sekitar 4 km dari ibu kota kabupaten Buntu Batu atau 48 km dari ibu kota Kabupaten Enrekang.

Harga tiket masuk objek wisata

Padahal, tidak ada biaya masuk khusus bagi pengunjung untuk menuju puncak Buntu Gallang. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan yang digunakan.

Untuk kendaraan bermotor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 per kendaraan. Sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp 10.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Buntu Gallang

Kredit gambar: Google Maps Andi Sudianto

Wisatawan yang ingin menikmati waktu bersantai di Buntu Gallang memiliki banyak pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di tempat wisata tersebut. Berikut berbagai aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di objek wisata unggulan ini:

1. Berburu spot foto

Kegiatan penting yang tidak boleh dilewatkan wisatawan saat berkunjung ke destinasi wisata Buntu Gallang adalah mencari spot foto cantik yang Instagrammable. Pengelola objek wisata juga memahami kebutuhan pengunjung yang ingin berswafoto, oleh karena itu dibangun beberapa zona selfie.

Dengan adanya zona selfie, pengunjung akan lebih mudah menemukan spot foto terbaik untuk mengabadikan momen. Wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang pemandangan indah pegunungan hijau subur dengan hamparan langit biru.

2. Menyiapkan tenda

Banyak pengunjung datang ke tempat wisata Buntu Gallang tidak hanya untuk menikmati pemandangan di siang hari tetapi juga pesona yang luar biasa di malam hari. Pada malam hari, wisatawan dapat mendirikan tenda untuk berkemah dan menikmati pemandangan desa yang mempesona.

Meski gelap, pemandangan light trap yang dipasang di lahan pertanian warga mampu menciptakan suasana yang sangat stylish. Jika Anda memutuskan untuk berkemah di sini, ingatlah untuk mengenakan jaket tebal karena hawa dingin pegunungan semakin terasa di malam hari.

3. Berenang di kolam renang

Puncak Buntu Gallang memiliki kolam renang berupa kolam dewasa yang bisa digunakan oleh siapa saja yang datang. Wisatawan bisa menikmati segarnya udara pegunungan di pagi hari sambil menikmati sejuknya suhu air kolam.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Pemasangan Buntu Gallang EnrekangKredit gambar: Google Maps Toyib Kusuma Jaya

Sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan, pihak pengelola dan pemerintah daerah telah membangun beberapa fasilitas umum pendukung. Sarana penunjang wisata antara lain mushola, rumah makan dan toilet umum.

Wisatawan muslim yang ingin mengunjungi Buntu Gallang pada sore atau siang hari tidak perlu khawatir karena tersedia mushola yang bisa digunakan untuk sholat.

Terdapat banyak warung makan yang dikelola secara swadaya oleh warga yang berdiri di sekitar kawasan wisata untuk memudahkan wisatawan mencari makan dan minum.

Jalan buntu Gallang yang terletak di Dusun Liangbai, Kabupaten Enrekang ini merupakan tempat wisata yang cocok untuk kegiatan mengunjungi keluarga, teman ataupun pertemuan. Fasilitas yang tersedia di tempat wisata juga cukup lengkap membuat pengunjung betah menghabiskan waktu di sini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button